Definisi

Apa itu kutil?

Kutil adalah penyakit pada manusia yang disebabkan oleh golongan virus papilloma. Virus ini biasanya menyebabkan penyakit yang berbeda pada bagian tubuh yang berbeda. Kutil biasanya terjadi pada tangan, lengan, dan kaki. Kutil sering terlihat seperti kembang kol kasar yang kecil. Kutil periungual terjadi di sekitar kuku. Kutil datar, pada wajah, lutut, dan siku pada anak dan wanita muda, sedikit timbul dan berwarna seperti daging. Kutil kelamin pada alat kelamin dan area rektum, sering menular lewat hubungan seksual. Kutil plantar pada bawah kaki biasanya ditularkan saat ber telanjang kaki. Kutil filiform kecil seperti helaian rambut.

Gejala kutil, penyebab kutil, dan obat kutil, akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Seberapa umumkah kutil?

Kutil merupakan penyakit yang cukup umum, khususnya pada orang berusia 10-20 tahun. Sebagian besar kutil (mencapai 65%) sembuh sendiri dalam 2 tahun tanpa terapi. Meski begitu, ada kasus di mana kutil kambuh cukup sering dan Anda perlu pergi ke dokter untuk mengobatinya.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kutil?

Kebanyakan kutil hanyalah sebuah pertumbuhan kulit yang tidak menyenangkan. Kadang-kadang kutil terjepit dan berdarah jika kutil terletak pada wajah dan kepala. Kutil plantar dapat menyebabkan nyeri saat melangkah.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Anda tidak yakin apakah pertumbuhan kulit tersebut kutil atau bukan. Jika Anda berusia lebih dari 60 tahun dan tidak pernah memiliki kutil, Anda harus pergi ke dokter untuk memeriksa apakah kondisi kesehatan Anda merupakan kanker kulit atau bukan
  • Terapi di rumah dengan obat tanpa resep tidak efektif setelah 2-3 bulan
  • Kulit tetap muncul bahkan menyebar meskipun Anda sedang menjalani pengobatan
  • Tanda infeksi bakteri muncul, seperti nyeri, bengkak, merah, atau bernanah. Kutil menjadi sangat nyeri dan sebaiknya tidak digerakkan
  • Jika Anda penderita diabetes atau menderita penyakit arteri perifer dan memiliki kutil di kaki
  • Kutil di alat kelamin atau sekitar area anus

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab kutil?

Kutil dapat menular dari satu orang ke orang lain. Menggaruk dan mengorek kutil juga menyebarkan infeksi. Kulit yang lembap karena berendam atau yang sedang ada luka atau digaruk lebih berisiko terinfeksi virus dan membentuk kutil.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kutil?

Ada banyak faktor risiko untuk kutil, yaitu:

  • Usia: anak dan dewasa
  • Orang dengan sistem imun lemah seperti orang dengan HIV / AIDS atau yang menerima transplantasi organ
  • Berjalan dengan kaki telanjang pada permukaan basah, seperti kamar mandi dan ruang ganti umum, atau area berenang
  • Pemakaian handuk, pisau cukur, dan barang pribadi lain secara bersama dengan penderita kutil
  • Menggigit jari atau kutikula
  • Menggunakan kaos kaki ketat menyebabkan kaki berkeringat

Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak dapat terkena penyakit ini. Faktor ini hanyalah referensi saja. Anda harus konsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih rinci.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kutil?

Terapi biasanya berhasil meski tidak selalu, dan tidak semua kutil membutuhkan terapi. Terapi itu sendiri dapat menyebabkan masalah, seperti nyeri, infeksi dan bekas. Kutil yang tidak menyebabkan nyeri tidak membutuhkan terapi. Penyebaran virus harus dihindari, misalnya, dengan memastikan kutil tertutup saat berenang di tempat umum, menggunakan ruang loker atau kamar mandi umum.

Terapi tergantung pada lokasi kutil. Kutil di lengan, tangan, dan kaki dapat diterapi dengan larutan asam salisilat. Larutan ini diberikan pada kutil setiap malam dan setiap pagi sampai kulit mati mengelupas. Kutil kaki dapat diterapi dengan 40% plaster asam salisilat. Kutil datar sering diobati dengan pengelupas kulit menggunakan krim tretinoin atau 5-fluorouracil. Kutil kelamin hampir selalu membutuhkan pemeriksaan dokter pada kedua pasangan. Terapi biasanya menggunakan agen pengelupas.  Jika terapi ini tidak bekerja, dokter Anda dapat memberikan obat yang lebih kuat, seperti krim imiquimod atau asam trikoroasetat.

Terapi lain seperti pembekuan, injeksi kutil dengan obat yang memicu sistem imun, operasi pemotongan kutil, dan membakar kutil dengan laser atau listrik.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kutil

Dokter akan mendiagnosis kutil dengan memeriksa kulit. Jika diagnosis kurang jelas, dokter dapat mengangkat sebagian kecil kutil (biopsi) untuk diperiksa di bawah mikroskop.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutil?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kutil:

  • Cuci tangan Anda setelah memegang kutil untuk menghindari penyebarannya
  • Hubungi dokter Anda jika kutil Anda tidak dapat diobati dengan larutan asam salisilat tanpa resep
  • Hubungi dokter Anda jika kutil Anda tidak membaik setelah beberapa minggu terapi

Selain itu, untuk mencegah kutil, Anda harus:

  • Jangan menggigit kuku Anda. Kutil lebih sering muncul pada kulit yang rusak. Menggigit kulit sekitar kuku membuka pintu bagi virus
  • Jangan mengorek kutil. Mengorek dapat menyebarkan virus
  • Perawatan kulit. Untuk menghindari penyebaran virus, jangan menyikat, memotong atau mencukur area sekitar kutil. Jika Anda harus bercukur, gunakan pisau cukur elektrik
  • Jangan berbagi barang pribadi. Virus dapat ditularkan dari barang pribadi orang dengan kutil
  • Hindari kontak langsung dengan kutil. Termasuk kutil Anda sendiri
  • Cuci tangan Anda setelah menyentuh kutil atau permukaan seperti peralatan olahraga umum
  • Jaga kebersihan dan kekeringan kaki Anda. Gantilah sepatu dan kaos kaki Anda per hari
  • Gunakan sepatu atau sandal di tempat yang umum dengan paparan virus penyebab kutil, seperti sekitar kolam renang atau kamar mandi tempat olahraga.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016