Jam berapa biasanya Anda bangun? Jam 7 atau jam 8 pagi? Untuk para pekerja, bangun pagi bukanlah hal yang sulit dilakukan, terlebih lagi jika mereka harus mengejar jadwal kereta atau bus yang digunakan sebagai transportasi. Namun, jangan hanya karena alasan ini Anda bangun lebih pagi, bisa-bisa, jika kantor atau kampus sedang libur Anda akan bangun lebih siang. Padahal, bangun pagi memiliki manfaat untuk kesehatan Anda. Ketahui ulasan manfaat bangun pagi di artikel ini.

Bangun jam berapa yang disebut bangun pagi?

Yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara pukul 4.30 sampai pukul 6.00. Sebenarnya banyak hal yang bisa Anda dapatkan ketika bangun pagi. Udara yang masih sejuk dan segar harusnya membuat Anda tetap semangat untuk bangun pagi.

Apa saja manfaat bangun pagi untuk kesehatan?

Ada banyak orang yang bekerja sampai malam hari dan tak terbiasa bangun pagi. Padahal bangun pagi memiliki beberapa manfaat tersendiri, terutama untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat bangun pagi.

1. Membuat orang lebih sukses

Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Universitas Texas menemukan bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai yang lebih tinggi pada GPA atau IPK mereka dibandingkan dengan mahasiswa yang suka begadang dan jarang bangun pagi.

2. Orang yang bangun pagi lebih bahagia

Bahagia di sini bukan berarti merasa senang dalam waktu 15 menit setelah bangun pagi, melainkan membuat suasana hati seseorang lebih bahagia secara umum setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka lebih sering bangun pagi. Sementara anak-anak muda dan dewasa yang sering bekerja dan bermain hingga larut malam, dan jarang bangun pagi memiliki suasana hati yang lebih buruk setiap harinya.

3. Memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar

Bangun pagi membuat orang lebih bersemangat untuk olahraga dan menghirup udara segar. Tentu saja, ini membuat tubuh mereka lebih bugar dan sehat. Kebanyakan orang yang sukses memiliki kebiasaan bangun lebih pagi. Olahraga dan menghirup udara segar di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan energi untuk beraktivitas.

4. Lebih produktif

Bangun pagi membuat seseorang lebih produktif. Hal ini karena orang yang bangun lebih pagi memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan, sementara orang lain masih tertidur. Mereka memiliki waktu yang hening dan baik digunakan untuk berkonsentrasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak.

5. Membuat mental lebih sehat dan positif

Orang yang bangun lebih pagi memiliki suasana yang lebih baik dan mental yang lebih optimis. Mereka juga lebih mudah merasa puas. Sementara itu orang yang terbiasa bangun di malam hari dan tidur di pagi hari, meski dikaitkan dengan kecerdasan dan kreativitas, cenderung memiliki suasana yang negatif seperti perasaan depresi dan pesimis.

Tentu saja, tak semua orang bisa bangun pagi hari. Bisa jadi pekerjaan memaksa orang bangun hingga malam hari dan tidur di pagi hari. Namun, jika ingin mendapatkan manfaat bangun pagi, Anda sebaiknya mulai membiasakan diri untuk bangun lebih pagi, atau setidaknya menyempatkan diri bangun di pagi hari.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca