Apakah Matahari Musuh atau Teman Psoriasis?

Oleh

Psoriasis adalah kondisi kulit yang kronis dan penyakit autoimun di mana sistem imun menyebabkan sel kulit berganti lebih cepat dari biasanya. Hal ini menyebabkan penumpukan sel pada permukaan kulit. Sel kulit yang terkelupas menjadi tebal, timbul, dan berwarna merah dan perak, dapat terasa sakit, kering, dan gatal.

Obat-obatan topikal dapat menenangkan kulit dan mengurangi peradangan. Obat-obatan oral menekan sistem imun untuk memperlambat perkembangan penyakit. Namun, perawatan psoriasis juga dapat didapat dari elemen alami pada bumi, yaitu matahari.

Fototerapi

Fototerapi adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan perawatan sinar alami atau sintesis untuk psoriasis. Kulit menyerap sinar ultraviolet saat Anda berjemur atau kulit diekspos pada kotak cahaya khusus.

Sinar ultraviolet dari matahari tergolong sebagai sinar UVA dan UVB. UVB lebih efektif dalam mengatasi luka akibat psoriasis, menurut National Psoriasis Foundation. Sinar UVA lebih pendek daripada UVB dan masuk ke dalam kulit lebih dalam. Karena UVA tidak terlalu efektif dalam menghilangkan gejala psoriasis, obat-obatan diberikan sebagai tambahan pada terapi sinar untuk meningkatkan efektivitas.

Psoralen, obat yang menyebabkan fotosensitivitas, membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Anda akan menggunakan obat dalam bentuk oral atau topikal pada kulit yang terpengaruh sebelum perawatan UVA. Kombinasi ini biasanya disingkat menjadi PUVA.

Sinar matahari alami

Walau sinar matahari dapat menguntungkan bagi psoriasis, Anda harus berhati-hati agar terhindar dari kulit terbakar. Kulit terbakar matahari biasanya lebih mudah terjadi pada orang dengan kulit yang lebih putih, yang berisiko mengalami sunburn dan jenis kanker berbahaya seperti melanoma. Berjemur untuk fototerapi tanpa berhati-hati dapat meningkatkan fotosensitivitas. Hal ini dapat meningkatkan risiko lebih lanjut.

Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan tabir surya sebagai pelindung dari sinar matahari. Untuk hasil yang maksimal dan aman:

  • Gunakan tabir surya pada seluruh area kulit
  • Gunakan kacamata hitam
  • Lakukan terapi matahari saat matahari paling kuat untuk mendapat hasil maksimal.

Berjemurlah selama 10 menit sekali untuk mengurangi risiko. Selama Anda dapat mentolerir sinar matahari, Anda dapat menambah waktu secara perlahan sebanyak 30 detik sampai 1 menit sehari.

Matahari tidak hanya membantu menyingkirkan gejala psoriasis, namun juga menstimulasi tubuh untuk memproduksi lebih banyak vitamin D.

Psoriasis dan vitamin D

Vitamin D berkontribusi dalam mengurangi radang pada tubuh. National Psoriasis Foundation menyimpulkan bahwa nutrisi dan sinar UV dapat menghilangkan atau mencegah plak psoriasis. Cahaya matahari dapat memicu tubuh untuk menghasilkan nutrisi, yang bermanfaat untuk tulang yang kuat serta fungsi imun. Namun, vitamin D juga ditemukan secara alami pada beberapa makanan.

The British Journal of Dermatology mengumumkan penemuan bahwa orang dengan psoriasis memiliki kadar vitamin D yang rendah. Jika kadar vitamin D Anda tidak mencukupi, Anda dapat menambah makanan yang kaya nutrisi, seperti:

  • Susu dan jus jeruk
  • Margarin dan yogurt
  • Salmon
  • Tuna
  • Kuning telur
  • Keju Swiss

Terapi matahari dan makanan bukanlah satu-satunya cara untuk mengobati psoriasis dengan vitamin D. Konsultasikan dengan penyedia layanan medis untuk menentukan obat topikal vitamin D yang dapat meringankan kondisi kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca