backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Merk Makanan Anjing (Dog Food) dengan Kualitas Terbaik

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 03/09/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    10 Merk Makanan Anjing (Dog Food) dengan Kualitas Terbaik

    Pemilihan makanan anjing atau dog food yang baik akan membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan hewan peliharaan Anda. Lantas, sudahkah Anda memberikannya makanan yang tepat? Simak beragam rekomendasi merek makanan anjing terbaik di bawah ini.

    Cara kami memilih produk makanan anjing yang bagus

    cara memilih makanan anjing

    Dalam pembahasan kali ini, kami memberikan rekomendasi makanan anjing berjenis kering atau dry food yang dapat Anda berikan pada hewan peliharaan sehari-hari.

    Dikutip dari American Society for the Prevention of Cruelty to Animals, beberapa zat gizi penting yang harus terkandung dalam makanan anjing yang bagus adalah sebagai berikut.

    • Protein: membantu menyediakan energi serta membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.
    • Lemak: memberikan energi, membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu, serta dapat mendukung fungsi otak.
    • Karbohidrat: memberikan energi dan mendukung kesehatan usus dengan mengontrol jumlah bakteri baik di dalamnya.
    • Vitamin dan mineral: mendukung banyak fungsi tubuh, misal kesehatan tulang, fungsi penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh.

    Beberapa merk dog food juga memiliki kandungan khusus, misalnya glucosamine dan chondroitin.

    Kedua senyawa ini penting untuk mendukung kesehatan sendi serta mengurangi peradangan pada persendian, khususnya pada anjing senior yang berusia tujuh tahun ke atas.

    Untuk mengetahui kebutuhan gizi anjing peliharaan Anda, ada baiknya konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

    10 rekomendasi merk makanan anjing terbaik

    Berbeda dari makanan kucing, anjing punya kebutuhan gizi yang lebih beragam karena mereka tergolong sebagai hewan omnivora alias pemakan segala.

    Untuk memudahkan Anda menemukan merk dog food terbaik, kami telah merangkum beberapa rekomendasinya pada pembahasan berikut ini.

    1. Pedigree Beef & Vegetable

    Pedigree Beef & Vegetable adalah pilihan dry dog food terbaik yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan gizi anjing dewasa dari semua ukuran dan ras.

    Dalam setiap takaran penyajiannya, Pedigree Beef & Vegetable mengandung 18% protein, 8% lemak, 5% serat, 1,4% kalsium, dan 1,3% fosfor.

    Kombinasi gizi tersebut bisa mendukung tulang dan otot yang sehat, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan sistem imun sehingga anjing peliharaan Anda tidak gampang sakit.

    2. Pro Plan Sensitive Skin & Stomach

    Pro Plan Sensitive Skin & Stomach membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada anjing dengan masalah intoleransi makanan dan kulit yang sensitif.

    Rekomendasi makanan anjing terbaik yang satu ini terbuat dari ikan salmon dan tuna yang mudah dicerna.

    Selain itu, dog food ini juga mengandung lemak hewani dengan tokoferol (provitamin E) yang dapat membantu mengurangi peradangan serta menjaga agar kulit dan bulu anjing peliharaan tetap sehat.

    3. Nature Bridge Lohas Dog ALS with Goat Milk

    Nature Bridge Lohas Dog ALS with Goat Milk adalah salah satu produk makanan anjing terbaik yang cocok untuk anjing peliharaan dari segala tahapan usia maupun ras.

    Sesuai dengan namanya, dry food ini mengandung daging ayam dan susu kambing yang kaya akan protein serta vitamin B yang mudah diserap oleh tubuh anjing.

    Nature Bridge juga memformulasikan produk ini dengan beragam sayuran dan buah, termasuk brokoli, rumput laut, wortel, dan bluberi, yang baik untuk kesehatan kulit dan matanya.

    4. Happy Dog NaturCroq Lamb & Rice

    Happy Dog NaturCroq Lamb & Rice adalah dog food kering yang diperuntukkan bagi anjing dewasa dari ras sedang hingga besar yang berusia 18 bulan atau lebih. 

    Formulasi NaturCroq yang memadukan bahan-bahan alami seperti daging unggas, daging domba, dan biji-bijian utuh membuat makanan anjing ini kaya akan berbagai nutrisi penting.

    Selain tinggi protein dan lemak, produk Happy Dog ini juga mengandung serat, vitamin B, serta mineral esensial untuk mendukung kesehatan anjing yang aktif setiap hari.

    5. Royal Canin Mini Adult

    Jika Anda memelihara anjing ras kecil yang berusia di atas 10 bulan dengan berat 10 kilogram, mungkin merk Royal Canin Mini Adult dapat dipertimbangkan.

    Produk makanan anjing kering ini mengandung L-carnitine untuk mendukung tingkah laku anjing ras kecil yang cenderung aktif sepanjang hari.

    Selain itu, sebuah studi dalam Journal of Nutritional Science (2017) menemukan bahwa asupan L-carnitine dapat memulihkan energi dan meningkatkan massa otot anjing.

    6. Bravery Chicken Small Breed

    Bravery Chicken Small Breed merupakan salah satu merk makanan anjing dengan label grain free.

    Itu artinya dog food kering ini bebas dari kandungan biji-bijian, seperti gandum, yang umumnya mengandung lebih sedikit protein dibandingkan dengan karbohidratnya.

    Sebagai gantinya, makanan anjing terbaik dari Bravery ini mengklaimnya produknya memakai 100% bahan baku alami, seperti daging, hati, dan lemak ayam.

    Hasilnya, produk ini memiliki kandungan protein dan lemak cukup tinggi, yakni 28% dan 17% dalam setiap takaran penyajiannya.

    7. Real Nature Lake Turtle

    Anjing senior atau tua yang berusia tujuh tahun ke atas perlu makanan khusus. Salah satu dog food terbaik untuk anjing senior yang direkomendasikan ialah Real Nature Lake Turtle.

    Produk ini mengandung sumber protein, seperti labi-labi, salmon, dan kerang simping (scallop), yang juga kaya akan kandungan glucosamine dan chondroitin.

    Beberapa penelitian menemukan bahwa kedua senyawa ini membantu mendukung kesehatan tulang dan meredakan gejala osteoarthritis yang kerap dialami oleh anjing senior.

    8. IAMS Proactive Health Adult Dog

    IAMS Proactive Health Adult Dog adalah makanan kering atau dry food bergizi seimbang yang diperuntukkan bagi anjing peliharaan dari ras sedang hingga besar.

    Salah satu keunggulan dari produk ini adalah adanya kandungan prebiotik untuk menjaga keseimbangan bakteri usus anjing dan melancarkan sistem pencernaan anjing peliharaan Anda.

    Produk yang diformulasikan oleh dokter hewan ini juga mengandung omega-3 dan omega-6 yang membuat kulit dan bulu anjing tetap sehat dan terawat baik.

    9. Kitchen Flavor Nature Gourmet Salmon Coat Beauty

    Sesuai dengan namanya, Kitchen Flavor Nature Gourmet Salmon Coat Beauty bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu pada anjing dewasa segala usia dan ras.

    Kandungan vitamin A dan E dalam makanan anjing kering ini bisa membantu merawat bulu anjing peliharaan Anda supaya tampak lebih sehat dan berkilau.

    Protein yang berasal dari ikan salmon yang kaya omega-3 juga membantu menyehatkan jantung anjing.

    10. Hill’s Science Diet Adult Small Bites Chicken & Barley

    Pilihan dog food terbaik lainnya adalah Hill’s Science Diet Adult Small Bites Chicken & Barley.

    Makanan anjing terbaik ini diformulasikan khusus dengan protein berkualitas untuk memenuhi kebutuhan energi anjing ras kecil yang berusia 1–6 tahun.

    Produk ini juga dibekali kandungan vitamin E dan omega-6 yang dapat menjaga kesehatan kulit dan bulu anjing.

    Selain itu, makanan anjing dari Hill’s Science Diet ini juga tesertifikasi American Associations Feed Control Officials (AAFCO) sehingga komposisinya aman untuk peliharaan Anda.

    Itulah beberapa rekomendasi makanan anjing terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan di rumah. 

    Tetap ingat untuk menyesuaikan porsi makan dengan berat badan anjing agar peliharaan Anda mendapatkan kebutuhan gizi hariannya dalam takaran yang tepat.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 03/09/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan