backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Jenis Anjing Peliharaan yang Populer dan Karakteristiknya

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 20/06/2024

10 Jenis Anjing Peliharaan yang Populer dan Karakteristiknya

Selain kucing peliharaan, beberapa kalangan merawat anjing di rumah dengan berbagai alasan. Berikut ini adalah berbagai jenis anjing peliharaan yang paling populer di kalangan pencinta anabul.

Daftar jenis anjing peliharaan dan karakteristiknya

Anjing telah dikenal lama sebagai teman manusia. Memelihara anjing nyatanya juga membawa manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan mental hingga mencegah alergi.

Sayangnya, memilih jenis anjing peliharaan yang tepat mungkin bisa menjadi tantangan sendiri. 

Dilansir dari laman American Kennel Club (AKC), ada lebih dari 340 ras anjing di seluruh dunia. Tentunya, setiap ras anjing tersebut memiliki ciri fisik dan karakteristik yang berbeda.

Untuk membantu Anda menentukan ras anjing yang tepat, berikut ini adalah daftar jenis-jenis anjing yang cocok sebagai teman keluarga Anda di rumah.

1. Anjing kampung

anjing kampung

Anjing kampung adalah jenis anjing peliharaan yang umum ditemui di seluruh Indonesia. Mereka memiliki badan ramping dengan bulu pendek dengan beragam warna dan pola.

Umumnya, jenis anjing ini memiliki bobot 10–20 kilogram (kg) dan tinggi 40–50 sentimeter (cm). Mereka pun dikenal memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Sifat waspada yang dimilikinya membuat jenis anjing ini kerap dijadikan penjaga atau pemburu di beberapa daerah.

Anjing kampung juga bisa sangat setia dan penyayang pada pemiliknya. Perawatan anjing ini pun tidak rumit, termasuk dalam memilih makanan anjing sehari-hari.

2. Golden retriever

golden retriever

Apakah Anda suka nonton serial film Air Bud? Jika ya, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis anjing ini.

Golden retriever terkenal sebagai anjing keluarga yang sempurna. Mereka dikenal sangat setia, ramah, dan pintar sehingga bisa sangat dekat dengan anak-anak di rumah.

Karakteristik golden retriever yang penuh kasih sayang kepada manusia ini membuat ras anjing populer ini sering kali digunakan dalam prosedur pet therapy.

Sesuai namanya, golden retriever punya bulu panjang berwarna emas yang indah. Bobot anjing ini sekitar 25–34 kg dengan tinggi antara 54–61 cm.

3. Beagle

beagle

Beagle merupakan anjing yang ceria dan penuh semangat. Walaupun dikenal sebagai jenis anjing pemburu, mereka sangat penyayang dan cocok sebagai hewan peliharaan untuk anak-anak.

Ras anjing ini memiliki ukuran sedang alias tidak terlalu besar. Beratnya antara 9–13 kg dengan tinggi sekitar 33–38 cm. Hal ini menjadikannya lebih kecil daripada anjing kampung.

Ciri fisik unik dari anjing beagle yakni mata besar dan telinga yang menjuntai ke bawah. Mereka juga hadir dengan corak bulu paduan warna hitam, coklat, dan putih.

4. Anjing Kintamani

anjing kintamani

Anjing Kintamani merupakan ras anjing asli Indonesia yang berasal dari daerah Kintamani, Bali.

Ras anjing asli Pulau Dewata ini punya bulu lebat dengan ekor tebal yang melengkung ke atas. Bobot anjing ini sekitar 13–17 kg dan tinggi antara 40–50 cm.

Mereka memiliki naluri protektif yang kuat sehingga cocok sebagai anjing penjaga rumah. Anda perlu memberikan latihan fisik dan mental yang cukup untuk menjaga kesehatan anjing ini.

Tahukah Anda?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Heredity (2005) menyebutkan bahwa anjing Kintamani mempunyai hubungan kekerabatan paling dekat dengan dingo, yakni anjing liar dari Benua Australia.

5. Chihuahua

chihuahua

Dibandingkan dengan macam-macam anjing berukuran kecil lain, chihuahua terkenal dengan temperamennya yang sangat berani dan penuh percaya diri.

Meskipun ukurannya sangat kecil, yakni dengan bobot 1,5–3 kg dan tinggi 13–20 cm saja, ras anjing ini tidak segan menggonggong pada orang yang baru dikenalinya.

Mereka sangat setia dan kerap kali hanya terikat pada satu orang saja. Chihuahua dapat Anda pelihara di apartemen karena ukurannya kecil dan tingkat aktivitasnya yang sangat rendah.

6. Chow chow

chow chow

Dengan perawakan yang besar dan bulu yang lebat, Chow chow tampak gagah layaknya singa.

Jenis anjing peliharaan yang berasal dari dataran Tiongkok bagian utara ini termasuk ras anjing besar dengan bobot antara 20–32 kg dan tinggi sekitar 43–51 cm.

Salah satu karakteristik unik dari ras anjing ini adalah wajahnya yang penuh lipatan. Bulu anjing ini sendiri biasanya berwarna merah, hitam, cokelat, krem, atau kebiruan.

Anjing ini dikenal dengan sifatnya yang mandiri. Mereka bisa sangat setia kepada keluarganya, tetapi mungkin waspada terhadap kehadiran orang asing. 

7. Akita inu

akita inu

Secara harfiah, “akita inu” diartikan sebagai anjing asal Akita, Jepang. Akita inu merupakan jenis anjing yang mendapatkan tempat khusus dalam kebudayaan masyarakat Jepang.

Akita inu yang digambarkan pada sosok anjing pada film Hachiko ini punya ukuran yang cukup besar, dengan bobot antara 32–59 kg dan tinggi sekitar 61–71 cm.

Seperti pada filmnya, ras anjing ini dikenal sangat setia, berani, dan protektif. Tidak jarang, ada pemilih yang sangat suka tidur bersama dengan anjing ini.

Meski penyayang, akita inu kadang bisa keras kepala sehingga perlu pelatihan yang konsisten.

8. Pomeranian

pomeranian

Pomeranian atau juga dikenal sebagai anjing pom dikenal sangat ceria dan penuh energi. Ras anjing toy (toy breed) ini berukuran kecil dengan bobot 1,3–3,2 kg dan tinggi 15–18 cm.

Jenis anjing peliharaan ini memiliki bulu tebal serta lebat berwarna jingga, hitam, atau putih.

Anjing ini sangat cerdas dan mudah dilatih. Pomeranian cocok bagi Anda yang sedang mencari anjing peliharaan kecil, lincah, dan ramah dengan anggota keluarga.

Pomeranian juga amat ramah dan suka bersosialisasi, baik dengan sesama anjing maupun hewan lainnya.

9. Siberian husky

siberian husky

Siberian husky dikenal sebagai ras anjing yang amat energik. Pasalnya, jenis anjing pekerja ini memang digunakan sebagai penarik kereta salju di kawasan Siberia, Rusia.

Untuk bisa bertahan hidup di daerah bersalju yang dingin, siberian husky mempunyai bulu tebal dengan kombinasi warna putih dan hitam, abu-abu, atau cokelat.

Ukuran anjing ini pun cukup besar, yakni memiliki bobot sekitar 16–27 kg serta tinggi 50–60 cm.

Beberapa kalangan menyukai anjing ini karena ramah dan cocok untuk keluarga. Namun, Anda perlu memberikan banyak latihan fisik untuk anjing yang suka berlari ini.

10. French bulldog

french bulldog

Walau bertubuh kecil, french bulldog punya tubuh kekar yang membuat penampilannya tampak garang. Bobot anjing ini sekitar 8–13 kg dan tinggi antara 28–33 cm.

Jenis anjing peliharaan ini mudah dikenali dengan wajahnya yang pesek dan telinga yang tegak layaknya kelelawar.

French bulldog adalah anjing yang ramah dan penuh kasih sayang. Mereka bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru serta sangat baik dengan anak-anak.

Memilih jenis anjing peliharaan yang tepat sangat penting untuk memastikan kebahagiaan serta kesejahteraan keluarga dan anabul Anda.

Pertimbangkan kebutuhan dari setiap ras anjing sebelum memutuskan membawanya ke rumah. Jika kebingungan, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter hewan.

Kesimpulan

  • Beberapa contoh ras anjing peliharaan yang cukup populer yaitu anjing kampung, kintamani, golden retriever, beagle, chow chow, akita inu, pomeranian, dan siberian husky.
  • Memilih jenis anjing yang tepat penting untuk kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga dan peliharaan Anda.
  • Pertimbangkan karakteristik dan kebutuhan dari setiap ras anjing sebelum memutuskan membawanya ke rumah. Dapatkan saran dari dokter hewan bila diperlukan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 20/06/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan