Definisi

Apa itu flu burung?

Flu burung adalah infeksi virus yang menyebar diantara unggas, namun bisa juga menulari manusia. Pada burung, sebagian besar yang terinfeksi akan meninggal akibat penyakit tersebut. Beberapa jenis flu burung hanya terbatas pada burung, tetapi sayangnya, beberapa dapat mempengaruhi manusia dan hewan lainnya, menyebabkan sejumlah besar kematian. Contoh jenis ini adalah H5N1 dan H7N9.

Unggas yang terinfeksi mungkin sangat sulit untuk disadari oleh mata manusia karena burung tidak selalu tampak sakit akibat infeksi ini, bahkan beberapa masih tampak sehat.

Seberapa umumkah flu burung?

Manusia dapat terkena flu burung dengan melakukan kontak pada unggas yang terinfeksi atau kotoran burung. Ini berarti semua orang di usia dan jenis kelamin apa pun memiliki risiko terkena flu burung. Sejak kasus pertama pada manusia di tahun 1997, H5N1 telah menewaskan hampir 60% dari orang-orang yang terinfeksi.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala flu burung?

Jika Anda memiliki beberapa gejala di bawah ini, Anda harus waspada dalam hal ini mungkin Anda menderita flu burung.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Karena gejala flu burung mirip dengan jenis flu biasanya, orang biasanya salah paham tentang kondisi ini, yang menyebabkan mereka terlambat untuk diobati.

Penyebab

Apa penyebab flu burung?

Flu burung terjadi secara alami pada unggas air liar, dan dapat menyebar dengan cepat ke unggas domestik. Penyakit ini ditularkan ke manusia ketika mereka melakukan kontak dengan kotoran dari burung yang terinfeksi, sekresi hidung, atau sekresi dari mulut atau mata.

Memasak unggas atau telur dari burung yang terinfeksi dengan benar tidak menularkan flu burung, tapi telur tidak boleh disajikan setengah matang. Daging dianggap aman jika telah dimasak dengan suhu internal 80-90˚C. Untuk memastikan keamanan, Anda sebaiknya menggunakan daging dan telur yang sudah diuji.

Virus H5N1 dapat bertahan untuk waktu yang lama. Burung terinfeksi H5N1 terus melepaskan virus dalam kotoran dan air liur selama 10 hari.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk flu burung?

Ada banyak faktor risiko untuk terkena flu burung, terutama jika Anda:

  • Memelihara unggas
  • Bepergian ke daerah yang terinfeksi flu burung
  • Melakukan kontak dengan burung yang terinfeksi
  • Makan unggas atau telur yang belum matang
  • Merawat pasien yang terinfeksi
  • Tinggal dengan orang yang terinfeksi

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana flu burung didiagnosis?

Tes untuk flu burung disebut influenza A/H5 virus real-time RT-PCR primer and probe set. Tes ini meliputi langkah-langkah berikut:

  • Auskultasi (tes yang mendeteksi napas normal terdengar)
  • Hitung jenis sel darah putih
  • Kultur nasofaring
  • Sinar-X dada

Apa saja pengobatan untuk flu burung?

Obat harus diberikan dalam waktu 48 jam setelah gejala pertama muncul untuk mendapatkan hasil terbaik. Karena ada beberapa jenis flu burung, perawatan juga bervariasi tergantung pada gejala yang Anda miliki. Obat-obat yang paling umum untuk flu burung adalah oseltamivir (Tamiflu) atau zanamivir (Relenza). Pasien harus berada di bawah pengamatan dokter selama perawatan.

Keluarga atau orang lain dalam kontak dekat dengan Anda mungkin juga akan diresepkan antivirus sebagai tindakan pencegahan, bahkan jika mereka tidak memiliki gejala. Anda akan ditempatkan di isolasi untuk menghindari penyebaran virus kepada orang lain.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi flu burung?

Untuk meminimalkan risiko infeksi, Anda harus menghindari:

  • Melakukan kontak dengan unggas yang terinfeksi.
  • Mengkonsumsi unggas dan telur yang belum matang.
  • Membeli daging dari pasar terbuka.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 6, 2017 | Terakhir Diedit: April 6, 2017