backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

9 Pilihan Merek Jamu untuk Menjaga Kesehatan Anda

Ditinjau secara medis oleh Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm · Farmasi · None


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

9 Pilihan Merek Jamu untuk Menjaga Kesehatan Anda

Sejak dahulu, jamu tradisional telah dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Bedanya, dulu nenek Anda mungkin harus membuatnya sendiri. Sementara itu, saat ini Anda sudah bisa langsung membeli berbagai merek jamu di pasaran.

Meski terbuat dari bahan herbal, Anda tetap harus berhati-hati saat memilih merek jamu yang banyak. Supaya tidak salah pilih, simak informasi berikut.

Cara memilih merek jamu yang aman

Jamu tradisional kerap menjadi pilihan pertama saat gejala penyakit, seperti batuk, pilek, atau pegal-pegal, mulai muncul.

Jamu diyakini lebih aman dan minim efek samping berkat bahan alaminya. Meski begitu, Anda sebaiknya tetap memperhatikan beberapa hal berikut sebelum minum jamu tradisional.

1. Perhatikan komposisi jamu

Jamu dan Obat Tradisional dalam Penanganan COVID-19

Seperti halnya obat-obatan, setiap jenis jamu bisa memiliki khasiat yang berbeda, sesuai dengan bahan yang digunakan.

Berikut ini adalah beberapa bahan herbal dan khasiatnya yang kerap digunakan dalam jamu tradisional.

  • Kunyit: meredakan nyeri haid dan membantu mengatasi gangguan pencernaan.
  • Daun sirih: meredakan radang tenggorokan dan gejala asma.
  • Temulawak: meningkatkan daya tahan tubuh dan meringankan gangguan pencernaan.
  • Jahe: mengurangi mual dan memberikan kehangatan bagi tubuh.

2. Hindari tambahan pemanis dan pengawet

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh obat tradisional (OT) adalah bahan alami yang digunakannya. Oleh karena itu, usahakan memilih produk jamu yang tidak mengandung pengawet.

Sementara itu, jika Anda membutuhkan jamu dengan pemanis tambahan, pilihlah produk dengan pemanis alami, seperti madu atau gula aren.

3. Pilih produk yang aman

Beberapa orang memilih minum jamu tradisional karena menganggapnya aman. Meski begitu, perlu Anda ingat bahwa produk ini juga bisa dipalsukan atau memang dibuat dengan bahan yang berbahaya.

Oleh karena itu, demi keamanan Anda, pilihlah produk yang memenuhi sertifikasi keamanan, seperti BPOM atau P-IRT.

9 rekomendasi merek jamu tradisional

Jika Anda ingin minum jamu tradisional untuk menjaga kesehatan tubuh, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba.

1. Sido Muncul Galian Singset

Sesuai dengan namanya, Sido Muncul Galian Singset menawarkan khasiat untuk membantu menurunkan berat badan.

Manfaat ini berasal dari Guazumae folium atau daun jati belanda yang dapat membantu melancarkan buang air besar dan menghambat penyerapan lemak.

Produk jamu ini juga mengandung bahan herbal lain, seperti temulawak yang bersifat antiperadangan, daun sirih untuk nyeri otot, dan temu hitam untuk mengatasi infeksi bakteri.

Nomor izin edar: POM TR. 092 203 881

2. Buyung Upik Penambah Nafsu Makan

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan merek jamu Buyung Upik. Ini merupakan salah satu jamu yang terkenal di indonesia karena khusus diracik untuk anak-anak.

Salah satu manfaat yang ditawarkan jamu Buyung Upik adalah menambah nafsu makan. Bahan utama dalam produk ini adalah temulawak yang memang sudah lama dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

Buyung Upik tersedia dalam berbagai pilihan rasa yang dapat mengurangi rasa pahit dari jamu saat diminum anak-anak, seperti jeruk, jambu, dan cokelat.

Nomor izin edar: POM TR. 082 282 391

3. Jamu Iboe Panas Dalam

Tenggorokan kering, panas dalam, sariawan, atau bau mulut tidak sedap? Jamu Iboe Panas Dalam bisa menjadi salah satu contoh solusinya. 

Dalam produk jamu bubuk ini, Anda bisa mendapatkan manfaat dari Nasturtii herba (selada air), Glycyrrhizae radix (akar manis), Woodfordiae fructus et flos (sidowayah), dan Fungus cavaticus.

Namun, hindari makan makanan pedas dan kacang-kacangan saat minum seduhan dari Jamu Iboe Panas Dalam. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, minum jamu ini dua kali sehari.

Nomor izin edar: POM TR. 771 210 341

4. Rahsa Nusantara Sari Serai Telang

Selain bunga telang, jamu Sari Serai Telang dari Rahsa Nusantara ini juga dilengkapi dengan bahan herbal lain, seperti kencur, kemangi, daun mint, dan serai.

Manfaat utama yang ditawarkan merek jamu ini adalah meningkatkan daya ingat sekaligus mencegah paparan radikal bebas berkat antioksidannya.

Rahsa Nusantara mengklaim bahwa produk jamunya satu ini aman dikonsumsi oleh semua usia. Sari Serai Telang Rahsa Nusantara juga bisa diseduh dengan air hangat maupun dingin.

Nomor izin edar: BPOM RI MD 1690 2801 5852

5. Suwe Ora Jamu Kunyit Jahe

Produk dari Suwe Ora Jamu ini menggunakan kombinasi kunyit dan jahe sebagai bahan utamanya.

Mengutip dari laman Johns Hopkins Medicine, kunyit mengandung kurkumin yang bersifat antioksidan sekaligus antiperadangan sehingga bagus untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan kerusakan sel.

Sementara itu, jahe telah lama dikenal mampu membantu mengatasi gangguan pencernaan, nyeri menstruasi, hingga meredakan mual dan muntah.

Nomor izin edar: BPOM RI MD 1690 3801 7010

6. Cangkir Mas Jahe Merah

Badan pegal-pegal karena kelelahan? Jamu Cangkir Mas Jahe Merah akan membantu Anda meredakannya.

Rasa hangat yang timbul saat minum seduhan bubuk Cangkir Mas Jahe Merah akan menenangkan otot yang terasa nyeri dan pegal.

Selain itu, jamu tradisional ini juga diklaim mampu meningkatkan stamina, mengatasi masalah pencernaan, memperkuat sistem imun, dan bahkan mengurangi risiko kanker dan penuaan.

Kehangatan serbuk jahe merah memang akan lebih terasa saat produk ini diseduh dengan air hangat. Namun, Cangkir Mas Jahe Merah juga bisa disajikan dengan es batu.

Nomor izin edar: P-IRT 2133 6030 1387

7. Herbadrink Wedang Uwuh

Rekomendasi merek jamu tradisional selanjutnya adalah Herbadrink Wedang Uwuh.

Manfaat utama yang ditawarkan oleh produk satu ini adalah membantu menghangatkan badan dan meredakan gejala masuk angin, seperti sakit kepala, demam, dan perut kembung.

Jamu tradisional dari Konimex ini mengandung jahe, kayu secang, kulit kayu manis, biji pala, minyak cengkeh, da minyak sereh. Jahe akan menghangatkan tubuh dengan cara meningkatkan aliran darah Anda.

Sementara itu, kayu secang akan menjadi obat masuk angin dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nomor izin edar: POM TR. 152 288 371

8. Jamu Air Mancur Sehat Perempuan

Bagi wanita yang sedang berusaha meningkatkan stamina, tidak ada salahnya untuk mencoba Jamu Air Mancur Sehat Perempuan.

Jamu herbal ini akan memperbaiki stamina Anda dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan menyegarkan badan.

Manfaat Jamu Air Mancur Sehat Perempuan didapatkan dari berbagai bahan herbal yang digunakannya, seperti temulawak, kencur, dan ketumbar. Kabar baiknya, produk ini juga tersedia dalam varian Sehat Pria.

Nomor izin edar: POM TR. 092 200 111

9. MSH Daun Kelor dan Madu Mix

Kombinasi daun kelor dan madu dalam produk dari MSH ini diklaim bisa membantu meredakan sakit kepala, kolesterol tinggi, hingga menjaga kesehatan otak.

Selain itu, kandungan selenium di dalam daun kelor juga telah lama dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah.

Tambahan madu dalam merek ini akan membantu mengurangi rasa pahit yang biasanya membuat orang enggan minum jamu.

Nomor izin edar: P-IRT 2123 1711 50185

Berbagai merek jamu di atas memang diklaim aman untuk menjaga kesehatan. Namun, jika Anda memiliki keluhan akan kondisi kesehatan tertentu, pilihan pertamanya sebaiknya tetap ke dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm

Farmasi · None


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan