Sering Menyisir Ternyata Malah Bikin Rambut Rusak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rambut merupakan ‘aset’ berharga bagi setiap perempuan. Tidak mengherankan jika banyak perempuan yang sengaja menghabiskan waktu berjam-jam di salon kecantikan hanya untuk merawat rambut mereka. Banyaknya informasi soal perawatan rambut yang salah, terkadang membuat Anda melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukan, salah satunya menyisir rambut terlalu sering.

Apa akibatnya jika rambut terlalu sering disisir?

Jika Anda termasuk orang yang percaya bahwa menyisir rambut sesering mungkin bisa membuat rambut Anda panjang, ada baiknya Anda hentikan segera kebiasaan ini. Hal ini bukan berarti menyisir tidak baik untuk rambut Anda. Banyak sekali manfaat menyisir yang bisa Anda dapatkan, namun, tidak dengan menyisir terlalu sering.

Menyisir terlalu sering justru dapat membuat rambut Anda cepat rusak. Menurut penata rambut Mika Fowler, menyisir rambut secara normal dapat membuat minyak alami atau sebum pada rambut yang diproduksi oleh kelenjar minyak (sebaceous glands) dapat didistribusikan secara merata ke seluruh rambut. Sehingga setiap kali Anda selesai menyisir, rambut Anda jadi rapi dan berkilau

Menyisir rambut terlalu sering bisa membuat gesekan pada rambut yang dapat menyebabkan kerusakan kutikula dan membuat rambut Anda terlihat keriting. Selain itu, jika Anda mengalami penipisan atau rambut rontok, menyisir rambut yang terlalu sering justru dapat menambah lebih banyak tekanan pada folikel rambut yang sudah rapuh.

Anda disarankan hanya menyisir rambut sesuai kebutuhan. Sisirlah rambut Anda dengan lembut menggunakan sisir ‘bergigi’ lebar atau sisir dengan bulu lembut untuk mengurai rambut kusut Anda tanpa harus menarik dan menyakiti setiap helai rambut. Bukannya rambut Anda bertambah panjang dan berkilau, rambut Anda justru akan rusak

Lantas, bagaimana cara menyisir yang benar?

1. Jangan kasar

Tidak ada yang suka diperlakukan dengan kasar, termasuk rambut Anda. Namun, kebanyakan wanita menyisir rambutnya dengan kasar, apalagi ketika rambutnya kusut dan berantakan. Sisirlah rambut Anda dengan lembut agar tidak merusaknya. Termasuk saat mengeringkan rambut, jangan mengeringkannya dengan kasar. Gunakan handuk yang dapat menyerap air dengan baik.

2. Menyisir secukupnya saja

Sebagian wanita memang sulit untuk jauh-jauh dari sisir. Ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan tersebut. Terlalu sering menyisir rambut akan membuat rambut Anda rusak karena terus-menerus menarik rambut hingga ke akarnya. Sisirlah rambut Anda secukupnya saja.

3. Jangan sisiran saat rambut basah

Banyak wanita yang langsung menyisir rambutnya seusai keramas. Padahal, rambut yang basah itu rapuh. Menyisir rambut saat basah dapat memicu kerontokan. Keringkanlah rambut terlebih dahulu sebelum menyisirnya.

4. Mulailah menyisir dari 5 cm setelah akar rambut

Tanpa sadar, kebanyakan wanita menyisir rambut langsung dari akarnya. Padahal, ini merupakan cara menyisir yang salah. Menyisir dengan cara ini dapat membuat rambut tertarik dari akarnya dan menyebabkan rontok. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menyisir rambut mulai dari 5 cm setelah akar rambut.

5. Pilih sisir yang sesuai, hindari sisir plastik

Selain caranya, jenis sisir yang Anda gunakan akan sangat memengaruhi kesehatan rambut. Hindari menggunakan sisir dengan bahan 100% plastik, karena listrik statis yang tercipta dari sisir plastik dapat menyebabkan batang rambut terluka. Memang kondisi ini tidak kasat mata, tapi rambut akan berkurang kehalusannya.

6. Pastikan sisir Anda bersih

Selain memilih sisir yang tepat, pastikan sisir yang Anda gunakan bersih. Bersihkan sisir Anda minimal seminggu sekali. Sisir kotor dapat membuat kulit kepala kotor dan menyumbat pori-pori. Akibatnya, kulit kepala akan terasa gatal dan bahkan bisa berketombe. Tidak mau ini terjadi pada Anda, kan?

Setelah mengetahui cara menyisir rambut yang benar, Anda akan dapat memberi perawatan lebih pada mahkota Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Kulit kering ternyata bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Begini cara mengatasi gatal karena kulit kering, serta mencegah kulit jadi semakin kering.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dermatologi, Health Centers 1 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Warna rambut yang salah bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut cara mengetahui warna rambut yang sesuai dengan karakter diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 31 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Potong Poni Sendiri di Rumah Tanpa Takut Gagal

Potong rambut sebaiknya dilakukan oleh orang lain agar lebih rapi. Namun beda dengan potong poni. Ini cara potong poni sendiri di rumah tanpa takut gagal.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Hidup Sehat, Kecantikan 12 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit

10 Cara Merawat Rambut Keriting agar Mudah Diatur

Rambut keriting rentan kering dan kusut hingga sulit diatur. Oleh karena itu, rambut keriting perlu perawatan khusus. Bagaimana merawat rambut keriting?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab mengatasi kulit mengelupas

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
bibir gatal

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
bahan krim anti-aging

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit