backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Kenali 10 Ciri-Ciri Anjing yang Sehat dan Bahagia

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 20/06/2024

Kenali 10 Ciri-Ciri Anjing yang Sehat dan Bahagia

Sebagai pemilik hewan peliharaan, penting untuk bisa mengenali anjing kesayangan Anda dalam kondisi sehat atau sakit. Pasalnya, sering kali anjing mengalami keluhan kesehatan, tapi tidak cepat diketahui. Ciri-ciri anjing yang sehat terlihat dari tampilan fisik dan tingkah lakunya. Bagaimana cara mengetahuinya?

Ciri-ciri anjing yang sehat 

Meskipun Anda sudah mencoba memberikan yang terbaik dari makanan, perawatan bulu, hingga perhatian yang cukup, anjing peliharaan tetap bisa terserang penyakit. 

Jadi, coba amati kondisi dan perilaku anjing Anda. Perhatikan apakah memiliki tanda-tanda anjing sehat dan bahagia seperti di bawah ini.

1. Bulunya mengilap dan bersih

ciri-ciri bulu anjing sehat

Cara mudah untuk mengetahui apakah anjing peliharaan sehat atau tidak adalah dengan memperhatikan bulunya. 

Jenis anjing yang sehat biasanya memiliki bulu yang lembut dan mengilap serta bebas dari pertumbuhan kutu atau jamur.

Namun, jika anjing peliharaan Anda sering menggaruk kulitnya dan mengalami kerontokan bulu yang parah hingga menyebabkan kebotakan.

Hal tersebut bisa menandakan anjing kesayangan Anda terkena penyakit seperti alergi atau stres. 

2. Gigi bersih dan mulut tidak bau

Selain dari bulunya, ciri anjing yang sehat dapat dilihat dari mulut dan giginya. Mengutip PDSA (The People’s Dispensary for Sick Animals) UK, gigi anjing yang sehat biasanya berwarna putih bersih, tidak retak, atau mudah goyah.

Selain itu, gusi anjing yang sehat biasanya berwarna merah muda seperti ikan salmon dan tidak ada perdarahan atau bisul.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika melihat bercak hitam atau abu-abu di gusi mereka karena biasanya itu adalah warna pigmen alami gusi anjing. 

Perhatikan juga bau napasnya, pastikan tidak berbau busuk yang menyengat karena hal tersebut bisa menandakan anjing mengalami gangguan mulut.

3. Nafsu makannya baik

makanan anjing terbaik

Ciri anjing yang sehat dan bahagia selanjutnya juga dapat diketahui dari nafsu makannya yang baik. Saat diberi makanan anjing, mereka akan menghampiri Anda dengan antusias.

Anjing yang sehat juga tentunya akan makan dengan lahap tanpa menyisakan makanan sedikit pun. Begitu pula saat Anda memberikannya camilan. 

Akan tetapi, anjing yang tidak menyentuh makanan yang atau hanya makan sedikit mungkin sedang sakit atau merasa tidak nyaman dengan giginya. 

4. Feses padat dan berwarna cokelat

Kondisi kesehatan anjing juga dapat dilihat dari perubahan pada bentuk dan warna fesesnya. Feses yang padat, sedikit lembut, dan konsisten menandakan anjing dalam keadaan sehat. 

Selain itu, feses anjing yang sehat biasanya berwarna cokelat gelap tidak berwarna cerah kekuningan, hijau, bahkan abu-abu.

Anda juga patut mencurigai jika melihat bercak darah pada feses anjing atau butiran berwarna putih seperti beras karena butiran putih tersebut bisa jadi adalah cacing. 

5. Suhu tubuh normal

Berbeda dari manusia, suhu tubuh normal pada kucing atau anjing biasanya berkisar antara 38,3 – 39,2℃.

Mengutip VCA Animal Hospital, beberapa anjing mungkin bisa memiliki suhu tubuh sedikit di bawah angka suhu normal.

Akan tetapi, jika suhu tubuh anjing Anda cukup tinggi atau rendah, misalnya mencapai 40℃ atau di bawah 37,2°C, segera bawa ke klinik hewan.

Suhu tubuh yang terlalu tinggi bisa menjadi pertanda anjing mengalami demam atau infeksi, semnetara suhu yang terlalu rendah bisa jadi pertanda anjing mengalami hipotermia.

6. Matanya cerah

Anda juga baisa mengetahui ciri anjing yang sehat dari matanya. Mata anjing biasanya berwarna cerah, tidak kemerahan, dan lembap tetapi tidak terlalu berair.

Apabila anjing peliharaan Anda sering menggaruk matanya serta warna matanya berubah kemerahan, bisa jadi anjing mengalami iritasi mata.

Jika gejala tersebut muncul dan tidak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk solusi yang tepat.

7. Telinganya bersih

Ciri telinga anjing yang sehat adalah berwarna merah muda terang dan bersih, tetapi beberapa jenis anjing mungkin memiliki bercak gelap di telinganya.

Bercak gelap umumnya normal karena pigmen alami dari kulit anjing itu sendiri dan bukan pertanda kondisi medis. 

Akan tetapi, jika anjing peliharaan sering menggaruk telinga, menggelengkan kepala, dan terdapat cairan berbau tidak sedap keluar dari telinganya, sebaiknya segera periksakan kepada dokter hewan.

Hal tersebut bisa menandakan anjing Anda mengalami infeksi telinga.

8. Hidungnya sedikit lembap

Anjing lebih banyak mengandalkan indra penciumannya. Oleh sebab itu, mengetahui ciri hidung anjing yang sehat juga penting.

Hidung anjing yang sehat biasanya memang agar sedikit lembap atau berair, tetapi tidak terlalu berair atau disertai dengan munculnya lendir. 

Pasalnya, kondisi tersebut bisa menujukkan anjing peliharaan Anda mengalami infeksi pada sistem pernapasannya.

Anda juga perlu mencurigai jika hidungnya terlalu kering karena bisa mengindikasikan gejala dehidrasi.

9. Aktif dan senang bermain

anjing dan manusia bakteri usus

Tanda anjing yang sehat dan bahagia juga dapat dilihat dari tingkah lakunya. Biasanya, mereka sangat aktif dan senang bermain. 

Mereka juga mungkin akan mendatangi Anda untuk meminta perhatian dan mengajak Anda bermain dengan mainan favoritnya. 

Jika anjing menghindar atau bahkan agresif terhadap orang asing, kemungkinan anjing sedang stres, takut, atau merasa tidak aman.

10. Menggoyangkan ekornya

Anjing biasanya menggoyang-goyangkan ekornya untuk berkomunikasi atau menunjukkan respons terhadap lingkungan disekitarnya. 

Anjing yang bahagia dan sehat senang menggoyang-goyangkan ekornya sambil menjulurkan lidahnya. Telinga mereka juga tidak tegang dan menempel di kepala.

Jika ekor anjing menegang ke atas disertai dengan tatapan tajam, hal ini menandakan anjing merasa terancam atau tidak nyaman. 

Pastikan terus pantau kondisi anjing peliharaan Anda, termasuk dari penampilan fisiknya atau perilaku sehari-harinya. 

Jika Anda mencurigai terdapat perubahan pada penampilan fisik maupun sifatnya, jangan ragu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter hewan untuk menemukan solusi yang tepat. 

Ringkasan

Ciri-ciri anjing yang sehat dan bahagia antara lain memiliki bulu yang halus dan mengilap, gigi tidak retak dan gusi berwarna merah muda, feses cenderung padat dan konsisten, telinga dan mata bersih, nafsu makannya baik, serta aktif dan lincah.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 20/06/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan