Atasi Kulit Gatal Kurap Dengan 6 Obat Alami yang Ada di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14/05/2020
Bagikan sekarang

Kurap, atau yang dikenal juga sebagai kadas, adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur (tinea). Bercak merah, bersisik, serta gatal pada kulit merupakan beberapa tanda khas kurap. Siapa pun bisa dengan mudah terkena penyakit menular ini, terutama kelompok orang yang imunnya lemah. Selain dengan obat-obatan medis, ada beberapa obat kurap alami yang bisa bantu menyembuhkan gejala.

Apa saja obat kurap alami?

Sebelum menggunakan berbagai pilihan obat kurap alami ini, pastikan Anda telah membersihkan area kulit dengan sabun dan air terlebih dahulu.

1. Cuka apel

khasiat cuka apel

Cuka apel diyakini punya sifat anti jamur yang kuat, sehingga bisa membantu mengobati beragam penyakit yang disebabkan oleh jamur. Cara pakainya dengan mengusapkan kapas yang telah direndam dalam cuka apel sebelumnya pada kulit Anda yang terkena kurap. Lakukan secara rutin selama tiga kali sehari.

2. Lidah buaya

Lidah buaya termasuk obat kurap alami karena mengandung agen antiseptik yang dapat memerangi jamur, bakteri, serta virus. Selain itu, lidah buaya juga menimbulkan sensasi dingin saat digunakan sehingga menenangkan kulit yang gatal, meradang, hingga membengkak.

Oleskan gel lidah buaya secara langsung pada kulit yang mengalami kurap selama tiga sampai empat kali sehari.

3. Minyak kelapa

khasiat minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya bisa membunuh sel-sel jamur berkat sifat antimikroba dan anti jamur yang dimilikinya. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa bisa menjadi mengobati infeksi kulit yang ringan hingga sedang.

Cara pakainya pun mudah, Anda hanya perlu menghangatkan minyak kelapa sampai mencair kemudian langsung dioleskan ke area kulit yang bermasalah. Ulangi hal ini selama tiga kali sehari.

4. Kunyit

kunyit untuk bayi

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kunyit adalah rempah-rempah populer yang terkenal dengan sifat antiradang, antijamur, serta antibakterin. Ini semua berkat kandungan senyawa kurkumin di dalamnya.

Aturan pakai kunyit untuk mengatasi kurap tidak sulit, Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Selanjutnya oleskan langsung pada kulit dan biarkan hingga kering, lalu bilas sampai bersih.

5. Minyak pohon teh

tea tree oil

Sudah telah lama minyak pohon teh (tea tree oil) dikenal ampuh untuk mengobati infeksi jamur kulit berkat sifat antijamur dan antibakteri yang dimilikinya.

Tidak sulit, kok, Anda bisa mengoleskan minyak pohon teh langsung ke daerah kurap selama dua atau tiga kali per hari menggunakan kapas. Jika kulit Anda tergolong sensitif, sebaiknya campurkan terlebih dahulu bersama minyak pembawa.

6. Minyak oregano

Minyak oregano juga tidak kalah ampuh dalam mengobati infeksi jamur kulit, karena mengandung dua anti jamur kuat yakni thymol dan carvacrol. Cara menggunakannya dengan mencampurkan beberapa tetes minyak oregano dengan minyak pembawa, kemudian oleskan selama tiga kali sehari.

Jika gejala tidak kunjung membaik dalam 2 minggu, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Perhatikan juga orang-orang terdekat Anda, apakah juga mengalami gejala yang sama. Dikhawatirkan penyakit ini telah menular ke anggota keluarga lainnya.

Pasalnya dalam beberapa kasus, kurap tidak dapat diatasi sama sekali dengan bahan-bahan alami dan harus segera ditangani oleh dokter. Bila Anda ragu, segera konsultasikan hal ini pada dokter.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Penyebab Jerawat Terasa Gatal dan Tidak Nyaman

Banyak orang yang mengira bahwa penyebab jerawat terasa gatal adalah proses dari penyembuhan. Namun, ternyata ada faktor lain yang menyebabkan hal ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

5 Tanda yang Muncul di Kulit Jika Anda Tidak Cocok Dengan Produk Skincare Baru

Kulit Anda dapat menunjukkan tanda-tanda khusus saat skin care yang selama ini dipakai ternyata tidak cocok. Jangan abaikan tanda yang muncul!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

4 Risiko Kesehatan Akibat Sering Pinjam Meminjam Helm

Meski melindungi Anda dari cedera, meminjam helm yang sebelumnya dipakai orang lain bisa menularkan berbagai penyakit. Apa saja? Cari tahu di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

4 Tips Mudah Mencegah Gatal Karena Makanan

Kulit gatal bisa disebabkan oleh makanan. Nah, untuk mencegah kambuhnya kulit gatal karena makanan, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Direkomendasikan untuk Anda

gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
ilustrasi wanita terkena infeksi jamur kulit yang dapat diatasi dengan obat oles atau salep jamur kulit

Kapan Harus Menggunakan Obat Anti Jamur Saat Muncul Gatal pada Kulit?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
Salep untuk cacar air

Salep Apa yang Baik untuk Mengatasi Gatal Cacar Air?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
biduran pada anak

Pilihan Obat Biduran untuk Anak yang Aman

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 30/03/2020