backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

5 Manfaat Kencur untuk Wajah dan Tips Menggunakannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 27/11/2023

    5 Manfaat Kencur untuk Wajah dan Tips Menggunakannya

    Kencur (Kaempferia galanga) merupakan rempah yang memiliki cita rasa kuat dan sering diolah menjadi jamu atau untuk memasak. Di samping itu, kencur ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Penasaran, apa saja manfaat kencur untuk perawatan wajah? Pelajari lebih lengkapnya berikut ini.

    Manfaat kencur untuk kulit dan wajah

    Kencur memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang dapat membantu merawat kulit wajah. Berikut beberapa manfaat kencur untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui.

    1. Mengobati jerawat

    Khasiat kencur untuk kulit yang pertama adalah mengobati jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada siapa saja. Kondisi kulit ini umumnya disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih atau bakteri. 

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Research Journal Medicinal Plant melakukan penelitian dengan menggunakan ekstrak rimpang kencur untuk mengetahui efektivitas kencur terhadap jerawat.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa rimpang kencur dapat membantu mengobati jerawat karena memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acnes tanpa menimbulkan efek samping.  

    2. Mencegah munculnya tanda penuaan kulit

    penuaan mata

    Salah satu manfaat daun kencur untuk kulit wajah adalah membantu mencegah munculnya tanda penuaan kulit. Hal ini berkat sifat antioksidan yang dimilikinya.

    Paparan radikal bebas yang berlebihan dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan membuat elastisitas kulit berkurang.

    Hal ini dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan kulit, seperti garis halus dan keriput. Antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari bahaya paparan radikal bebas yang merusak struktur kulit. 

    3. Mencerahkan kulit

    Selain mencegah munculnya tanda penuaan kulit, manfaat masker kencur untuk kulit selanjutnya adalah mencerahkan kulit wajah.

    Sebuah studi dalam jurnal Phytotherapy Research mengungkapkan bahwa kandungan ethyl p-methoxycinnamate di dalam kencur dapat membantu mengurangi produksi melanin pada sel melanoma.

    Melanin merupakan zat pigmen warna yang berperan dalam memberikan warna pada mata, rambut, serta kulit. 

    Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat bagaimana manfaat kencur untuk wajah karena saat ini uji coba baru dilakukan di laboratorium. 

    4. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

    Paparan sinar matahari atau sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti kulit terbakar, kanker, atau reaksi alergi.

    Sebuah studi dalam jurnal Gels melakukan penelitian menggunakan gel yang berasal dari ekstrak akar kencur untuk mengetahui efektivitas penggunaanya dalam melindungi kulit.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gel rimpang kencur dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan meredakan peradangan. 

    Peneliti juga menyebutkan bahwa ekstrak kencur dapat berpotensi untuk dijadikan bahan bahan alami dalam pembuatan tabir surya

    5. Mempercepat proses penyembuhan luka

    Di Thailand, akar kencur banyak digunakan sebagai obat anti-peradangan dan obat luka. Hal ini karena senyawa bioaktif di dalam kencur diketahui mampu untuk menyembuhkan luka. 

    Studi dalam Journal of Ethnopharmacology mengungkapkan bahwa gel yang berasal dari ekstrak akar kencur memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada luka.

    Selain itu, kencur dapat membantu mendorong pembentukan kolagen yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. 

    Tidak hanya itu, rempah herbal ini juga dapat melindungi kulit dari stres oksidatif yang dapat memperlambat proses penyembuhan luka

    Tips menggunakan kencur untuk wajah

    ramuan kencur dengan manfaat untuk kulit

    Untuk mendapatkan manfaat kencur, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jamu atau mengolahnya menjadi masker wajah.

    Cara mengolahnya pun tidak sulit, Anda hanya perlu menumbuk halus beberapa buah kencur dan larutkan dengan air hangat. Kemudian, aplikasikan ke kulit untuk membantu merawat kulit wajah.

    Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan mengenai reaksi efek samping kencur untuk wajah. Meskipun begitu, beberapa orang mungkin dapat mengalami reaksi alergi, seperti gatal-gatal, iritasi, dan kemerahan. 

    Oleh sebab itu, jika muncul tanda kemerahan, gatal, atau bengkak di kulit setelah menggunakan masker alami dari kencur, segera hentikan penggunaan. 

    Anda perlu segera memeriksakan diri kepada dokter jika reaksi alergi terus berlanjut menyebabkan masalah kulit yang serius.

    Ringkasan


    • Kencur merupakan rempah herbal yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit wajah.. 
    • Rempah ini diketahui dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari, mencerahkan kulit, mencegah penuaan, mengobati jerawat, hingga mempercepat penyembuhan luka. 
    • Anda bisa mengonsumsi jamu kencur atau mengolah kencur menjadi masker untuk mendapatkan manfaat bagi kulit dan wajah.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 27/11/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan