Definisi

Apa itu vitiligo?

Vitiligo adalah kondisi kulit yang umum terjadi akibat pigmentasi (warna) hilang pada kulit. Warna hilang pada area-area tertentu, seringnya pada punggung tangan, wajah, dan ketiak. Penyakit ini tidak mematikan dan tidak dapat disembuhkan, namun beberapa warna kulit pada wajah dan leher dapat kembali. Kadang-kadang penyakit ini berhubungan dengan penyakit lain, seperti tiroid.

Seberapa umumkah vitiligo?

Vitiligo terjadi pada orang dari semua kelompok ras dan etnik. Penyakit ini akan lebih jelas terlihat pada orang berkulit gelap. Vitiligo dapat terjadi pada semua usia, namun setengah dari kasus terjadi pada orang kurang dari 20 tahun.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala vitiligo?

Perubahan ini tidak dapat dirasakan dengan jari. Vitiligo tidak nyeri ataupun gatal. Ukuran vitiligo bervariasi dan dapat mencapat 1 inchi. Area yang kehilangan pigmen akan menyebar ke area yang lebih luas dengan bentuk tidak teratur. Vitiligo sering terjadi pada kedua sisi tubuh di sekitar tempat yang sama. Kadang-kadang rambut di area tersebut juga akan kehilangan pigmen.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter bila kulit, rambut atau mata Anda berubah warna. Vitiligo tidak dapat disembuhkan, namun terapi dapat mencegah atau memperlambat proses perubahan dan mengembalikan warna.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab vitiligo?

Penyebabnya tidak diketahui. Vitiligo adalah hasil dari hilangnya sel di kulit yang disebut melanosit yang menghasilkan melanin, pigmen penentu warna rambut. Vitiligo bukan kanker dan tidak menular. Hal ini bisa didapat dari keluarga.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk vitiligo?

Ada banyak faktor risiko untuk vitiligo, yaitu:

  • genetik: vitiligo bisa didapat dari keluarga; orang dengan riwayat keluarga vitiligo, atau jika uban muncul dini sering berisiko lebih tinggi vitiligo
  • faktor risiko penyakit autoimun, seperti tiroiditis Hashimoto autoimun

Tidak memiliki faktor risiko tidak berarti Anda tidak dapat terkena penyakit ini. Faktor ini hanyalah referensi saja. Anda harus konsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih rinci.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk vitiligo?

Terapi dapat berupa kombinasi kosmetik, krim yang diresepkan, dan terapi cahaya khusus.

Vitiligo ringan tidak membutuhkan terapi. Orang dengan area vitiligo kecil dapat terlihat normal dengan kosmetik. Orang berkulit putih dapat mengatasinya dengan menghindari berjemur, atau dengan menggunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih dan menghindari cahaya matahari langsung.

Untuk area vitiligo yang sangat kecil, krim steroid diberikan ke kulit dapat membantu memperbaikinya. Hasil terbaik didapatkan 3-4 bulan. Krim steroid jangan dioleskan pada kelopak mata, ketiak, atau area lipat paha.

Terapi sinar khusus, atau PUVA, terdiri dari pengolesan solutio obat bernama psoralen, diikuti dengan sinar ultraviolet. Psoralen dapat juga dalam bentuk pil. Terapi ini terbaik untuk wajah, leher, batang tubuh, lengan atas, dan kaki atas. Hasil dapat muncul setelah 25-50kali terapi tergantung area yang terlibat. Efek samping utama yaitu luka bakar seperti sengatan matahari yang cukup parah dan melepuh.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk vitiligo

Dokter akan memeriksa kulit untuk membuat diagnosis dan mengambil sampel kulit kecil (biopsi) untuk pemeriksaan dengan mikroskop. Dokter dapat menyarankan untuk berobat ke dokter kulit (dermatologis).

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi vitiligo?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi vitiligo:

  • gunakan sunscreen dengan SPF 15 atau lebih pada area vitiligo
  • hubungi dokter Anda jika gejala baru muncul. Obat untuk vitiligo memiliki efek samping
  • gunakan topi, pakaian lengan panjang, dan celana panjang
  • hubungi dokter Anda jika Anda mengalami kemerahan atau lecet-lecet berat selama terapi

Ingatlah bahwa tidak ada metode repigmentasi yang dapat memberikan kesembuhan permanen dan total.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan