Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jangan remehkan batuk berdahak yang Anda alami, apalagi jika dahak yang dikeluarkan memiliki warna tertentu. Pada keadaan normal, seseorang mengeluarkan dahak dalam jumlah yang sedikit dan tidak berwarna. Jika Anda sering mengeluarkan dahak dan berwarna tidak bening, maka bisa jadi Anda mengalami suatu kondisi medis tertentu. Berikut adalah arti warna dahak yang bisa menjadi tanda dari suatu masalah pada tubuh Anda.

Warna dahak hijau atau kuning

Mungkin Anda beberapa kali mengeluarkan dahak yang berwarna kuning atau hijau dan biasanya terjadi ketika Anda sedang diserang flu. Ya, warna dahak ini menandakan bahwa tubuh Anda sedang melawan infeksi virus atau bakteri.

Perubahan warna tersebut sebenarnya berasal dari sel-sel darah putih yang dikenal sebagai neutrofil yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh ke daerah infeksi. Neutrofil mengandung protein hijau, sehingga mempengaruhi warna dahak.

Pada awalnya, dahak berwarna kuning yang berarti bahwa infeksi bakteri atau virus belum terlalu parah. Kemudian berubah hijau akibat tubuh mengeluarkan banyak neutrofil untuk menyerang bakteri. Penyakit yang disertai dengan dahak yang berwarna hijau atau kuning yaitu:

Warna dahak putih atau semi abu-abu

Dahak yang berwarna putih atau keabuan mengindikasikan infeksi pada saluran pernapasan bagian atas atau nasal congestion (hidung tersumbat). Bahkan dalam keadaan yang kronis, dahak yang berwarna putih ini diakibatkan oleh gangguan sistem pencernaan, gagal jantung kongestif, serta penyakit paru kronis. Apabila dahak terus dikeluarkan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. 

Warna dahak cokelat

Anda memiliki kebiasaan merokok? Jangan heran jika melihat warna dahak yang kecokelatan. Dahak yang berwarna cokelat ini berasal dari bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam rokok, seperti resin, tar, dan lainnya.

Apabila Anda tidak merokok, namun pernah mengeluarkan dahak yang berwarna kecokelatan, bisa jadi warna cokelat tersebut tanda dari gumpalan darah yang sudah lama mengendap. Kondisi ini biasanya terjadi akibat luka pada paru-paru, bronkitis yang disebabkan oleh bakteri, dan pneumonia.  Terkadang, makanan yang Anda makan juga bisa membuat dahak menjadi cokelat, seperti kopi, anggur merah, dan cokelat.

Warna dahak hitam

Dahak yang berwarna hitam biasanya disebut dengan melanoptysis. Hampir sama dengan warna dahak cokelat, dahak yang berwarna hitam ini juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok yang parah. Sedangkan kondisi medis yang memungkinkan dahak berwarna hitam ini terbentuk adalah infeksi jamur Exophiala dermatitidis yang menyerang pernapasan serta pneumoconiosis (penyakit infeksi yang menyerang paru).

Warna dahak merah atau merah muda

Warna dahak yang kemerahan atau merah muda adalah tanda bahwa telah terjadi perdarahan di dalam saluran napas Anda. beberapa kondisi yang mungkin membuat Anda mengeluarkan dahak berwarna kemerahan, yaitu:

  • Pneumonia
  • Tuberkulosis (TBC) yang disebabkan oleh infeksi bakteri TBC
  • Gagal jantung kongestif, yang terjadi akibat jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh
  • Penyumbatan di pembuluh darah paru-paru.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Etika Batuk yang Benar untuk Mencegah Penularan Penyakit

Batuk ada etikanya, tak bisa sembarangan. Bukan cuma masalah kesopanan, tapi juga demi kesehatan. Simak etika batuk yang benar di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Batuk, Health Centers 02/07/2020 . Waktu baca 7 menit

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit