Apa itu perdarahan dalam?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu perdarahan dalam?

Perdarahan dalam adalah perdarahan yang terjadi di dalam jaringan, organ, atau rongga tubuh termasuk kepala, kanal tulang belakang, dada, dan perut. Contoh potensi lokasi perdarahan termasuk mata dan dalam jaringan yang melapisi jantung, otot, dan sendi.

Karena terjadi di dalam tubuh, perdarahan dalam lebih sulit diidentifikasi dibanding perdarahan luar yang menembus kulit. Perdarahan dalam bisa jadi tidak tampak selama berjam-jam setelah dimulai, dan gejala hanya timbul ketika terjadi kehilangan darah yang signifikan atau jika gumpalan darah telah cukup besar untuk menekan organ dan mencegahnya untuk berfungsi dengan baik.

Seberapa umumkah perdarahan dalam?

Menurut beberapa survei terakhir, persentase orang yang mengalami perdarahan dalam meningkat, terutama akibat kecelakaan lalu lintas.

Namun, ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala perdarahan dalam?

Gejala perdarahan dalam tergantung pada di mana perdarahan terletak, seberapa banyak perdarahan telah terjadi, dan struktur dan fungsi dalam tubuh apa yang dipengaruhi.

  • Perdarahan intrakranial dari trauma atau dari aneurisma yang bocor seringkali menyebabkan nyeri, tetapi juga dapat mengakibatkan gejala perubahan fungsi mental. Perdarahan subarachnoid seringkali menyebabkan sakit kepala dan leher kaku.
  • Perdarahan intra-abdominal bisa tersembunyi dan timbul hanya dengan nyeri, tetapi jika ada cukup banyak darah yang hilang, pasien bisa mengeluhkan kelemahan, pening, sesak napas, dan gejala lain dari shock dan penurunan tekanan darah.
  • Darah yang terlihat dalam urin bisa dikarenakan perdarahan dalam di lokasi manapun dalam saluran kemih, dari ginjal hingga kandung kemih. Infeksi kandung kemih seringkali dikaitkan dengan darah dalam urin, tetapi penyebab lain, termasuk kanker ginjal dan kandung kemih, perlu dipertimbangkan berdasarkan gejala tertentu, usia pasien, dan riwayat medis.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan pengobatan awal dapat mencegah memburuknya perdarahan dalam dan mencegah keadaan darurat medis lainnya, jadi konsultasikan pada dokter sesegera mungkin untuk mencegah kondisi ini.

Jika Anda mengalami satupun tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apapun, konsultasikanlah pada dokter. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Selalu lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk keadaan Anda dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab perdarahan dalam?

Perdarahan paling sering terjadi akibat cedera, dan tergantung pada keadaan besar gaya yang diperlukan untuk menyebabkan perdarahan bisa sangat bervariasi. Beberapa orang dapat mengalami perdarahan spontan yang tidak selalu berkaitan dengan cedera ataupun trauma.

  • Trauma tumpul

Kebanyakan orang memahami bahwa jatuh dari ketinggian atau terlibat dalam kecelakaan mobil dapat menimbulkan gaya besar dan trauma pada tubuh. Jika gaya tumpul terlibat, bagian luar tubuh bisa jadi tidak mengalami kerusakan, tetapi cukup tekanan dapat terjadi pada organ-organ dalam untuk menyebabkan cedera dan perdarahan.

  • Trauma deselerasi

Deselerasi dapat menyebabkan organ dalam tubuh bergeser di dalam tubuh. Hal ini dapat menarik pembuluh darah menjauh dari organ dan menyebabkan perdarahan terjadi. Seringkali, ini merupakan mekanisme perdarahan intrakranial seperti hematoma epidural dan subdural dan perdarahan subarachnoid.

  • Patah tulang

Perdarahan dapat terjadi dalam patah tulang. Tulang mengandung sumsum di mana terjadi produksi darah. Tulang memiliki suplai darah yang kaya, dan sejumlah besar darah dapat hilang akibat patah tulang.

  • Perdarahan setelah operasi

Setiap kali dokter bedah membuat sayatan pada tubuh, ada potensi perdarahan langsung atau tertunda. Ketika operasi hampir selesai, dokter bedah mencoba untuk memastikan bahwa semua perdarahan telah dikendalikan. Ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi dan mengikat pembuluh darah dengan jahitan atau menggunakan staples atau klip untuk mempertahankan hemostatis. Obat pembakar dapat digunakan untuk membakar pembuluh darah untuk mencegahnya berdarah. Sedikit perdarahan dapat diharapkan terjadi dalam kebanyakan situasi.

  • Perdarahan spontan

Perdarahan dalam dapat terjadi secara spontan, terutama pada orang-orang yang menggunakan obat-obatan antikoagulasi atau yang mewarisi gangguan perdarahan.

  • Obat-obatan

Perdarahan dalam di saluran pencernaan dapat terjadi sebagai efek dari obat-obatan (paling sering dari NSAID seperti ibuprofen dan aspirin) dan alkohol.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk perdarahan dalam?

Faktor yang dapat meningkatkan risiko perdarahan dalam meliputi:

  • berkendara dengan tidak aman
  • terlibat dalam aktivitas yang dapat mengakibatkan trauma (misalnya, perkelahian)
  • minum terlalu banyak alkohol
  • menggunakan obat antikoagulasi
  • memiliki riwayat gangguan pembekuan darah

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana perdarahan dalam didiagnosis?

Diagnosis perdarahan dalam dimulai dengan mengumpulkan riwayat menyeluruh oleh ahli kesehatan. Ini diikuti dengan pemeriksaan fisik, berkonsentrasi pada area tubuh di mana perdarahan dalam mungkin terjadi. Tes darah dapat dilakukan untuk memeriksa jumlah sel darah merah rendah, atau anemia. Namun, jika perdarahan terjadi dengan cepat, angka hemoglobin awal atau jumlah sel darah merah bisa jadi normal. Kecurigaan perdarahan dalam seringkali akan membutuhkan tes pencitraan untuk mencari sumber perdarahan seperti CT-scan, atau endoskopi, atau kolonoskopi, dll.

Apa saja pengobatan untuk perdarahan dalam?

Rencana pengobatan awal untuk pasien perdarahan dalam dimulai dengan menilai stabilitas pasien dan memastikan bahwa ABC (airway, breathing, circulation) dipertahankan dengan baik. Ini termasuk memastikan:

  • jalan napas pasien terbuka
  • pasien bernapas
  • ada cukup sirkulasi, yang berarti tingkat denyut dan tekanan darah stabil

Pengobatan pasti untuk perdarahan dalam tergantung pada di mana letak perdarahan, keadaan individu, dan stabilitas pasien. Tujuan dasar meliputi mengidentifikasi dan menghentikan sumber perdarahan dan memperbaiki setiap kerusakan yang disebabkan oleh perdarahan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi perdarahan dalam?

Jika telah terjadi perdarahan dalam yang signifikan dan orang tersebut tampak mengalami shock, pelayanan medis darurat harus dihubungi (telepon 118 atau 119 jika bisa). Orang tersebut harus berbaring rata dengan kaki dinaikkan jika dimungkinkan. Namun, jika perdarahan disebabkan oleh trauma, dan ada kemungkinan risiko cedera leher atau tulang belakang, individu tersebut tidak boleh digerakkan (dalam kebanyakan kasus) sampai mereka dievaluasi oleh petugas darurat.

Jika pasien menunjukkan tanda-tanda stroke, pelayanan medis darurat harus dihubungi karena sulit untuk menentukan apakah penurunan fungsi otak disebabkan oleh perdarahan dalam otak atau karena berkurangnya suplai darah akibat penyumbatan pembuluh darah.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 12, 2016 | Terakhir Diedit: Juli 9, 2017

Yang juga perlu Anda baca