4 Jenis Obat Penumbuh Rambut, dari yang Kimiawi Hingga Alami

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Rambut rontok adalah penyebab kebotakan atau semakin menipisnya rambut Anda. Kalau sudah mengalami masalah ini, alhasil banyak orang yang mencari obat penumbuh rambut yang paling ampuh dan baik. Tenang saja, tidak usah bingung, berikut ini ada obat penumbuh rambut dari yang kimiawi hingga alami dari minyak esensial.

Obat penumbuh rambut kimiawi

kepala botak berisiko PJK

1. Minoxidil (Rogaine)

Minoxidil adalah salah satu obat penumbuh rambut yang bisa dibeli tanpa resep dokter di apotek. Obat penumbuh rambut ini bisa digunakan untuk pria maupun wanita. Bentuk obat ini cair dan ada juga yang berbentuk busa. Obat ini digunakan dengan cara digosokkan di kulit kepala setiap hari.

Setidaknya dibutuhkan waktu 6 bulan untuk mendapatkan rambut baru yang sudah lebih kuat. Sebab ada awal pemakaian obat ini mula-mula rambut yang  tumbuh bisa sangat tipis dari rambut sebelumnya.

Seperti obat kimia pada umumnya, meskipun bisa membantu menumbuhkan rambut, juga tetap ada efek sampingnya. Efek samping yang mungkin terjadi adalah iritasi kulit kepala, pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan di kulit wajah atau di tangan, dan denyut jantung yang lebih cepat (takikardia).

2. Finasteride (Propecia)

Obat penumbuh rambut satu ini dibuat khusus untuk pria. Bentuk obat ini adalah pil yang diminum. Selain membantu menumbuhkan rambut, obat ini juga membantu mengurangi rambut rontok. Obat ini tidak berfungsi bagi pria di atas 60 tahun.

Efek samping finasteride ini adalah berkurangnya dorongan seksual dan peningkatan risiko kanker prostat. Namun, efek samping ini sangat jarang terjadi.

Obat penumbuh rambut alami

minyak almond oil olive oil minyak zaitun
Sumber: Leaf.tv

1. Minyak peppermint

Dilansir dari laman Medical News Today, beberapa penelitian menemukan bahwa minyak peppermint bisa meningkatkan pertumbuhan rambut lebih efektif daripada minyak jojoba, dan minoxidil yang sering digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut.

Para peneliti juga menemukan bahwa minyak esensial peppermint ini dapat meningkatkan ketebalan kulit kepala dan jumlah folikel rambut.

Minyak peppermint mengandung mentol, yang menyebabkan pembuluh darah tepat di bawah kulit kepala membesar. Aliran darah tambahan ini dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut lebih lanjut.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebelum atau sesudah menyuci rambut tergantung jenis rambut Anda. Jika rambut Anda berminyak, sebaiknya oleskan minyak beberapa jam atau semalam sebelum menggunakan sampo.

Minyak kelapa sudah dipercayai selama berabad-abad untuk meningkatkan kesehatan rambut, sehingga rambut rontok berkurang, tumbuh lebih cepat, dan memberikan kilau yang indah alami.

Bila semua obat penumbuh rambut di atas sudah Anda coba tapi tak membuahkan hasil, segera konsultasikan dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ada banyak penyebab kulit kepala gatal, tapi banyak juga bahan-bahan alami dan sederhana yang ampuh mengusir kulit kepala gatal.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

10 Cara Merawat Rambut Keriting agar Mudah Diatur

Rambut keriting rentan kering dan kusut hingga sulit diatur. Oleh karena itu, rambut keriting perlu perawatan khusus. Bagaimana merawat rambut keriting?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Rambut Rontok pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Rambut rontok pada remaja bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. Tapi sering kali hanya sementara dan bisa tumbuh kembali jika diketahui penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Kecantikan 2 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Berhijab bukan alasan untuk mangkir merawat rambut bagi wanita. Justru, rambut Anda perlu perhatian ekstra. Bagaimana cara merawatnya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 30 April 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi patah hati

5 Gangguan Kesehatan Akibat Patah Hati

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Psoriasis kulit kepala

Psoriasis pada Kulit Kepala

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit
cara merangsang pertumbuhan rambut bayi

4 Cara Merangsang Pertumbuhan Rambut Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 4 menit
bahaya tidur dengan rambut basah

Bahayakah Tidur dengan Rambut Basah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit