Amandel adalah salah satu bagian sistem imun yang melindungi tubuh dari serangan infeksi. Saat amandel yang terinfeksi, tonjolan daging di depan tenggorokan ini akan membengkak dan membesar. Berikut berbagai pilihan obat saat amandel bengkak yang bisa Anda gunakan, baik dari dokter maupun yang alami.

Pilihan obat dari dokter untuk amandel bengkak

diabex

Antibiotik

Antibiotik adalah obat untuk amandel bengkak yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Salah satu contohnya adalah penicillin. Penicillin biasanya diresepkan untuk mengobati radang amandel yang sampai membengkak. Obat ini biasanya dimium selama 10 hari penuh untuk membunuh bakteri penyebab penyakit. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap penicillin, dokter akan meresepkan antibiotik alternatif.

Antibiotik yang diresepkan dokter harus dihabiskan sesuai aturan. Tidak menghabiskannya bisa membuat bakteri resisten terhadap obat sehingga infeksi menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Obat pereda nyeri

Untuk meringankan rasa sakit yang muncul akibat amandel bengkak, Anda bisa minum obat pereda nyeri. Acetaminophen dan ibuprofen biasanya cukup membantu meredakan rasa sakit yang menggganggu.

Tak hanya meredakan nyeri, ibuprofen merupakan obat golongan NSAID yang juga berfungsi sebagai antiradang. Kedua jenis obat ini bisa didapatkan langsung dengan atau tanpa resep dokter.

Namun, jika Anda ingin membeli obat di apotek tanpa resep dokter pastikan bahwa Anda mengetahui betul manfaat dan efek samping obat.

Acetaminophen atau paracetamol ditujukan untuk menghilangkan rasa sakit ringan atau sedang dan meredakan demam. Obat ini cenderung aman diminum oleh anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Paracetamol biasanya tidak akan menimbulkan efek samping apa pun jika diminum sesuai aturan.

Sementara efek pereda nyeri dari ibuprofen lebih kuat dibandingkan paracetamol. Ibuprofen bekerja mengurangi hormon penyebab rasa sakit dan pembengkakan di tubuh. Obat ini tidak disarankan diminum oleh ibu hamil dan menyusui untuk mengatasi amandel bengkak atau nyeri lainnya. Terkecuali jika dokter yang meresepkannya untuk Anda.

Ibuprofen merupakan golongan obat yang bisa menimbulkan efek samping seperti:

  • Sakit kepala
  • Keliyengan
  • Mual
  • Muntah

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca