Benarkah Mandi Malam-Malam Bisa Bikin Masuk Angin?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 07/10/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pulang larut malam terkadang membuat Anda jadi dilema, antara ingin mandi dulu atau langsung tidur saja. Rasanya ingin langsung tidur tanpa mandi, tapi badan terasa lengket dan membuat tidur jadi tidak nyaman. Di sisi lain, banyak orang yang bilang kalau mandi malam bisa membuat Anda rentan terkena flu dan masuk angin saat bangun tidur. Lantas, apakah benar sering mandi malam bisa bikin masuk angin? Yuk, cari tahu faktanya lewat ulasan berikut ini.

Kenali dulu penyebab masuk angin

Pada dasarnya, dunia medis lokal maupun internasional tidak mengenal penyakit masuk angin. Ya, masuk angin ini hanyalah “penyakit” buatan masyarakat saat merasa “tidak enak badan” akibat banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari Kompas, dr. Mulia Sp. PD, seorang dokter spesialis penyakit dalam yang berpraktik di Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk mengungkapkan bahwa masuk angin sebetulnya merupakan kumpulan gejala yang muncul dari dua penyakit, yaitu maag (gastritis) dan flu biasa (common cold). Itulah sebabnya, masuk angin sering kali digambarkan dengan badan lemas, demam, perut kembung, begah, sering sendawa, sakit kepala, hingga batuk.

Penyebab masuk angin bermacam-macam. Seringnya disebabkan karena terlalu lama di ruangan ber-AC atau sering keluar di malam hari. Jadi singkatnya, kebanyakan penyebab masuk angin erat kaitannya dengan paparan udara dingin yang menimbulkan gejala-gejala masuk angin tadi.

Apa benar sering mandi malam juga bisa bikin masuk angin?

gejala masuk angin

Kepercayaan bahwa sering mandi malam bikin masuk angin ternyata tidak sepenuhnya salah. Meskipun tidak berhubungan secara langsung, ada beberapa hal penting yang dapat memicu masuk angin setelah mandi malam.

Selama ini, Anda mungkin takut mandi malam karena suhu air yang dingin bisa menyebabkan masuk angin. Namun, Dr. Kenneth Steier, seorang dekan pendidikan klinis sekaligus profesor kedokteran dari Touro College of Osteopathic Medicine di Middletown, New York, justru membantahnya.

Menurut Dr. Kenneth Steier, gejala flu karena masuk angin hanya bisa muncul jika tubuh Anda terserang virus flu. Ini artinya, sekadar paparan udara atau air dingin saat mandi saja tidak bisa membuat Anda terserang flu atau masuk angin, selama tidak ada virus flu yang masuk ke dalam tubuh.

Lain halnya jika tubuh Anda sudah sangat lelah atau sedang demam, lalu memutuskan untuk langsung mandi malam. Pada saat ini, suhu tubuh Anda masih tinggi alias panas karena baru saja selesai beraktivitas seharian.

Ketika Anda langsung mandi malam tanpa istirahat terlebih dahulu, suhu air yang dingin akan membuat pembuluh darah langsung menyempit. Akibatnya, aliran darah yang mengandung oksigen jadi tidak lancar dan membuat Anda rentan jatuh sakit. Entah itu demam, pusing, sakit kepala, rematik, meriang, hingga masuk angin.

Sebelum mandi malam, lakukan ini dulu agar tidak masuk angin

manfaat mandi di malam hari

Pada dasarnya, tidak ada batasan waktu tertentu yang menyatakan bahwa Anda harus mandi pagi dan menghindari mandi malam – atau sebaliknya. Akan tetapi, jika Anda memutuskan untuk tetap mandi meski sudah terlalu malam, ada baiknya istirahatkan tubuh Anda sejenak sebelum mandi.

Biarkan suhu tubuh Anda menurun dan normal terlebih dahulu, barulah kemudian Anda boleh mandi. Mandilah dengan air hangat supaya Anda tidak “kaget” dengan perbedaan suhu air dan tubuh.

Selain itu, mandi air hangat juga dapat memberikan sensasi nyaman di kulit dan melemaskan otot-otot yang tegang setelah seharian beraktivitas. Tubuh jadi lebih rileks dan membuat Anda tidur lebih nyenyak. Anda pun tak perlu cemas lagi akan terkena masuk angin saat bangun tidur.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Benarkah frozen yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dari es krim? Cari tahu di sini untuk memastikan apakah frozen yogurt memang lebih sehat.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut atau halitosis adalah masalah yang sangat mengganggu dan memalukan. Cari tahu semua tentang penyebab dan cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Otot Sering Kedutan, Bahaya atau Tidak?

Hampir semua orang pernah mengalami mata atau tangan kedutan. Namun, apakah Anda tahu arti kedutan dan risikonya bagi kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tanggal kedaluwarsa

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
mual karena gugup

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 6 menit
mata plus pada anak

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . Waktu baca 5 menit