Daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/01/2020
Bagikan sekarang

Asam urat adalah peradangan yang menyerang persendian. Jika Anda belakangan sering merasa nyeri di persendian kaki atau tangan, hati-hati. Itu mungkin tanda-tanda asam urat Anda sudah tinggi. Penyebab asam urat itu sendiri sebenarnya adalah kadar zat uric acid yang terlalu berlebih dalam darah. Nah, dari berbagai macam faktor risiko asam urat, makanan tidak sehatlah yang dicatut sebagai penyebab terbesarnya. Lantas, makanan seperti apa yang menjadi pantangan sehingga harus dihindari oleh penderita asam urat?

Makanan tinggi purin penyebab asam urat tinggi

Asam urat merupakan hasil dari pecahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh Anda, yang kemudian diproses oleh ginjal lebih lanjut menjadi asam urat.

Pada umumnya, asam urat tidak akan menyebabkan gejala apa pun jika kadarnya normal. Namun, kadar purin dalam darah dapat meningkat dari konsumsi makanan tertentu secara berlebihan. Pasalnya semakin banyak asupan purin tambahan Anda, ginjal semakin kewalahan untuk membuangnya lewat urin dan feses.

Akibatnya, penumpukan purin dipecah menjadi zat asam urat yang kemudian mengendap dan mengkristal di persendian. Nah, makanan mengandung purin tinggi inilah yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

Sebuah makanan dapat dikatakan penyebab asam urat apabila kadar purin per 100 gram beratnya berkisar antara 150-800 mg. 

Daftar makanan yang jadi pantangan penderita asam urat

Penyebab asam urat yang paling umum memang berasal dari makanan atau minuman tinggi purin. Namun, ada juga beberapa makanan lain yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Untuk beberapa makanan ini, Anda masih boleh memakannya tapi hanya sedikit dan tidak boleh sering-sering.

Berikut adalah beberapa makanan pantangan yang harus dihindari jika Anda terkena asam urat. 

1. Jeroan

Jeroan hewan, misalnya ati (hati), jantung, ampela, otak, babat, limpa, usus, dan paru adalah makanan penyebab asam urat tinggi. 

Jeroan mengandung protein yang ketika dipecah oleh tubuh akan menghasilkan banyak tambahan purin di dalam aliran darah. Sebagai contoh, 100 gram ati ayam saja sudah mengandung 243 mcg purin. 

Jadi, jelas mengapa jeroan termasuk sebagai pantangan makanan bagi penderita asam urat.

2. Daging

Sumber makanan berupa daging merah (sapi, kambing, babi, domba) serta daging putih tertentu (daging entok, kalkun, angsa, burung puyuh, dan kelinci) adalah pantangan bagi pengidap asam urat.

Menurut penelitian asal Jepang yang diterbitkan dalam jurnal Biological and Pharmaceutical, per 100 gram daging mentah dapat mengandung lebih dari 100 mg purin. Kisaran ini sebetulnya masih tergolong rendah purin. Namun bahayanya, daging-daging tersebut akan mengandung lebih banyak purin setelah dimasak. 

Bukan hanya makanan yang diolah dari daging merah segar saja yang harus dihindari penderita asam urat. Produk olahan pabrik juga. Daging olahan industrial seperti sosis, salami, ham, nugget, kornet, dan sepek (bacon), termasuk pula sebagai makanan pantangan untuk orang asam urat. 

Perlu diketahui bahwa kandungan purin dalam makanan olahan juga cukup tinggi, sekitar 45,5–138,3 mg per 100 gram. Selain itu, daging olahan juga mengandung lemak jenuh dan natrium (garam) yang sangat tinggi. Keduanya dapat memengaruhi fungsi ginjal untuk membuang racun dan limbah dalam tubuh, termasuk kelebihan asam urat. 

Bahkan menurut penelitian dalam jurnal Circulation yang dikutip dari Medscape, asupan garam tinggi dapat menyebabkan keluarnya serum asam urat serum yang lebih tinggi juga.

Mengutip dari Everyday Health, Lona Sandon, MEd, RD, seorang dosen di University of Texas Southwestern Medical School, Dallas mengatakan pengidap asam urat masih bisa makan daging lain yang lebih sehat, seperti daging ayam (segar; bukan olahan).

3. Makanan laut (seafood)

Beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, ikan sarden, ikan mackerel, kerang (remis, kepah, scallop), kepiting, lobster, dan udang merupakan penyebab asam urat karena cukup tinggi purinnya.

Menurut sebuah penelitian dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville, pria yang terlalu banyak makan seafood lebih berisiko memiliki asam urat tinggi ketimbang yang tidak.

Meski demikian, tidak semua makanan laut lantas harus dihindari oleh penderita asam urat. Anda masih bisa mengonsumsi jenis ikan yang rendah purin, seperti salmon.

Jangan lupa imbangi makan ikan dengan seporsi besar sayuran seperti tumis brokoli dan perasan lemon. Jus lemon dapat membantu menetralkan asam urat, sedangkan brokoli adalah sayuran rendah purin.

4. Minuman manis 

Minuman manis tidak mengandung purin, tapi tinggi fruktosa (gula dari sirup jagung). Tubuh Anda memecah fruktosa dan menghasilkan purin. 

Menurut sebuah penelitian dari BMJ Open, minuman bersoda yang dibuat dengan fruktosa berisiko tinggi memicu asam urat tinggi. Penelitian tersebut menemukan risiko asam urat tinggi naik sektar 85% pada pria yang minum lebih dari 2 porsi soda per hari, dibanding yang hanya minum satu gelas minuman manis dalam sebulan. 

5. Alkohol 

Sama dengan minuman manis, miras dan alkohol seperti bir juga menjadi penyebab asam urat makin tinggi selain makanan di atas. Hal tersebut diamini oleh sebuah penelitian tahun 2014 dari Boston University School of Medicine. Semakin banyak alkohol yang diminum, semakin besar risikonya, kata para peneliti.

6. Makanan berlemak 

Makanan berlemak menjadi salah satu pantangan karena termasuk penyebab asam urat tinggi.

Pasalnya, dikutip dari Arthritis Foundation, kebanyakan makan makanan berlemak bisa memicu kenaikan berat badan berlebih. Ketika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh mereka menghasilkan lebih banyak insulin.

Peningkatan kadar insulin yang berlebihan dapat mengganggu kerja ginjal untuk membuang asam urat. Pada akhirnya, asam urat yang tidak terbuang akan menumpuk dan mengendap sampai membentuk kristal di persendian.

Semakin berat tubuh Anda, semakin sulit tubuh Anda menghilangkan asam urat menurut Hyon Choi, MD, PhD, dosen kedokteran di Harvard Medical School. Peningkatan kadar asam urat akan memicu munculnya serangan akut yang terjadi mendadak.

Makanan yang boleh dikonsumsi secara terbatas

Meski ada banyak pantangan asam urat, bukan berarti Anda tidak punya variasi pilihan makanan. Menurut para ahli, punya penyakit asam urat artinya Anda hanya perlu menghindari makanan penyebab kenaikan purin terlalu tinggi dalam darah.

Nah, beberapa makanan di bawah ini masih boleh dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas.

  1. Makanan laut rendah purin seperti ikan salmon, ikan bawal, ikan bandeng, belut.
  2. Produk olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, kecap manis, susu kedelai, dan tauco
  3. Daging unggas seperti ayam dan bebek
  4. Produk olahan gandum utuh seperti bubur gandum (oatmeal), sereal, dan roti gandum
  5. Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, tauge, dan melinjo
  6. Sumber lemak jenuh seperti susu, keju, mentega, kue, sosis, kulit ayam, dan daging berlemak

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Cara ini menarik untuk disimak!

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Tahukah Anda jika cara makan sayuran dan penyajiannya tidak tepat, membuat sayur jadi sulit dicerna tubuh. Simak tips berikut untuk mengatasinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Di antara silaturahmi dan makan di banyak rumah, dikelilingi sajian Lebaran penuh lemak dan kolesterol, kita bisa tetap menjalaninya dengan sehat, lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Hari Raya, Ramadan 21/05/2020

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat serat kenapa penting

Kenapa Penting Makan Makanan Berserat?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
turun berat badan naik setelah diet

3 Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 30/05/2020
karbohidrat untuk diet

7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020