backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan
Konten

Bolehkah Pakai Body Lotion untuk Melembapkan Wajah?

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 12/09/2023

Bolehkah Pakai Body Lotion untuk Melembapkan Wajah?

Body lotion dan pelembap wajah memang sama-sama membantu melembapkan kulit. Namun, bolehkah pakai body lotion di wajah? Simak jawabannya berikut ini. 

Apakah body lotion atau hand body bisa untuk wajah?

Body lotion atau handbody tidak bisa digunakan di wajah. Hal ini karena struktur kulit badan dan kulit wajah sangatlah berbeda.

Lapisan kulit wajah jauh lebih tipis dan lebih banyak mengandung kelenjar minyak daripada kulit di bagian tangan, perut, atau kaki. 

Kulit wajah juga terdiri dari folikel rambut yang lebih banyak daripada di area tubuh lainnya. Ini artinya, kulit di sekitar wajah cenderung lebih sensitif ketimbang bagian tubuh lain. 

Oleh sebab itu, Anda tidak bisa sembarangan memilih produk perawatan wajah, terlebih lagi menggunakan body lotion untuk wajah.

Body lotion dan pelembab wajah atau face cream memang memiliki kegunaan yang sama, yakni untuk membantu mengatasi kulit kering.

Namun, formula body lotion umumnya lebih berat, sehingga tidak cocok untuk kulit wajah yang tipis dan sensitif. 

Efek samping menggunakan body lotion untuk wajah

iritasi kulit wajah

Menggunakan body lotion di wajah juga dapat berpotensi menimbulkan efek samping berupa reaksi alergi. 

Mengutip situs FDA, salah satu pemicu alergi kosmetik yang berasal dari losion, cream atau make-up adalah kandungan fragrance alias pewangi.

Produk losion umumnya menggunakan fragrance untuk membuat kulit menjadi wangi dan segar. 

Jika dipakai pada kulit wajah yang teksturnya tipis, bukan tidak mungkin akan memicu terjadinya reaksi alergi kosmetik, seperti gatal, kemerahan, hingga iritasi kulit.

Pada kasus yang parah, bahan pewangi dapat terhirup dan menimbulkan keluhan pernapasan pada penderita asma, rinitis alergi, dan infeksi saluran pernapasan.

Cara perawatan dengan body lotion yang benar

Untuk mendapatkan manfaat dari body lotion, tentu Anda perlu mengetahui cara perawatan yang tepat. Simak beberapa cara menggunakan body lotion berikut ini.

1. Memilih produk yang tepat

Pilihlah produk yang tepat sesuai dengan jenis kulit dan produk skincare yang digunakan. Jangan menggunakan body lotion untuk wajah maupun sebaliknya.

Pasalnya, perawatan kulit mungkin akan kurang maksimal jika Anda menggunakan produk yang tidak cocok dengan tipe kulit Anda. 

Pastikan juga untuk membaca kandungan bahannya. Cari produk pelembap yang tidak mengandung pewarna dan bersifat non-comedogenic atau non-allergenic.

2. Pastikan kulit dalam keadaan bersih

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan losion saat kulit basah setelah mandi atau saat kulit dalam keadaan bersih dan terhindar dari kotoran dan debu.

Pasalnya, kotoran dan debu yang menempel di kulit dapat menyumbat pori-pori dan menghambat penyerapan produk skincare, sehingga body lotion tidak dapat bekerja secara sempurna.

3. Aplikasikan secara merata ke seluruh tubuh

Oleskan pelembab ke seluruh tubuh secara merata, mulai dari telapak tangan, leher, hingga kaki. 

Cara pakai pelembap yang benar adalah dengan memijat-mijat kulit. Hal ini berguna untuk membantu body lotion menyerap sempurna ke seluruh lapisan kulit.

4. Oleskan secukupnya

Hindari mengoleskan body lotion secara berlebihan. Pasalnya, hal ini bukan cara yang tepat untuk mengatasi kulit kering.

Pelembap yang dioleskan secara berlebihan hanya akan menumpuk di permukaan kulit. Oleh karena itu, oleskan secukupnya saja ke seluruh area tubuh. 

5. Gunakan body lotion 1 – 3 kali sehari

Studi dalam jurnal Clinical Medicine Research mengungkapkan bahwa waktu yang tepat untuk menggunakan body lotion atau pelembap umumnya bervariasi tergantung jenis kulit.

Pada dasarnya, setelah 8 jam, hanya 50% pelembap yang tersisa di permukaan kulit.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengoleskan body lotion paling tidak 1 – 3 kali sehari pada pagi hari, siang hari, dan malam sebelum tidur.

Sebaiknya, hindari menggunakan body lotion sebagai pengganti pelembab wajah.

Jika pelembap wajah habis, gunakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah, seperti timun atau lidah buaya untuk perawatan wajah Anda.

Kesimpulan


Struktur lapisan kulit wajah dan tubuh berbeda, jadi sebaiknya hindari untuk menggunakan body lotion untuk wajah. Jika muncul reaksi alergi, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 12/09/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan