5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Campuran minuman lemon dan madu cukup terkenal di luar negeri sebagai salah satu gaya hidup sehat. Campuran keduanya diduga memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai penguat sistem imun.

Apa saja manfaat meminum madu dan lemon di pagi hari?

Meski belum ada cukup bukti penelitian, namun manfaat kedua kandungan bahan ini telah banyak dipercaya sejak dahulu. Berikut sejumlah khasiatnya yang dipercaya banyak orang?

  • Menurunkan berat badan. Siapa yang tidak tergiur dengan manfaat tersebut? Meminum madu dan lemon pada pagi hari dipercaya dapat menghancurkan lemak. Tapi jangan hanya mengonsumsi kedua bahan tersebut. Agar lebih terasa khasiatnya, kita tetap harus menerapkan pola makan sehat.
  • Mencegah infeksi saluran kencing. Madu memiliki fungsi antibakteri dan bisa membunuh kuman penyebab infeksi. Oleh karena itu, campuran keduanya mampu membersihkan saluran kencing.
  • Membersihkan hati dari racun. Ketika kita meminum berbagai obat-obatan dan alkohol, hati harus bekerja lebih cepat. Kondisi tersebut dapat merusak fungsinya kemudian hari. Oleh karena itu, hati perlu dibersihkan untuk mencegah timbulnya penyakit. Meminum campuran lemon dan madu mampu membantu membersihkan racun.
  • Membersihkan saluran pencernaan. Campuran kedua bahan ini berfungsi sebagai alat detox karena madu memiliki fungsi antibakteri.
  • Membuat tubuh tidak gampang sakit. Kandungan kedua bahan ini dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar karena dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Apakah manfaat madu dan lemon tersebut sudah terbukti?

Lemon mengandung bioflavonoids yang termasuk antioksidan. Lemon juga dapat digunakan untuk mengobati batuk dan flu, masalah pendengaran, dan masalah batu ginjal. Penderita baju ginjal direkomendasikan untuk meminum lemon karena mampu meningkatkan asam sitrat pada urin. Selain itu, meminum lemon mampu melancarkan buang air kecil.

Sedangkan madu memiliki manfaat yang sama banyaknya dengan lemon. Meminum madu setiap hari dapat membuat tubuh lebih sehat dan lebih segar. Madu juga diketahui memiliki manfaat untuk menyembuhkan alergi, batuk, asma, diare, dan masalah pada pencernaan lainnya. Bahkan madu bisa digunakan untuk pengobatan luar, seperti masalah pada kulit atau pada kulit yang terasa panas.

Meski kedua bahan ini diketahui memiliki banyak manfaat, namun belum ada cukup bukti penelitian yang menyebutkan manfaat keduanya ketika dikonsumsi bersamaan. Selain itu, meski memiliki banyak manfaat, namun tetap dianjutkan untuk mengonsumsi campuran kedua bahan ini secukupnya dan tidak berlebihan.

Selain itu menurut ahli nutrisi Naini Setalvad, dikutip The Health Site, belum ada penelitian yang mengatakan lemon dan madu mampu menurunkan berat badan.

Bagaimana cara aman mengonsumsinya?

Walaupun beberapa penelitian belum cukup membuktikan khasiatnya, bila keduanya dikonsumsi secara terpisah pun memiliki banyak manfaat. Anda dapat mengonsumsi ramuan ini di pagi hari selama Anda tidak memiliki masalah lambung atau usus. Sebab, lemon merupakan salah satu buah yang dapat mengiritasi lambung.

Berikut cara mengonsumsi ramuan lemon dan madu. Ambil gelas berisi air hangat, lalu tambahkan satu sendok teh madu dan setengah irisan lemon. Jangan mengonsumsi kedua bahan ini bersama kopi dan teh demi menjaga kondisi lambung Anda.

Selamat mencoba!

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
luka di vagina

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit