home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mengungkap Mitos Dibalik Terbangun Tengah Malam, dan Cara Mengatasinya

Mengungkap Mitos Dibalik Terbangun Tengah Malam, dan Cara Mengatasinya

Setiap orang, pasti pernah terbangun di tengah malam. Walaupun ini hal yang wajar, sebagian besar percaya bahwa hal ini berkaitan dengan hal-hal yang sebetulnya adalah mitos. Apa saja mitos terbangun tengah malam? Lantas, adakah alasan medis yang membuat Anda bangun dari tidur di malam hari? Yuk, cari tahu lebih lanjut pada ulasan berikut!

Mitos terbangun tengah malam yang sebaiknya tidak Anda percaya

penyebab insomnia penyebab tidak bisa tidur, penyebab susah tidur

Pernah tiba-tiba bangun dari tidur tengah malam? Jika membicarakan hal ini, sebagian orang mungkin akan mengaitkannya dengan berbagai hal yang berbau mistik.

Salah satunya menyebutkan bahwa terbangun pada malam hari, menjadi tanda ada makhluk tak kasat mata yang ingin mengajak Anda berkomunikasi. Untuk itulah, makhluk astral tersebut membangunkan Anda dari tidur karena tengah malam merupakan waktu terbukanya portal dunia lain.

Hingga kini, tidak ada penelitian yang dapat membuktikan kebenaran mengenai teori terbangun tengah malam ini, sehingga sudah tentu hal ini mengarah pada mitos terbangun tengah malam.

Selain itu, ada juga teori yang menyebutkan bahwa minum alkohol sebelum tidur bisa mencegah Anda terbangun tengah malam. Dengan kata lain, alkohol bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Untuk teori ini, peneliti malah membuktikan hal sebaliknya. Menurut laman Sleep Foundation, kebiasaan minum alkohol sebelum tidur bisa membuat kualitas tidur menurun drastis. Memang, minum satu atau dua teguk alkohol bisa membuat sebagian orang menjadi rileks dan mengantuk. Namun, efek ini hanya berlangsung sementara pada awalnya.

Studi menunjukkan bahwa alkohol bisa mengganggu tahapan tidur. Selain itu, kandungan alkohol juga memicu Anda untuk mendengkur. Bagi Anda yang memiliki sleep apnea, gejalanya mungkin akan menjadi lebih parah. Akibatnya, bisa membuat Anda beberapa kali terbangun dari tidur.

Penyebab terbangun tengah malam

cara cepat tidur saat gelisah

Ketimbang mempercayai mitos yang belum pasti kebenarannya, akan lebih baik jika Anda mengetahui alasan kebiasaan terbangun tengah malam.

Umumnya, bangun tidur pada malam hari berkaitan dengan tahapan tidur yang terdiri dari beberapa fase. Umumnya orang akan mudah terbangun pada akhir fase tidur tertentu menuju ke fase tidur yang lain. Nah, Anda akan semakin punya keinginan untuk bangun ketika mengalami berbagai, contohnya kepanasan sehingga membuat tubuh berkeringat.

Ada juga yang terbangun tengah malam karena ingin buang air kecil karena terlalu banyak minum air putih sebelum tidur. Namun, bisa juga terbangun karena mengalami gejala pertanda penyakit.

1. Sleep apnea

Orang yang mengalami gangguan tidur ini, sangat sering tidur mendengkur. Buruknya, penyempitan saluran napas saat tidur ini bisa membuat napas seseorang terhenti beberapa detik. Akibatnya, penderita sleep apnea akan terbangun dalam kondisi kaget dengan napas terengah-engah.

2. Nokturia

Nokturia adalah istilah untuk kondisi sering buang air kecil di malam hari. Kondisi ini biasanya menjadi gejala khas dari penyakit diabetes. Orang yang mengidap diabetes akan sering terganggu tidurnya pada malam hari, karena mengalami desakan untuk buang air kecil terus-menerus.

3. Stres atau penyakit mental

Stres tidak hanya membuat Anda sulit terpejam, tapi juga bisa membuat Anda terbangun di tengah malam dan sulit untuk kembali tidur. Selain stres, berbagai penyakit mental seperti depresi atau gangguan kecemasan juga bisa mengganggu tidur nyenyak Anda.

4. Punya masalah kesehatan lain

Ada banyak gejala dari penyakit tertentu yang bisa mengganggu tidur, contohnya radang sendi yang menimbulkan nyeri pada tubuh sehingga sulit untuk tidur dengan nyaman. Bisa juga karena batuk, gatal-gatal pada kulit, atau rasa sakit pada bagian tubuh lainnya yang mengganggu tidur.

Jika Anda merasa bahwa kebiasaan bangun malam hari cukup mengganggu, tidak perlu khawatir dengan mitos terbangun tengah malam yang Anda dengar. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan membantu Anda mencari tahu penyebab sekaligus perawatannya.

Tips agar tidak terbangun tengah malam

makanan penyebab kembung

Meskipun wajar, Anda mungkin lebih memilih untuk tidur tanpa gangguan. Jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa Anda tempuh agar bisa tidur dengan nyenyak.

1. Minum air putih pada waktu yang tepat

Minum air putih sebelum tidur memang bermanfaat. Akan tetapi, waktu untuk minum perlu Anda perhatikan.

Hindari minum tepat sebelum Anda beranjak ke kasur untuk tidur. Anda lebih baik minum lebih banyak setelah makan malam, atau setidaknya satu jam sebelum Anda tidur. Sebenarnya, selain air putih Anda juga bisa minum segelas susu hangat. Jenis minuman ini bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

2. Meditasi atau latihan pernapasan

Agar tidak terbangun di tengah malam, Anda bisa mencoba untuk melakukan meditasi atau latihan pernapasan sebelum tidur. Tujuannya, untuk membuat pikiran dan tubuh Anda jadi lebih tenang dan rileks.

Pasalnya, pikiran yang kusut dan otot tubuh yang tegang bisa menganggu Anda untuk memejamkan mata. Bahkan, bisa membuat Anda terbangun dariu tidur karena terus merasa cemas dan gelisah.

3. Siapkan kamar yang nyaman

Pencahayaan yang terlalu terang, suhu kamar yang panas, dan kondisi kamar yang kotor bisa menjadi pengganggu tidur. Jadi, tidak heran jika Anda akan terus terbangun tengah malam karena gatal, kepanasan, atau merasa silau.

Agar Anda tidak terbangun karena merasa terganggu dengan kondisi tersebut, Anda perlu menyiapkan kamar tidur dengan baik. Selalu bersihkan kamar tidur Anda dan bantal terbaik yang nyaman Anda gunakan.

Di samping itu, atur pencahayaan dan suhu udara. Jika Anda tidur menggunakan kipas angin, sebaiknya atur jaraknya. Bila Anda tidur terlalu dekat dengan kipas angin, bisa jadi Anda akan bangun dengan badan pegal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Common myths and facts about sleep. (2020, November 04). Retrieved May 31, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/how-sleep-works/myths-and-facts-about-sleep.

Alcohol and sleep. (2020, September 04). Retrieved May 31, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/nutrition/alcohol-and-sleep.

Author: Aneesa Das. (2018, July 11). Why do i wake up at the same time every night? Retrieved May 31, 2021, from https://wexnermedical.osu.edu/blog/why-do-i-wake-up-at-the-same-time-every-night.

Team, B. (2020, September 28). Why do you always wake up at 3 a.m.? Retrieved May 31, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/why-do-you-always-wake-up-at-3-a-m/.

6 steps to better sleep. (2020, April 17). Retrieved May 31, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/sleep/art-20048379.

Nocturia: Causes, symptoms, diagnosis & treatment. (n.d.). Retrieved May 31, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14510-nocturia.

Https://www.sleepadvisor.org/author/sleepadvisor/, S. (2021, January 10). Drinking water before bed – What are the benefits And Concernes? Retrieved May 31, 2021, from https://www.sleepadvisor.org/drinking-water-before-bed/.

 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 04/11/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri