5 Penyebab Ambeien Paling Umum yang Harus Anda Waspadai

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Jika belakangan ini Anda tidak jadi pernah betah duduk karena anus terasa gatal, kemungkinan Anda mengalami ambeien. Ambeien jangan disepelekan karena rasa sakitnya bisa mengganggu aktivitas harian Anda. Memangnya, apa penyebab ambeien?

Macam-macam penyebab ambeien (wasir)

Ambeien adalah benjolan yang muncul ketika pembuluh darah vena di anus jadi meradang dan membengkak. Kondisi ini juga sering disebut dengan wasir atau hemorrhoid.

Benjolan wasir dapat muncul di dalam rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus) atau di sekitar bukaan anus (dubur).

Normalnya, anus seharusnya tampak sehat dan berfungsi optimal tanpa menimbulkan rasa sakit. Mungkin sesekali terasa sakit saat BAB, tapi tidak bertahan lama dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, ambeien dapat menyebabkan nyeri yang terasa lebih parah dan bertahan lama.

Ada beberapa penyebab ambeien lainnya yang mungkin tidak pernah Anda sadari, seperti:

1. Sembelit kronis

sembelit adalah

Kebanyakan kasus wasir sering disebabkan oleh kebiasaan mengejan terlalu keras saat BAB. Apalagi kalau Anda sedang sembelit kronis. Sembelit biasanya disebabkan oleh melemahnya fungsi usus sehingga mengakibatkan tekstur feses menjadi lebih padat dan keras.

Hal ini membuat BAB jadi terasa susah. Tekanan yang terlalu kuat saat ngeden tersebutlah yang lambat laun membuat pembuluh darah dalam rektum dan anus membengkak. Sebab pembuluh darah anus terlepas dari otot dan ligamen yang seharusnya bertugas untuk menjaganya.

2. Duduk terlalu lama

otak menciut akibat duduk terlalu lama

Coba ingat-ingat lagi berapa lama waktu yang biasa Anda habiskan untuk duduk dalam sehari? Meski nyaman, duduk terlalu lama nyatanya bisa menjadi penyebab ambeien Anda.

Ini karena selama Anda duduk pembuluh darah di sekitar anus akan banyak terisi darah. Darah yang menumpuk lama tersebut akhirnya akan memperbesar dinding pembuluh darah hingga membengkak.

Selain duduk bersantai di kursi atau sofa, terlalu lama duduk di toilet saat BAB  juga turut mengakibatkan bahkan memperburuk wasir. Sebab ketika Anda duduk di toilet otomatis posisi anus akan meregang sehingga membuat dinding pembuluh yang tipis semakin membesar.

Hal itulah yang kemudian membuat otot, jaringan, serta pembuluh darah pada anus tertekan sehingga timbullah benjolan.

3. Kehamilan

zumba saat hamil

Sekitar 35 persen wanita diperkirakan akan mengalami wasir selama masa kehamilannya. Risiko tersebut pun biasanya akan semakin meningkat di setiap kehamilan selanjutnya.

Ini karena semakin tua usia kehamilan Anda, rahim akan ikut membesar dan menekan panggul. Tekanan rahim ini kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar dan vena cava inferior. Vena cava inferior adalah pembuluh besar yang terdapat di sisi kanan tubuh, dengan tugas untuk menerima darah yang mengalir dari bagian bawah tubuh.

Peningkatan tekanan dan ukuran rahim tersebut kemudian menghambat aliran darah kembali ke jantung, sehingga mengakibatkan pembuluh darah di bawah rahim dan anus membesar. Kondisi inilah yang jadi penyebab munculnya wasir.

Namun, pemicunya bukan hanya tekanan dari bayi di dalam kandungan. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan juga bisa mengakibatkan pembengkakan pada pembuluh darah anus.

Di samping kehamilan, kontraksi selama proses persalinan juga dapat menyebabkan otot-otot di sekitar anus menegang. Itulah mengapa banyak wanita mengeluhkan mengalami wasir setelah melahirkan, padahal sebelumnya mungkin tidak pernah mengalaminya.

4. Mengangkat benda berat

angkat barang berat bikin hernia

Berulang kali mengangkat benda berat bisa memicu otot-otot dan pembuluh darah di bagian anus atau rektum menegang. Tekanan terlalu kuat tersebut yang nantinya tanpa sadar menghambat aliran darah di sekitar anus sehingga mengakibatkan benjolan penyebab wasir.

5. Usia

aktif berhubungan seks lansia

Ambeien atau wasir sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja tanpa pandang bulu. Namun, sekitar setengah dari populasi orang dewasa berusia 50 tahun setidaknya pernah mengalami wasir sekali seumur hidupnya. Bukan tanpa alasan, ini karena kondisi tubuh yang semakin menua secara alami menyebabkan perubahan jaringan pembuluh daarah.

Artinya, jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus lama-lama biasanya akan semakin melemah dan meregang. Akhirnya, membuat bagian sekitar rektum rentan membengkak dan mengalami benjolan.

Berbagai faktor risiko ambeien

obat ambeien

Di samping beberapa penyebab ambeien di atas, kondisi ini juga bisa dipicu oleh berbagai faktor risiko. Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko wasir Anda:

1. Kurang minum

Kegiatan yang padat memang rentan membuat Anda haus. Namun tak jarang, beberapa orang lebih suka menunda minum karena takut kehilangan waktu bekerja atau beraktivitas.

Padahal, kurang minum cairan sekitar 8 gelas per hari, bahkan sampai mengalami dehidrasi, bisa mengakibatkan Anda mengalami sembelit.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sembelit merupakan awal dari penyebab ambeien yang Anda alami karena biasanya jadi lebih susah untuk buang air besar.

2. Kurang asupan serat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang berfungsi penting untuk mendukung kesehatan pencernaan. Sayangnya, banyak orang yang enggan makan makanan berserat entah karena tidak suka atau tidak berselera.

Perlu diketahui bahwa asupan serat yang rendah dalam sehari, secara signifikan mampu meningkatkan risiko Anda mengalami sembelit. Jadi, selain meningkatkan asupan karbohidrat, protein, dan sedikit lemak, tidak ada salahnya untuk turut mencukupi kebutuhan serat tubuh.

3. Kurang beraktivitas

Malas berolahraga atau malas melakukan banyak aktivitas yang melibatkan gerakan fisik tubuh bisa mengakibatkan hilangnya tonus otot secara umum. Salah satunya termasuk otot anorektal, yang merupakan otot di bagian anus atau rektum.

Lebih dari itu, kondisi tersebut bahkan bisa memengaruhi fungsi optimal saluran pencernaan. Itu sebabnya, saluran pencernaan mungkin tidak dapat bekerja dengan normal sehingga mengakibatkan diare dan konstipasi.

4. Kondisi medis tertentu

Selain faktor-faktor risiko di atas, ambeien juga bisa dipicu oleh berbagai kondisi medis, meliputi:

  • Cedera anal, yang biasanya terjadi setelah melakukan seks anal.
  • Asites (menumpuknya cairan di rongga perut, yang kadang bisa berkembang menjadi penyakit hati).
  • Penyakit radang usus, seperti penyakit Crohn dan ulcerative colitis.
  • Obesitas, bisa memicu wasir karena kondisi kelebihan berat badan memberikan tekanan yang cukup besar pada otot-otot dasar panggul.
  • Prolaps rektum, yang terjadi saat dinding rektum (anus) keluar sehingga tampak dengan jelas dari luar tubuh.

Wasir sebenarnya bukanlah kondisi berbahaya, bahkan tidak menular sama sekali. Meski begitu, jangan sepelekan kondisi ini apalagi jika disertai dengan munculnya perdarahan, perubahan frekuensi BAB, feses berdarah, dan penurunan berat badan.

Sebab tidak menutup kemungkinan, kondisi tersebut bisa berkembang sebagai gejala kanker usus besar maupun kanker anus.

Tanda dan gejala ambeien yang biasanya muncul

mengobati ambeien berdarah

Perhatikan jika Anda mengalami satu atau lebih gejala berikut ini, kemungkinan Anda mengalami ambeien.

  • Rasa gatal atau tidak nyaman di sekitar anus.
  • Iritasi dan nyeri di sekitar anus.
  • Muncul benjolan atau pembengkakan yang terasa sakit di sekitar anus.
  • Sakit saat buang air besar.
  • Timbul perdarahan selama buang air besar.

Gejala yang ditimbulkan oleh wasir tidak selalu sama. Melainkan bisa berbeda-beda tergantung lokasi munculnya wasir, yang menentukan jenis wasir itu sendiri.

1. Wasir internal

Seperti namanya, wasir alias ambeien ini terletak di dalam anus. Hanya saja, benjolan tersebut tidak akan sampai keluar dari anus dan kondisinya cenderung ringan. Ketika Anda mengejan atau mengalami iritasi saat buang air besar, wasir ini bisa saja rusak.

Bahkan kadang, mengejan saat BAB dapat mendorong ambeien ini terlepas keluar dari lubang anus sehingga menimbulkan perdarahan. Kondisi ini dikenal sebagai ambeien prolaps.

Pada beberapa kasus, pembuluh yang terlepas dapat dikembalikan ke dalam tapi tidak pada sebagian kasus lainnya.

2. Wasir eksternal

Kebalikan dari wasir internal, wasir eksternal muncul di bawah kulit di sekitar anus. Ketika mengalami iritasi, jenis wasir ini bisa sampai menimbulkan rasa gatal atau berdarah yang nantinya meninggalkan bekas luka di kulit.

3. Wasir trombosis

Wasir trombosis terjadi ketika terbentuk gumpalan darah pada wasir eksternal, yang menimbulkan benjolan, pembengkakan, atau peradangan, dan disertai dengan rasa sakit parah di sekitar anus. Penggumpalan tersebut membuat suplai darah yang seharusnya mengalir ke jaringan anus menjadi terhambat.

Kondisi ini mengakibatkan gejala wasir semakin parah, bahkan bisa sampai pecah. Jenis wasir yang satu ini bisa dialami oleh wasir internal dan eksternal.

Berbagai cara mengobati ambeien

penyebab sirosis hati

Demi memulihkan atau menghilangkan benjolan ambeien yang terasa mengganggu, berikut beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan:

1. Pengobatan rumahan

Pengobatan rumahan tidak dapat menghilangkan wasir sepenuhnya. Akan tetapi, setidaknya Anda bisa meredakan gejala-gejala yang sering membuat tidak nyaman dengan menggunakan:

  • Mengoleskan krim dan salep topikal dengan kandungan hidrokortison di dalamnya.
  • Menempelkan kompres dingin ke area yang mengalami ambeien bisa membantu mengecilkan pembengkakan.
  • Mandi dengan metode sitz bath dengan air hangat (rendam duduk atau bokong), dapat membantu merawat bagian bokong dan perineum (ruang antara rektum dan vulva pada wanita, atau buah zakar pada pria).
  • Menempelkan handuk basah pada area yang mengalami wasir.

2. Minum obat-obatan

Kebanyakan obat wasir merupakan obat yang dijual bebas tanpa harus menebus resep dokter. Beberapa obat-obatan penghilang rasa sakit seperti aspirin, ibuprofen, dan acetaminophen dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada benjolan ambeien.

Bahan aktif seperti hidrokortison yang biasanya terkandung di dalam krim atau salep dipercaya mampu menghilangkan rasa gatal dan sakit. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk mencari tahu obat yang tepat dan terbaik bagi Anda.

3. Operasi

Operasi atau pembedahan untuk mengangkat seluruh benjolan wasir disebut sebagai homoroidektomi. Prosedur ini biasanya digunakan untuk mengatasi ambeien prolaps yang sering menimbulkan ketidaknyamanan.

Tips mencegah ambeien

masak makan sayuran

Sebelum ambeien benar-benar terjadi, alangkah baiknya untuk mencegah sedini mungkin. Tidak sulit, karena sebenarnya ambeien bisa dicegah dengan mudah. Asalkan Anda melakukan cara-cara berikut ini:

  • Rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayuran, serta whole grain atau biji-bijian utuh.
  • Sebisa mungkin, sebaiknya hindari mengejan terlalu keras saat buang air besar.
  • Jangan membiasakan untuk menahan BAB. Segera tuntaskan urusan kamar mandi Anda begitu hasrat BAB datang. Menahan BAB bisa memberikan tekanan pada pembuluh darah di area rektum.
  • Jangan pula berdiam duduk terlalu lama, baik itu di atas toilet maupun di tempat lain. Bangkitlah sejenak untuk berjalan-jalan jika Anda sudah kelamaan duduk di kursi kantor.
  • Perbanyak melakukan aktivitas fisik. Pasalnya, duduk dan berdiri diam dalam waktu yang lama akan memberikan tekanan pada pembuluh darah anus. Maka itu, solusi yang baik yakni dengan banyak melakukan aktivitas fisik, sehingga dapat membantu feses bergerak melalui usus untuk melancarkan BAB.
  • Pertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan mampu meningkatkan risiko Anda untuk memiliki ambeien.

Kapan sebaiknya periksa ke dokter?

Jika sudah terlanjur terjadi, ambeien tidak boleh dihiraukan. Kasus ambeien yang terbilang ringan pun dapat menghambat aktivitas Anda karena menimbulkan rasa sakit berlebih saat buang air besar, duduk, hingga tidur di malam hari.

Terlebih ketika Anda mulai merasa sakit atau rasa tidak nyaman yang sangat mengganggu, jangan tunda untuk segera berobat ke dokter. Pasalnya, ambeien bisa pecah dan menyebabkan perdarahan serius jika terus dibiarkan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca