Bolehkah Pakai Body Lotion untuk Melembapkan Wajah?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Body lotion adalah satu perawatan kulit yang penting untuk digunakan sehari-hari. Selain membuat kulit terasa lebih lembut dan halus, menghirup aromanya yang beraneka ragam juga bisa membuat rileks. Namun ketika pelembap wajah sudah habis, bolehkah pakai body lotion di muka untuk saat darurat seperti ini? Toh, sama-sama dipakai di kulit badan, ‘kan? Eits… Tunggu dulu.

Kulit wajah tidak sama dengan kulit di tubuh

Meski sama-sama membalut satu tubuh, karakteristik kulit badan dan kulit wajah sangat berbeda. Lapisan kulit wajah jauh lebih tipis dan lebih banyak mengandung kelenjar minyak daripada kulit di bagian tangan, perut, atau kaki. Kulit wajah juga terdiri dari folikel rambut yang lebih banyak daripada di area tubuh lainnya.

Ini artinya, kulit di sekitar wajah cenderung lebih sensitif ketimbang bagian tubuh lain. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati ketika memilih produk perawatan kulit wajah. Jika tidak, kulit wajah Anda justru jadi bermasalah.

Tidak boleh pakai body lotion di wajah

Kulit wajah jauh lebih tipis dan sensitif daripada kulit bagian lagi di sekujur tubuh Anda. Maka tidak heran jika body lotion tidak dianjurkan dipakai di wajah. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya tidak dibuat untuk kulit wajah.

Body lotion mengandung formula yang cenderung lebih berat dan berminyak untuk melembapkan kulit tubuh yang cenderung tebal dan kering. Tak hanya itu. Kebanyakan body lotion yang beredar di pasaran juga ditambahkan pewarna dan pewangi yang bisa memicu iritasi jika digunakan pada kulit wajah. Jika dipakai pada kulit wajah yang teksturnya tipis, bukan tidak mungkin akan memicu terjadinya breakout alias panen jerawat.

Pemakaian produk yang tidak sesuai dengan kulit wajah juga dapat menyebabkan timbulnya komedo, kemerahan, kulit kering dan mengelupas, bahkan muncul bintik-bintik pada kulit.

Jadi, body lotion tidak boleh dipakai di wajah. Apalagi jika jenis kulit Anda memang sudah sensitif atau rentan berjerawat. Produk skincare untuk wajah haruslah yang berbahan lembut dan ringan sehingga dapat merawatnya dengan lebih baik.

Sudah memang seharusnya kulit wajah Anda diperlakukan berbeda dari kulit lainnya di seluruh tubuh, kan?

Panduan memilih pelembap untuk kulit wajah

Pelembap wajah merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan setiap hari. Mengapa begitu? Pelembap wajah berfungsi sebagai pelindung bagi kulit, agar kulit wajah Anda tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

Namun, bagaimana cara memilih pelembab yang sehat untuk kulit, dan tidak akan malah menimbulkan masalah? Berikut panduan lengkapnya:

  • Sesuaikan dengan jenis kulit. Anda harus mengenal jenis kulit Anda terlebih dulu untuk memastikan bahwa pelembab yang Anda gunakan memang sesuai dengan kebutuhan.
  • Perhatikan bahan yang terkandung di dalamnya. Langkah selanjutnya adalah membaca baik-baik label pada kemasan produk Anda. Pelembab yang baik adalah pelembab yang dapat melindungi kulit dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Cari juga produk pelembap yang tidak mengandung pewangi dan pewarna, serta bersifat non-comedogenic dan non-allergenic.
  • Pakai pelembap dengan benar. Selalu pakai pelembab Anda setelah wajah Anda dalam keadaan bersih. Setelah itu, segera totol-totolkan pelembap di seluruh wajah dan ratakan. Jangan lupakan daerah leher juga harus dioleskan pelembap. Tepuk-tepuk wajah secara perlahan agar pelembap dapat menyerap sempurna ke lapisan kulit.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Memilih Sabun Pembersih Muka Terbaik Sesuai Jenis Kulit

Sabun muka banyak jenisnya. Akan tetapi, Anda perlu mencari tahu pembersih wajah yang cocok dengan tipe kulit Anda. Begini penjelasannya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa, Benarkah?

Selain dijadikan pengganti susu sapi, susu kambing juga diolah menjadi sabun. Sabun susu kambing menyimpan segudang manfaat. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Hidradenitis Suppurativa

Hidradenitis suppurativa adalah sebuah penyakit kronis (kambuhan) menyerang kulit bagian folikel rambut dan kelenjar keringat. Apa obatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Benarkah Suntik Putih Ampuh dan Aman untuk Mencerahkan Kulit?

Selain krim dan losion pemutih, ada satu tren dunia kecantikan yang diklaim bisa mencegah keriput dan memutihkan kulit dengan instan: suntik putih.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 17 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit



Direkomendasikan untuk Anda

urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
es batu untuk wajah

4 Cara Memanfaatkan Es Batu Untuk Wajah Lebih Cerah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
heloma

Heloma

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit