7 Penyebab Wasir yang Paling Umum (Mungkin Anda Hamil?)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Siapa saja bisa terkena wasir. Anda mungkin lebih familiar menyebutnya dengan ambeien. Ambeien terjadi ketika pembuluh vena di anus membesar dan membengkak. Pembengkakan ini membuat anus selalu terasa gatal dan nyeri, sehingga Anda tidak betah duduk berlama-lama. Wasir mungkin juga menyebabkan BAB berdarah. Berikut berbagai penyebab wasir yang perlu Anda ketahui.

Berbagai penyebab wasir, yang mungkin Anda alami

penyebab anus panas saat bab setelah makan pedas

Ada berbagai penyebab wasir yang paling umum seperti:

1. Kehamilan

Wasir sangat umum terjadi pada ibu hamil. Pasalnya seiring rahim meregang untuk menampung bayi yang juga semakin membesar, pembuluh vena di sekitar usus besar menjadi tertekan. Akibatnya, muncul tonjolan di anus yang disebut dengan wasir.

2. Penuaan

Wasir atau ambeien juga sangat umum terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Umumnya, kondisi ini muncul pada orang dewasa berusia 45 hingga 65 tahun. Namun, bukan tidak mungkin orang dewasa muda dan anak muda juga memiliki wasir.

3. Diare kronis

Diare yang tidak sembuh-sembuh bisa jadi penyebab wasir yang mungkin tak pernah Anda sadari. Terlebih apabila Anda bolak-balik BAB mengggunakan toilet jongkok.

BAB yang sering dan terlalu lama, terlebih dalam posisi ngeden berjongkok, akan memberikan tekanan berlebih pada dinding pembuluh darah di sekitar anus dan rektum.

Bahkan, diare kronis bisa membuat ambeien yang telah ada menjadi semakin teriritasi.

4. Sembelit kronis

Sama seperti diare kronis, terus-terusan ngeden untuk berusaha BAB akan memberikan tekanan yang cukup besar pada area sekitar anus, yang pada akhirnya jadi teriritasi dan membengkak.

5. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dengan posisi yang sama bisa menyebabkan ambeien. Pasalnya hal ini dapat memberikan tekanan berlebih pada pinggul yang memicu pembengkakan pada vena hingga akhirnya menimbulkan benjolan wasir.

6. Mengangkat barang berat

Terlalu sering mengangkat barang berat bisa menekan perut dan pembuluh vena di sekitar anus dan rektum. Apalagi jika Anda melakukannya dengan teknik yang salah, maka risikonya pun akan meningkat.

7. Faktor keturunan

Ambeien bisa menjadi salah satu penyakit yang diturunkan. Jika orangtua atau anggota keluarga dekat Anda yang lain pernah mengalami wasir, maka risiko Anda terkena penyakit ini pun akan meningkat. Untuk itu, usahakan untuk menghindari faktor penyebab lainnya yang bisa meningkatkan risiko.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca