backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

7 Tips Masturbasi yang Aman dan Sehat untuk Pria

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 05/02/2023

7 Tips Masturbasi yang Aman dan Sehat untuk Pria

Meski bermanfaat, masturbasi pria yang dilakukan sembarangan justru berisiko menyebabkan cedera, infeksi, dan berkurangnya kepuasan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara melakukan masturbasi yang sehat untuk pria seperti berikut ini.

Tips masturbasi pria agar tetap sehat dan aman

Masturbasi alias onani adalah aktivitas seksual yang dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Hal ini dilakukan dengan merangsang area sensitif atau organ intim sendiri.

Beberapa manfaat masturbasi yang sehat untuk pria yakni membantu menghilangkan stres, meningkatkan kualitas tidur, dan melepaskan gairah seksual.

Tidak ada cara yang pasti untuk melakukan masturbasi. Setiap orang punya cara dan triknya masing-masing, baik dengan memakai tangan saja atau dengan bantuan sex toys

Namun, tak ada salahnya mengintip berbagai tips masturbasi pria di bawah ini agar sesi solo Anda tetap menggairahkan dan tidak berisiko.

1. Variasikan posisi

masturbasi turunkan berat badan

Masturbasi pria tidak melulu harus dilakukan sambil duduk atau berbaring. Mencoba posisi lain bisa membuat Anda bereksperimen dengan kesenangan Anda sendiri.

Anda dapat mencoba gaya masturbasi lain, misalnya berdiri bersandar pada meja atau dinding dengan pinggul yang sedikit didorong ke depan. 

Jika Anda selalu berbaring, cobalah untuk duduk di tempat tidur atau kursi. Bahkan, Anda bisa menikmati masturbasi dalam posisi merangkak, lho.

Posisi yang berbeda akan menimbulkan sensasi yang berbeda. Artinya, Anda bisa memperoleh kepuasan yang lebih memuncak dengan posisi yang berbeda.

2. Ganti tangan

Sama halnya dengan berganti posisi, berganti tangan ketika masturbasi juga membantu Anda merasakan sensasi yang berbeda. Hal ini juga bisa menyebabkan ejakulasi yang dahsyat. 

Sesekali, cobalah menggunakan tangan yang jarang Anda pakai untuk melakukan masturbasi.

Anda juga dapat duduk dan meletakkan tangan di bawah Mr. P. Bayangkan seolah-olah ada tangan orang lain yang merangsang area sensitif tersebut. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan masturbasi sampai tertidur atau mencapai klimaks.

3. Gerakkan pinggul

Masturbasi pria memang tidak seperti bercinta dengan pasangan. Jadi, Anda mungkin mengira bahwa tidak ada gunanya menggerakkan pinggul saat masturbasi.

Akan tetapi, menggerakkan atau mendorong pinggul dengan ritme yang pas mampu membantu Anda meningkatkan intensitas orgasme dan kenikmatan.

Anda dapat menggerakkan pinggul dengan gerakan melingkar atau maju-mundur. Lakukan juga variasi gerakan pinggul dengan cara apa pun yang terasa nikmat untuk diri Anda.

Cara masturbasi yang sehat untuk pria ini juga membantu melatih kelenturan pinggul Anda saat nantinya bercinta dengan pasangan.

4. Jangan hanya merangsang Mr. P

Jika Anda suka saat pasangan bermain dengan testis dan bagian antara penis dan lubang anus (perineum), lalu kenapa Anda tidak mencobanya saat bermasturbasi? 

Secara umum, testis juga memiliki ujung saraf yang hampir sama banyaknya dengan penis Anda.  

Maka dari itu, Anda bisa mulai mencoba memainkan dengan testis menggunakan tangan untuk mencapai klimaks saat melakukan aktivitas ini. 

Anda juga bisa memijat atau bermain dengan perineum untuk memperoleh sensasi yang nikmat.

5. Masturbasi dengan sex toys

masturbasi pria sehat

Bukan hanya untuk wanita, mainan seks alias sex toys pun tersedia untuk pria. Menggunakan sex toys juga membantu menambahkan banyak kesenangan saat masturbasi.

Hindari memakai benda lain yang tidak dirancang untuk masturbasi, seperti botol atau sabun. Hanya gunakan produk yang khusus dibuat agar masturbasi pria terasa lebih aman dan nikmat.

6. Selalu jaga kebersihan

Tips lainnya dalam melakukan masturbasi yang sehat untuk pria yakni mencuci tangan sebelum menyentuh alat vital Anda.

Pastikan juga sex toys yang Anda gunakan sudah steril. Jangan berbagi atau saling meminjam sex toys dengan orang lain, sebab ini bisa menjadi sarana penularan penyakit kelamin

Selain itu, selalu bersihkan sex toys setelah selesai menggunakannya. Bersihkan juga kembali sebelum Anda gunakan pada kemudian hari.

7. Lakukan sesuai kebutuhan

Tidak ada tolok ukur untuk mengukur berapa kali masturbasi yang normal. Anda bisa saja masturbasi lebih dari empat kali sehari dan tidak mengalami masalah.

Akan tetapi, jangan sampai hasrat untuk masturbasi ini malah mengganggu kehidupan Anda.

Apabila aktivitas seksual ini membuat alat vital terluka atau bahkan menimbulkan tanda-tanda seperti kecanduan, ada baiknya untuk mulai berhenti masturbasi secara berlebihan.

Jangan ragu untuk mencari pertolongan profesional bila Anda kesulitan untuk mengatasinya sendiri, misalnya dengan berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 05/02/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan