4 Manfaat Tak Terduga dari Minyak Calendula yang Belum Banyak Diketahui

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Meski kurang banyak dikenal umum, minyak calendula ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Minyak yang satu ini diekstrak dari bunga marigold (Calendula officinalis) yang banyak digunakan sebagai pengobatan tambahan atau alternatif. Agar tak penasaran, berikut manfaat minyak calendula yang sayang jika dilewatkan.

Beragam manfaat minyak calendula

luka terasa perih

1. Mempercepat penyembuhan luka

Minyak calendula terbukti memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Bahkan, penelitian di tahun 2013 menemukan fakta bahwa kombinasi salep lidah buaya atau calendula dengan obat yang diberikan dokter mampu mempercepat proses penyembuhan luka robekan bekas jalan lahir.

2. Mencegah infeksi

Minyak calendula bisa mencegah infeksi akibat gigitan serangga, lecet, luka kecil, dan luka bakar ringan. Seorang konsultan nutrisi sekaligus penulis buku Prescription for Herbal Healing, Phyllis A. Bach, menyatakan bahwa salah satu manfaat minyak calendula yaitu membunuh bakteri Staphylococcus aureus.

Bakteri ini biasanya menjadi penyebab infeksi pada lecet, luka bakar, dan luka potong. Namun, minyak yang satu ini tidak dianjurkan dipakai untuk mengatasi luka yang cukup dalam dan luka bakar parah.

3. Mengatasi jerawat

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian di tahun 2011 menemukan faka bahwa ekstrak calendula cukup efektif mengobati dan mencegah jerawat. Untuk membuktikan keefektifannya, Anda bisa mencari produk perawatan wajah yang mengandung minyak calendula. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung manfaat minyak ini pada jerawat.

4. Mengatasi masalah kulit

Manfaat minyak calendula juga bisa dirasakan untuk Anda yang memiliki masalah kulit seperti eksim, psoriasis, dan dermatitis. Kandungan antiradangnya cukup efektif jika dioleskan secara langsung ke area yang bermasalah.

Selain itu, kandungan triterpenoid di dalam minyak calendula mampu bekerja efektif untuk kondisi-kondisi seperti kulit kering, eksim, dan wasir. Bahkan, manfaat minyak calendula juga bisa dilihat pada bayi yang mengalami ruam popok. Cukup oleskan minyak calendula pada pantat bayi yang mengalami ruam sebanyak dua kali sehari. Namun, konsultasikan dulu pada dokter anak sebelum mengoleskan minyak ini pada bayi.

Pertimbangan sebelum pakai minyak calendula

mengobati infeksi saluran kencing

Secara umum minyak calendula aman digunakan. Mengingat manfaat minyak calendula juga cukup banyak, akan sangat sayang jika Anda melewatkannya begitu saja. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakannya, yaitu:

  • Tidak digunakan oleh wanita hamil dan menyusui, baik untuk diminum maupun dioleskan.
  • Bisa muncul reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap tanaman dari keluarga  Asteraceae/ Compositae seperti marigold, krisan, dan aster.
  • Lakukan tes alergi sebelum menggunakannya ke bagian tubuh yang bermasalah.
  • Jangan minum minyak calendula dua minggu sebelum operasi karena bisa menyebabkan kantuk parah.
  • Tidak meminumnya dengan obat penenang jenis apa pun.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca