Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

    5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

    Campuran minuman lemon dan madu cukup terkenal di luar negeri sebagai salah satu gaya hidup sehat. Campuran keduanya diduga memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai penguat sistem imun.

    Apa saja manfaat meminum madu dan lemon di pagi hari?

    Meski belum ada cukup bukti penelitian, namun manfaat kedua kandungan bahan ini telah banyak dipercaya sejak dahulu. Berikut sejumlah khasiatnya yang dipercaya banyak orang?

    • Menurunkan berat badan. Siapa yang tidak tergiur dengan manfaat tersebut? Meminum madu dan lemon pada pagi hari dipercaya dapat menghancurkan lemak. Tapi jangan hanya mengonsumsi kedua bahan tersebut. Agar lebih terasa khasiatnya, kita tetap harus menerapkan pola makan sehat.
    • Mencegah infeksi saluran kencing. Madu memiliki fungsi antibakteri dan bisa membunuh kuman penyebab infeksi. Oleh karena itu, campuran keduanya mampu membersihkan saluran kencing.
    • Membersihkan hati dari racun. Ketika kita meminum berbagai obat-obatan dan alkohol, hati harus bekerja lebih cepat. Kondisi tersebut dapat merusak fungsinya kemudian hari. Oleh karena itu, hati perlu dibersihkan untuk mencegah timbulnya penyakit. Meminum campuran lemon dan madu mampu membantu membersihkan racun.
    • Membersihkan saluran pencernaan. Campuran kedua bahan ini berfungsi sebagai alat detox karena madu memiliki fungsi antibakteri.
    • Membuat tubuh tidak gampang sakit. Kandungan kedua bahan ini dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar karena dapat meningkatkan imunitas tubuh.

    Apakah manfaat madu dan lemon tersebut sudah terbukti?

    Lemon mengandung bioflavonoids yang termasuk antioksidan. Lemon juga dapat digunakan untuk mengobati batuk dan flu, masalah pendengaran, dan masalah batu ginjal. Penderita baju ginjal direkomendasikan untuk meminum lemon karena mampu meningkatkan asam sitrat pada urin. Selain itu, meminum lemon mampu melancarkan buang air kecil.

    Sedangkan madu memiliki manfaat yang sama banyaknya dengan lemon. Meminum madu setiap hari dapat membuat tubuh lebih sehat dan lebih segar. Madu juga diketahui memiliki manfaat untuk menyembuhkan alergi, batuk, asma, diare, dan masalah pada pencernaan lainnya. Bahkan madu bisa digunakan untuk pengobatan luar, seperti masalah pada kulit atau pada kulit yang terasa panas.

    Meski kedua bahan ini diketahui memiliki banyak manfaat, namun belum ada cukup bukti penelitian yang menyebutkan manfaat keduanya ketika dikonsumsi bersamaan. Selain itu, meski memiliki banyak manfaat, namun tetap dianjutkan untuk mengonsumsi campuran kedua bahan ini secukupnya dan tidak berlebihan.

    Selain itu menurut ahli nutrisi Naini Setalvad, dikutip The Health Site, belum ada penelitian yang mengatakan lemon dan madu mampu menurunkan berat badan.

    Bagaimana cara aman mengonsumsinya?

    Walaupun beberapa penelitian belum cukup membuktikan khasiatnya, bila keduanya dikonsumsi secara terpisah pun memiliki banyak manfaat. Anda dapat mengonsumsi ramuan ini di pagi hari selama Anda tidak memiliki masalah lambung atau usus. Sebab, lemon merupakan salah satu buah yang dapat mengiritasi lambung.

    Berikut cara mengonsumsi ramuan lemon dan madu. Ambil gelas berisi air hangat, lalu tambahkan satu sendok teh madu dan setengah irisan lemon. Jangan mengonsumsi kedua bahan ini bersama kopi dan teh demi menjaga kondisi lambung Anda.

    Selamat mencoba!


    Ingin mendapatkan berat badan ideal?

    Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Rizki Pratiwi Diperbarui Jan 18, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
    Next article: