Tuberkulosis

Oleh

  1. Definisi

Apa itu tuberkulosis?

Tuberkulosis alias TB atau TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Mycobacterium tuberculosis. Bakteri biasanya menyerang paru-paru, namun bakteri TBC dapat menyerang setiap bagian dari tubuh seperti ginjal, tulang belakang, dan otak. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit TBC bisa berakibat fatal

Apa saja tanda dan gejalanya?

Gejala penyakit TB tergantung pada lokasi di dalam tubuh di mana bakteri TB tumbuh. Bakteri TB biasanya tumbuh di paru-paru (pulmonary TB). Penyakit TBC di paru-paru dapat menyebabkan gejala seperti:

  • Batuk buruk yang berlangsung 3 minggu atau lebih
  • Nyeri di dada
  • Batuk berdarah atau sputum (dahak dari dalam paru-paru)

Gejala lain dari penyakit TBC adalah:

  • Kelemahan atau kelelahan
  • Penurunan berat badan
  • Kehilangan nafsu makan
  • Menggigil
  • Demam
  • Berkeringat  di malam hari

Gejala penyakit TBC di bagian lain dari tubuh tergantung pada daerah yang terkena dampak.

Orang yang memiliki infeksi TB laten tidak merasa sakit, tidak memiliki gejala apapun, dan tidak dapat menularkan TB kepada orang lain.

  1. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda berpikir Anda telah tertular seseorang dengan penyakit TBC, Anda harus menghubungi dokter atau departemen kesehatan setempat untuk menjalani tes kulit TB atau tes darah khusus TB. Pastikan untuk memberi tahu dokter atau perawat ketika Anda menghabiskan waktu dengan orang yang memiliki penyakit TBC.

Penting untuk diketahui bahwa orang yang terkena bakteri TB tidak akan langsung menyebarkan bakteri pada orang lain dengan segera. Hanya orang dengan penyakit TB aktif saja yang dapat menyebarkan bakteri TB kepada orang lain. Sebelum Anda dapat menyebarkan TB kepada orang lain, Anda harus menghirup bakteri TB dan menjadi terinfeksi. Maka bakteri yang aktif akan berkembang biak dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit TB aktif. Pada titik ini, Anda mungkin bisa menyebarkan bakteri TB kepada orang lain. Orang dengan penyakit TB paling mungkin untuk menyebarkan bakteri ke orang yang menghabiskan waktu dengan mereka setiap hari, seperti anggota keluarga, teman, rekan kerja, atau teman sekolah.

Beberapa orang dapat terjangkit penyakit TB segera (dalam kurun waktu mingguan) setelah terinfeksi, sebelum sistem kekebalan tubuh mereka dapat melawan bakteri TB. Orang lain mungkin tertular bertahun-tahun kemudian, ketika sistem kekebalan tubuh mereka menjadi lemah karena alasan lain. Banyak orang yang sebenarnya memiliki infeksi TB tidak pernah memunculkan gejala penyakit TB.

Kapan saya harus ke dokter?

Jika Anda berpikir Anda telah tertular penyakit TBC, Anda harus menghubungi dokter atau  departemen kesehatan setempat untuk mendapatkan tes kulit TB atau tes darah khusus TB. Pastikan untuk memberi tahu dokter atau perawat ketika Anda menghabiskan waktu dengan orang yang memiliki penyakit TBC.

  1. Pencegahan

Bacille Calmette-Guerin (BCG) adalah vaksin untuk penyakit tuberkulosis (TB). Vaksin ini sering diberikan kepada bayi dan anak-anak kecil di beberapa negara di mana TB adalah penyakit yang umum. Namun, BCG tidak selalu melindungi orang dari penularan TB.

Vaksinasi BCG hanya harus dipertimbangkan untuk anak-anak yang memiliki tes kulit TB negatif dan yang terus-menerus terpapar, dan tidak dapat dipisahkan dari orang dewasa yang:

  • Tidak diobati atau diobati dengan tidak efektif karena penyakit TB, dan anak tidak dapat diberikan pengobatan pencegahan primer untuk infeksi TB jangka panjang; atau
  • Memiliki penyakit TB yang disebabkan oleh resisten tegangan terhadap isoniazid dan rifampisin.

Pekerja Kesehatan

Vaksinasi BCG untuk petugas kesehatan harus dipertimbangkan secara individual dalam lingkungan tertentu, terutama jika ada:

  • Persentase yang tinggi dari pasien TB yang terinfeksi strain TB yang resisten terhadap isoniazid dan rifampisin
  • Terdapat penularan berkelanjutan dari strain TB yang resistan terhadap obat untuk pekerja perawatan kesehatan dan kemungkinan  infeksi berikutnya
  • Tindakan pencegahan pengendalian infeksi TB komprehensif  telah dilaksanakan, namun belum berhasil

Petugas kesehatan yang dipertimbangkan untuk vaksinasi BCG harus diberi konseling mengenai risiko dan manfaat yang terkait dengan kedua vaksinasi dan pengobatan infeksi TB laten BCG.

Mencegah Paparan Penyakit TB Saat Berpergian ke Luar Negeri

Wisatawan harus menghindari kontak dekat atau dalam waktu lama dengan pasien TB di tempat ramai dan lingkungan tertutup (misalnya, klinik, rumah sakit, penjara, atau tempat penampungan tunawisma).

Wisatawan yang akan bekerja di klinik, rumah sakit, atau lingkungan perawatan kesehatan lain di mana mungkin banyak terdapat pasien TB harus berkonsultasi mengenai kontrol terhadap infeksi dengan ahli manajemen risiko kesehatan kerja. Mereka harus bertanya tentang prosedur administrasi dan lingkungan untuk mencegah paparan TB. Setelah prosedur tersebut dilaksanakan, langkah-langkah tambahan bisa termasuk penggunaan alat pelindung pernapasan pribadi.

Banyak orang yang memiliki infeksi TB laten tidak pernah mengembangkan penyakit TB. Tetapi beberapa orang yang memiliki infeksi TB laten lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit TB daripada yang lain. Mereka yang berisiko tinggi untuk mengembangkan penyakit TB antara lain:

  • Orang yang terinfeksi HIV
  • Orang yang tiba-tiba terinfeksi dengan bakteri TB dalam 2 tahun terakhir
  • Bayi dan anak-anak
  • Orang yang menyuntikkan obat-obatan terlarang
  • Orang yang menderita penyakit lain yang melemahkan sistem kekebalan tubuh
  • Orang usia lanjut
  • Orang yang tidak diobati dengan benar untuk riwayat TB

Jika Anda memiliki infeksi TB laten dan Anda berada di salah satu kelompok berisiko tinggi ini, Anda harus mengonsumsi obat untuk menjaga dari pengembangan penyakit TB. Ada beberapa pilihan pengobatan untuk infeksi TB laten. Anda dan dokter Anda harus memutuskan pengobatan yang terbaik untuk Anda. Jika Anda minum obat sesuai petunjuk, ini dapat mencegah Anda terkena penyakit TB. Karena hanya melibatkan sedikit bakteri, pengobatan untuk infeksi TB laten jauh lebih mudah daripada pengobatan untuk penyakit TB. Seseorang dengan penyakit TB memiliki sejumlah besar bakteri TB dalam tubuh. Beberapa obat  diperlukan untuk mengobati penyakit TB.

Yang juga perlu Anda baca