backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Cara Merawat Anjing Peliharaan agar Sehat dan Bahagia

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 20/06/2024

10 Cara Merawat Anjing Peliharaan agar Sehat dan Bahagia

Sebagai pemilik hewan peliharaan, pasti Anda selalu menginginkan yang terbaik untuk anak bulu Anda. Melihat anabul ceria, sehat, dan hidup dengan baik tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Nah, ada beberapa cara merawat anjing peliharaan yang perlu Anda ketahui agar ia tetap sehat.

Daftar cara merawat anjing

Memelihara anjing bukan hanya sekadar memastikan mangkuk makan atau minumannya penuh, Anda juga harus memastikan kebutuhan batinnya terpenuhi.

Ada beberapa cara merawat anjing bagi pemula yang bisa dilakukan pemula untuk memastikan anjing Anda mendapatkan perawatan terbaik. Berikut penjelasannya.

1. Beri makan secara rutin

Makanan kering merupakan makanan pokok yang harus diberikan kepada anjing. Pastikan berikan makanan anjing yang memberikan diet seimbang dan sesuai dengan kebutuhan anabul.

Untuk anjing dewasa, Anda dapat mencampur makanan kering dengan kaldu, makanan kaleng, keju, telur matang, buah, atau sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Sementara itu, anak anjing harus diberi makanan khusus anak anjing yang mengandung zat gizi yang lebih beragam untuk pertumbuhannya.

Hindari memberikan makanan manusia karena dapat mengakibatkan ketidakseimbangan vitamin dan mineral, masalah tulang dan gigi, hingga obesitas pada anjing. 

2. Ajak anjing bermain dan berjalan-jalan

Sama seperti merawat kucing, Anda juga harus menyediakan waktu untuk jalan-jalan atau bermain dengan anjing.

Waktu bermain ini sangat penting dalam membangun dan memperkuat ikatan Anda dan anabul serta mencegah anabul bosan dan frustasi.

Dikutip dari PetMD, anjing adalah hewan pendamping, sehingga berinteraksi dengannya bisa berdampak positif bagi kesehatan mental anjing. 

Selain berjalan-jalan, anjing senang bermain bola, atau main lempar tangkap. Aktivitas ini tidak hanya membuat mereka tetap aktif secara fisik, tetapi memberikan stimulasi mentalnya.

3. Mandikan anjing secara rutin

Memandikan anjing juga merupakan cara menjaga anjing dengan baik

Mandi bagi anjing tidak hanya membantu menjaga kebersihan dan kesehatan anjing, tetapi juga memperkuat ikatan antara Anda dan hewan peliharaan Anda.

Pastikan anjing mandi setidaknya 2 – 3 hari sekali tergantung pada aktivitas anjing Anda. Gunakan sampo dan kondisioner khusus untuk anjing terutama anjing berbulu panjang.

Anjing yang jarang dimandikan dapat mengeluarkan bau tidak sedap akibat penumpukan minyak alami, kotoran, dan bakteri di kulit dan bulu mereka.

4. Lakukan grooming anjing

memelihara anjing

Selain mandi, anjing butuh dibersihkan secara mendalam alias grooming

Bedanya mandi dengan grooming yaitu mandi hanya membersihkan bagian bulunya, sedangkan grooming membersihkan bagian lebih mendetail.

Grooming biasanya dilakukan di salon anjing oleh groomer berpengalaman. 

Anjing biasanya akan dipotong kukunya, disisir, dimandikan dengan cara khusus, disikat giginya, hingga dikorek telinganya.

5. Berikan tempat yang nyaman

Cara merawat anjing selanjutnya yaitu dengan memberikan tempat yang nyaman, hangat, dan tenang untuk beristirahat.

Untuk itulah penting untuk memberikan ruangan khusus untuk anjing. Jangan lupa berikan bantal, tempat tidur, atau selimut bersih di dalamnya.

Jangan lupa cuci tempat tidur atau bantal anjing secara rutin. 

Jika anjing Anda lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, pastikan ia memiliki akses ke tempat berteduh dari panas dan hujan.

6. Berikan vaksinasi anjing

Memberikan vaksinasi bagi anjing juga merupakan bagian dari cara merawat anjing.

Vaksinasi anjing sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat mengancam kesehatan anabul.

Beberapa vaksinasi dasar yang sebaiknya diberikan kepada anjing adalah sebagai berikut.

  • Rabies. Wajib secara hukum di banyak tempat, vaksin rabies melindungi anjing dan manusia dari penyakit yang hampir selalu fatal jika tidak diobati.
  • Distemper. Vaksin distemper sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit distemper.
  • Adenovirus (hepatitis).  Vaksin adenovirus melindungi anjing dari penyakit hati yang serius serta infeksi saluran pernapasan. 
  • Parvovirus. Vaksin ini untuk mencegah penyakit canine parvovirus (parvo) yang sangat mematikan dan menular pada anak anjing.
  • Leptospirosis. Leptospirosis adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan hati pada anjing dan juga dapat menular ke manusia. Vaksin sangat disarankan bagi anjing yang sering berada di luar ruangan.

7. Jaga kesehatan gigi dan mulutnya

Menjaga kesehatan gigi dan mulut anjing juga penting agar kesehatannya tetap terjaga. Caranya yaitu dengan penjadwalan pembersihan gigi atau scaling dengan dokter hewan.

Pembersihan gigi anjing biasanya melibatkan anestesi umum sehingga anjing tidak sadar saat melakukan scaling.

Membersihkan gigi anjing penting untuk mencegah penyakit periodontal, yang tidak hanya membahayakan mulutnya, tapi juga kesehatannya secara keseluruhan.

Selain itu, pemeriksaan gigi dan mulut bermanfaat mendeteksi adanya gangguan pada mulut, gigi goyang, benda asing, radang gusi, bau mulut, atau patah gigi. 

8. Lakukan steril anjing

anjing minum obat

Melakukan steril anjing juga menjadi bagian cara merawat anjing agar tetap sehat. Pasalnya, steril anjing bermanfaat untuk kesehatan anjing secara keseluruhan.

Steril bermanfaat memperbaiki perilaku anjing. Pasalnya, anjing yang sedang birahi cenderung agresif, dan ingin terus berkeliaran mencari lawan jenis.

Steril anjing juga mencegah kelahiran anak anjing yang tidak diinginkan dan membuat rumah lebih bersih karena tidak ada cairan dari siklus estrus anjing betina.

9. Bawa ke dokter hewan secara rutin

Rutin memeriksakan anjing ke dokter hewan juga bagian dari cara merawat anjing yang baik.

Kunjungan ke dokter secara teratur bisa mendeteksi dan mengobati adanya gangguan kesehatan secara lebih cepat.

Anjing dewasa harus menemui dokter hewan setidaknya setiap tahun untuk pemeriksaan. Jika usianya lebih tua, disarankan membuat janji setiap 6 bulan sekali. 

Di luar pemeriksaan fisik, anjing dewasa mungkin harus memerlukan kunjungan ke dokter hewan untuk keperluan vaksinasi.

Apa saja yang dibutuhkan untuk memelihara anjing?

Berikut ini beberapa hal dasar yang dibutuhkan untuk memelihara anjing:
  • makanan berkualitas,
  • kandang anjing,
  • mainan anjing,
  • pet carrier,
  • sampo anjing,
  • sikat gigi anjing, dan
  • pemotong kuku.

10. Urus perizinan dan identifikasi

Beberapa jenis anjing, khususnya jenis ras juga membutuhkan sertifikat khusus yang diberikan oleh organisasi.

Sertifikat ini berisi dokumen resmi yang mengesahkan bahwa Anda adalah pemilik sah dari anjing tersebut. Lisensi juga mencakup informasi mengenai silsilah, keturunan, dan genetik.

Di Indonesia, salah satu organisasi yang memberikan surat silsilah (stamboom) pada anjing ras bernama PERKIN (Perkumpulan Kinologi Indonesia).

Anda dapat mendaftarkan anjing, mengetahui kelahiran anak anjing, nama panggilan, dan registrasi ulang anjing impor dalam organisasi ini.

Organisasi ini juga memiliki subkomunitas berdasarkan jenis ras anjingnya, misalnya American Akita Klub Indonesia (AAKI) Club Siberian Husky Indonesia (CSHI), dan Himpunan Trah Anjing Kintamani Bali (HTAKB).

Itu tadi informasi tentang cara merawat anjing yang benar. Untuk informasi lebih lanjut, seputar vaksin atau kesehatan anjing Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 20/06/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan