10 Cara Menyenangkan untuk Bisa Hidup Lebih Panjang Umur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 14/07/2018 . 7 mins read
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Tidak ada orang yang tahu persis sampai seberapa lama kita bisa hidup di dunia. Namun, Anda bisa melakukan banyak cara supaya bisa berumur panjang dan sehat selalu. Olahraga dan makan makanan sehat? Ah, itu sudah biasa! Beragam aktivitas seru dan menyenangkan di bawah ini juga sama baiknya, kok, untuk bantu Anda memperpanjang usia. Apa saja?

Berbagai cara seru dan menyenangkan agar panjang umur

1. Tidur

Tidur adalah aktivitas yang paling ditunggu-tunggu setelah kecapekan seharian beraktivitas. Orang dewasa pada umumnya butuh tidur 7-8 jam setiap malam untuk menjaga kesehatannya.

Sayangnya, banyak orang yang justru kekurangan waktu tidur. Padahal, tidur cukup meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan stres sehingga Anda lebih berstamina. Tidur cukup juga membantu Anda agar panjang umur dengan menjauhkan tubuh dari berbagai macam risiko penyakit kronis, seperti obesitas dan penyakit jantung, serta mencegah penuaan dini.

2. Main futsal atau basket

Anda malas berolahraga karena tidak ingin keringatan sendirian? Padahal, olahraga bisa membantu Anda agar panjang umur. Rutin berolahraga menyehatkan jantung dan paru, meredakan stres dan menjauhkan Anda dari risiko gangguan mental, menjaga daya tahan tubuh, hingga membantu memperbaiki postur tubuh supaya terhindari dari cedera dan pegal linu.

Kalau Anda enggan berolahraga sendirian, carilah aktivitas fisik berkelompok dengan jenis latihan yang mirip permainan atau kompetisi. Misalnya seperti futsal, tenis, bulu tangkis, atau crossfit dan boot camp. Selain bikin tubuh lebih fit, interaksi sosial dengan orang lain selama olahraga bisa menjauhkan Anda dari stres.

3. Minum kopi

Banyak orang yang harus memulai harinya dengan minum secangkir kopi hitam sebelum berangkat beraktivitas. Alasannya, sih, karena supaya tidak cepat mengantuk ketika nanti di kantor atau di kampus. Namun, secangkir kopi hitam favorit Anda tanpa disadari juga bisa bikin awet muda.

Antioksidan dalam biji kopi dapat membantu memerangi radikal bebas dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Studi yang dimuat dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2000 menyebutkan bahwa kopi membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Minum 2-3 cangkir kopi hitam sehari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis hingga sebesar 10%, ungkap penelitian dari National Institutes of Health.

Dengan catatan: Anda minum kopi hitam pahit, tanpa tambahan gula, krimer, atau pemanis lainnya. Porsinya pun tidak boleh berlebihan, agar tidak berbalik justru merugikan kesehatan. Segala manfaat di atas bisa Anda dapatkan dengan minum kopi maksimal hanya 2-3 cangkir per hari. Lebih dari itu, risiko kematian akibat penyakit kronis malah bisa meningkat hingga 56 persen.

4. Menghabiskan waktu bersama orang tercinta

Manusia tidak bisa hidup tanpa sesamanya. Itulah kenapa interaksi sosial dan hubungan dekat Anda dengan orang-orang sekitar bisa membuat Anda lebih awet muda. Interaksi sosial dengan orang-orang yang dekat dan peduli dengan Anda bisa mencegah Anda dari kesepian, depresi, dan gangguan mental lainnya.

Maka, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu menghabiskan akhir pekan Anda bersama sahabat atau keluarga agar Anda panjang umur. Tidak usah sampai merencanakan liburan ke kota atau melanglang buana keliling dunia untuk itu. Cukup dengan curhat sambil menonton TV di sofa ruang keluarga, jalan-jalan di taman kota, atau sembari ngopi di kafe terdekat juga sama bermanfaatnya.

Berteman dengan banyak orang dan menjaga tali silaturahmi bisa meningkatkan peluang umur panjang hingga 50% lebih besar. Penelitian juga menunjukan berteman dengan banyak orang bahkan bisa mempercepat pemulihan penyakit.

5. Makan makanan pedas

Berbahagialah Anda yang suka cabe dan makanan serba pedas! Makan makanan pedas bisa membantu Anda supaya panjang umur, ungkap sejumlah penelitian internasional.

Dua penelitian berbeda, dari Amerika Serikat dan Tiongkok, menemukan bahwa kelompok orang yang hampir tiap hari makan makanan pedas mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit kronis hingga 13-14 persen daripada orang yang tidak suka makan cabe. Perempuan yang hobi makan pedas juga dilaporkan terhindari dari risiko kematian akibat kanker dan gangguan pernapasan. Semua manfaat makanan pedas ini datang dari kandungan capsaicinnya.

Meski begitu, Anda juga tidak boleh berlebihan. Makan makanan pedas juga di malam hari bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang membuat Anda bermimpi buruk dan sulit tidur nyenyak.

7. Isi TTS, atau main puzzle dan sudoku

Punya banyak waktu luang tapi bingung mau melakukan apa? Coba saja iseng-iseng main catur, menyusun puzzle, atau isi TTS di koran atau buku TTS. Anda juga bisa mengunduh game online yang bikin Anda putar otak, seperti sudoku.

Sejumlah permainan otak ini membutuhkan kejelian tingkat tinggi. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa TTS, sudoku, dan puzzle melatih otak untuk terus berpikir, menganalisis, melatih kecerdasan emosional, hingga menguji daya ingat. Permainan asah otak juga bisa mencegah pikun sehingga mengurangi risiko demensia dan Alzheimer.

8. Sering berhubungan seks

Dilansir dari Verywell Health, seks dan sentuhan dianggap sebagai bagian penting dari kesehatan. Seks membantu melepaskan hormon bahagia oksitosin. Dalam tubuh, oksitosin bekerja mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, meredakan nyeri, hingga mengurangi risiko kanker prostat. Itu kenapa rajin berhubungan seks dan kelonan dengan pasangan bisa membuat Anda lebih panjang umur.

Seks juga menguatkan ikatan hubungan emosional Anda dengan pasangan yang bisa menjaga keharmonisan rumah tangga. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kesehatan mental Anda berdua.

Tentunya, Anda harus menerapkan prinsip seks yang aman agar terhindar dari berbagai risiko masalah seperti kehamilan yang tidak diinginkan maupun penularan penyakit kelamin berbahaya.

9. Banyak senyum dan tertawa

Tersenyum adalah cara yang murah meriah agar panjang umur. Seperti halnya relaksasi selama meditasi, tersenyum juga bisa menangkal efek stres. Ketika Anda tersenyum dan tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membantu memperbaiki mood. Hormon ini juga bekerja melancarkan aliran darah sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Sejumlah penelitian bahkan membuktikan manfaat senyum dan tertawa bagi kesehatan jantung hampir sama dengan olahraga aerobik. Tersenyum dan tertawa sistem kekebalan tubuh Anda meningkat.

Manfaat ini ternyata tetap bisa Anda dapatkan hanya dengan pura-pura senyum atau tertawa. Dengan memaksa diri untuk tersenyum, kita “mengelabui” tubuh kita agar percaya bahwa semuanya baik-baik saja, sehingga stres pun perlahan menghilang.

Jadi, berikanlah senyuman terbaik Anda dan tertawalah lepas bahkan jika Anda tidak begitu menyukai orang tersebut atau sedang dalam kondisi yang pahit. Lama-kelamaan, senyum Anda akan terasa tulus dan nyata.

10. Pergi liburan

Pergi ke tempat-tempat baru yang tidak pernah kita kunjungi sebelumnya, melihat atraksi-atraksi unik dan pemandangan yang menakjubkan, hingga menghirup udara segar saat liburan sudah dibuktikan oleh sains sebagai salah satu cara untuk hidup lebih lama.

Salah satu penelitian besar tentang pria dan wanita paruh baya yang berisiko tinggi terhadap penyakit jantung menemukan bahwa mereka yang mengambil cuti tahunan untuk berlibur mengalami penurunan risiko kematian.

“Menjadwalkan liburan tiap tahun tidak hanya mengurangi stres, tetapi juga meningkatkan kebahagiaan jiwa dan raga Anda secara keseluruhan,” ungkap dr. Sonya W. Thomas, MD pada Reader’s Digest. Lanjut Thomas, orang-orang yang tidak stres memiliki sistem imun yang lebih kuat sehingga tubuhnya lebih gigih untuk melawan agen penyebab kanker.

Maka sesibuk apa pun Anda di kantor, sempatkanlah waktu untuk ambil cuti sejenak. Tidak usah liburan mewah ke luar negeri, Liburan domestik di Tanah Air pun juga sama baiknya, lho!

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Seks BDSM Tidak Sama dengan Kekerasan Seksual

Meski identik dengan perilaku sadis dan rasa sakit, BDSM dan kekerasan seksual sebenarnya adalah dua hal yang sangat berbeda. Apa saja perbedaannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 19/02/2020 . 6 mins read

Si Kecil Gila Cokelat di Hari Natal? Batasi Asupannya ya, Bu!

Kebanyakan makan cokelat saat Natal bisa berdampak buruk pada anak. Batasi konsumsinya agar si kecil tak mengalami berbagai masalah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Parenting, Nutrisi Anak 25/12/2019 . 4 mins read

3 Manfaat Penting Buah dan Sayur Bagi Anak yang Sayang Jika Dilewatkan

Makanan tinggi serat penting untuk tumbuh kembang anak. Memang, apa saja manfaatnya makan sayur dan buah untuk bayi yang perlu orangtua tahu?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 12/12/2019 . 5 mins read

4 Cara Menyemangati Pasangan Saat Diet Agar Tak Mudah Menyerah

Punya pasangan yang ingin diet, tetapi masih kurang semangat? Cobalah beberapa cara menyemangati pasangan ketika diet agar mereka mau menjalani hidup sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 06/12/2019 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

buah untuk buka puasa

5 Jenis Buah dengan Kandungan Air Tinggi untuk Buka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 09/05/2020 . 4 mins read

Biasakan Tidur Bersama Pasangan Anda agar Lebih Nyenyak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 06/04/2020 . 5 mins read
manfaat diet flexitarian

4 Manfaat Diet Flexitarian, Pola Diet Nabati Tanpa Hindari Daging

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 03/04/2020 . 5 mins read
makan sayur yang sama

Bolehkah Makan Sayur yang Sama Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 07/03/2020 . 4 mins read