home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Muka Kelihatan Sembap Terus? Psst, Makanan Bisa Jadi Pemicunya, Lho!

Muka Kelihatan Sembap Terus? Psst, Makanan Bisa Jadi Pemicunya, Lho!

Ketika sedang berkaca di cermin, pernahkah Anda tiba-tiba menyadari wajah tampak bengkak atau sembap seperti baru bangun tidur? Padahal, Anda sudah bangun dari beberapa jam sebelumnya, sudah sarapan pagi, sudah berangkat ke kantor, bahkan sudah mulai bekerja. Nah, coba ingat-ingat kembali, apa saja yang Anda makan kemarin atau beberapa hari yang lalu? Pasalnya, ternyata makanan bisa jadi faktor penyebab muka bengkak Anda. Kok bisa, ya? Lantas, bagaimana cara mengembalikannya seperti semula?

Bagaimana makanan jadi penyebab muka bengkak?

makanan junk food bikin imun agresif

Jika biasanya perut yang jadi sasaran makanan sehingga tampak bengkak alias buncit, sekarang tidak hanya itu. Tahukah Anda kalau penyebab muka bengkak yang Anda alami bisa berasal dari makanan?

Wajah bengkak di sini bukan karena serangan alergi, cedera, maupun mengalami penyakit tertentu, ya. Namun cenderung ke arah wajah bengep khas orang baru bangun tidur. Entah karena kebiasaan tidur yang buruk atau posisi tidur yang salah.

Starla Garcia, MEd, RDN, LD, sebagai ahli gizi di Texas bersama rekannya Rebecca Baxt, MD, seorang dokter spesialis kulit di New Jersey, bersama-sama menuturkan bagaimana makanan bisa jadi penyebab muka bengkak.

Menurut mereka, makanan dengan kandungan garam (natrium) atau monosodium glutamat (MSG) yang tinggi bisa jadi penyebab muka terlihat sembap. Makanan tinggi natrium misalnya, pizza, ramen, mie instan, dan berbagai makanan kemasan.

Lalu, bagaimana makanan bisa jadi penyebab muka bengkak? Dijelaskan lebih lanjut oleh Starla Garcia, bahwa setelah makan makanan yang tinggi kandungan garam dan MSG, tubuh butuh waktu untuk mencernanya dalam tubuh. Nah, karena natrium ini bersifat menahan air, maka ketika masih diproses oleh tubuh, akan ada tumpukan cairan di tubuh, termasuk wajah.

Adakah cara untuk mengempiskan wajah sembap akibat makanan?

Jika memang wajah bengkak ini benar-benar dikarenakan oleh konsumsi makanan yang salah, sebenarnya tidak butuh waktu lama bentuk wajah Anda akan kembali seperti sedia kala.

Namun terkadang, Anda mungkin ingin menghadiri suatu acara atau rapat penting sehingga butuh sedikit bantuan untuk mengempiskan wajah yang sembap ini. Berikut cara yang mungkin dapat membantu:

1. Senam wajah

panduan facial wajah ala salon di rumah

Jangan remehkan keajaiban melakukan senam wajah saat baru bangun tidur. Kegiatan kecil ini ternyata membawa dampak besar bagi wajah Anda. Ya, rutin melakukan senam wajah diyakini bisa melancarkan peredaran darah di wajah. Wajah pun tampak lebih kencang dan bebas dari kata “bengkak”.

2. Cuci muka dengan air dingin

baking soda untuk mencuci muka

Di samping gosok gigi, hal lain apa yang Anda lakukan setelah bangun tidur? Kebanyakan orang akan membasuh wajah dengan air guna menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa kantuk. Apabila Anda terbiasa mencuci muka dengan air hangat, mulai sekarang sebaiknya ganti dengan air dingin.

Atau cara lainnya bisa dilakukan dengan kompres dingin menggunakan es batu yang dibalut handuk ke seluruh area wajah Anda. Bukan tanpa alasan, cara ini dinilai bisa membantu mengecilkan pembuluh darah pada wajah yang membuat muka tampak bengkak atau bengap.

3. Perhatikan asupan makanan

tips diet

Terakhir tapi yang tidak boleh dilupakan setelah mengetahui kalau penyebab muka bengkak Anda berasal dari makanan, maka ambil tindak lanjut untuk mengempiskan atau setidaknya mengurangi jumlah air di wajah.

Tentu saja dengan cara menghindari makanan dengan kandungan garam dan MSG yang tinggi. Anda bisa menggantinya dengan memperbanyak bahan alami seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan lainnya, untuk menambah cita rasa masakan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 Snacks That Cause Your Face to Bloat-and 5 Foods to Eat Instead. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/face-bloating-morning Diakses pada 4 Desember 2018.

6 Ways to Keep Your Face from Looking Puffy. https://www.health.com/beauty/how-to-debloat-your-face Diakses pada 4 Desember 2018.

The Art of Jade Rolling and Depuffing Your Face. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/jade-rolling-benefits-clear-skin Diakses pada 4 Desember 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 05/10/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum