Cara Jitu Hilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat di Wajah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Flek hitam merupakan hasil dari jerawat yang mengalami trauma peradangan pada kulit. Hal ini dijelaskan oleh dr. David E. Bank, seorang spesialis kulit dan kecantikan dari New York Hospital di Amerika Serikat (AS). Karena peradangan tersebut, kulit pun akan memproduksi melanin secara berlebihan sehingga menyebabkan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi inilah yang sebabkan munculnya bintik atau noda hitam di wajah.

Kadang flek hitam muncul juga karena paparan sinar matahari, polusi udara, dampak pemakaian komestik, dan bahkan bisa karena faktor keturunan (genetik). Lalu bagaimana cara ampuh menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel?

Berbagai cara menghilangkan flek hitam di wajah

1. Pakai serum atau krim berbahan hydroquinone

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang satu ini mungkin sudah banyak dilakukan. Ya, penggunaan krim atau serum berbahan dasar zat hydroquinone ini cukup ampuh untuk menyamarkan noda hitam di sekitar wajah.

Namun, Food and Drugs Administration atau badan pengawas obat dan makanan di AS membatasi penggunaan krim berbahan dasar zat hydroquinone ini. Pasalnya, krim ini mirip dengan zat pemutih wajah, yang mana bisa berbahaya jika digunakan dalam jumlah  banyak. Meskipun dianggap aman untuk pemakaian produk kosmetik, zat hydroquinone yang digunakan dalam jumlah banyak dipercaya bisa memicu tumbuhnya sel kanker. Namun, isu tentang kanker ini masih harus diteliti lebih lanjut.

2. Pakai retinol

Selain pakai krim hydroquinone, penggunaan retinol juga banyak dilakukan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah. Krim atau serum retinol mengandung bahan-bahan seperti asam alfa-hidroksi dan asam retinoat. Kedua bahan tersebut berfungsi meningkatkan produksi sel pada kulit, mempercepat pengelupasan kulit, serta mendukung pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat.

Namun, ada yang perlu diperhatikan. Penggunaan bahan retinol ini bisa membuat kulit wajah terasa kering dan sensitif terhadap sinar matahari. Kalau Anda menggunakan retinol, baiknya pastikan juga wajah dilapisi dengan tabir surya (sunblock) agar flek hitam di wajah bisa cepat hilang tanpa efek samping.

3. Laser flek hitam

Terlepas dari penggunaan krim, Anda bisa mencoba alternatif lain dengan laser flek hitam di wajah. Metode laser ini menargetkan cahaya untuk menghilangkan lapisan kulit satu per satu hingga bintik hitam memudar. Sayangnya, ada beberapa efek samping berikut ini yang mungkin muncul ketika melakukan laser.   

  • Memar dan kemerahan
  • Wajah bengkak
  • Muncul jaringan parut (keloid)
  • Infeksi
  • Perubahan tekstur kulit

4. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan salah satu cara mengurangi adanya flek hitam. Dilakukan dengan cara mengangkat sel kulit mati menggunakan vakum mikrodermabrasi. Cara ini juga berfungsi untuk untuk mencerahkan kulit, memudarkan bekas jerawat, serta menghaluskan kulit.

Perawatan ini umumnya hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli dan sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, karena akan menipiskan lapisan kulit secara perlahan. 

krim muka dari dokter bikin ketagihan

Cegah munculnya noda hitam sejak dini

Untuk mencegah noda hitam muncul di wajah, ada baiknya Anda menghindari paparan langsung sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Terutama di atas jam 10 pagi. Gunakan payung atau topi jika keluar rumah. Jangan lupa menggunakan tabir surya yang tepat untuk melindungi kulit. gunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 untuk aktivitas sehari-hari. Gunakan secara berulang dalam waktu beberapa jam.

Untuk menggunakan krim penghilang flek hitam, disarankan juga untuk memilih-milih produk untuk wajah Anda. Karena kini beredar krim kecantikan yang menjanjikan dapat mengatasi jerawat, menghaluskan, mengencangkan, serta memutihkan kulit. Ingat, tidak ada krim wajah serbaguna yang dapat menyelesaikan semua masalah kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Tubuh

Suka makan buah melon? Tapi, tahukah Anda kalau manfaat buah melon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia? Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Demam Naik Turun Pada Bayi (dan Cara Mengatasinya)

Semua orangtua mungkin panik dan takut menghadapi bayi demam naik turun. Sebenarnya apa yang menyebabkan bayi demam naik turun? Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Anak, Parenting 21/07/2020 . Waktu baca 3 menit

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit
cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit
tidur pakai bra

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit
minum madu

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit