7 Cara Putihkan Ketiak yang Hitam dengan Bahan Alami di Rumah

    7 Cara Putihkan Ketiak yang Hitam dengan Bahan Alami di Rumah

    Ketiak hitam bukanlah pertanda dari kondisi medis tertentu. Namun, bagi kebanyakan orang, mempunyai kulit ketiak hitam dapat menjadi masalah yang mengganggu. Inilah mengapa tak sedikit orang berusaha mencari cara memutihkan ketiak, baik dengan produk kimia maupun bahan alami.

    Bahan-bahan alami khususnya, memiliki keunggulan karena aman digunakan pada kulit ketiak yang cenderung sensitif. Anda juga bisa mencari dan mengolah bahan-bahan ini sendiri dengan beberapa cara sederhana.

    Cara memutihkan ketiak dengan bahan alami

    mengatasi ketiak hitam

    Di bawah ini beberapa tips perawatan untuk mencerahkan kulit ketiak yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

    1. Eksfoliasi

    Penumpukan sel kulit mati lama-kelamaan dapat menyebabkan perubahan warna pada ketiak Anda. Untuk mengatasinya, gunakanlah scrub dan lulur alami untuk mengangkat kulit kusam akibat sel-sel kulit mati.

    Scrub alami aman untuk digunakan pada area tubuh yang sensitif, termasuk ketiak. Saat menggunakan scrub, gosoklah area ketiak secara perlahan. Jangan menggosok kulit dengan keras untuk menghindari iritasi kulit dan pembengkakan.

    Ada berbagai bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan ketiak dengan cara ini. Berikut beberapa contohnya.

    • Air perasan lemon dan gula pasir.
    • Campuran gula pasir dan garam.
    • Sari buah lemon dan bubuk kunyit.
    • Brown sugar dan minyak zaitun.
    • Madu, sari buah lemon, dan bubuk kacang.
    • Gel dan ekstrak lidah buaya.
    • Baking powder dan cuka apel.
    • 2. Menggosokkan kentang atau membuat sari kentang

    2. Menggosokkan kentang

    Kentang memiliki tingkat keasaman yang cocok untuk mencerahkan kulit. Sari kentang juga merupakan pemutih yang tidak berisiko menimbulkan iritasi apabila dibandingkan dengan produk pemutih lainnya. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

    Iris kentang seukuran genggaman tangan dan gosokkan langsung pada ketiak Anda. Anda juga dapat mengolah sari kentang menjadi masker, lalu oleskan pada ketiak selama 10 menit sebelum dibilas hingga bersih. Lakukan sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

    3. Mengoleskan sari buah lemon

    Satu lagi cara memutihkan ketiak dengan bahan alami yang cukup populer yakni menggunakan sari buah lemon. Buah ini tak hanya mengandung bahan pemutih alami, tapi juga kaya akan zat antiseptik sehingga sering digunakan untuk kulit.

    Ambil beberapa iris buah lemon dan peras sarinya. Campurkan dengan satu sendok teh gula pasir, lalu oleskan secara langsung pada ketiak Anda. Setelah beberapa menit, bilas ketiak Anda dan keringkan. Ulangi sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

    4. Membuat masker mentimun

    Anda mungkin sudah mengetahui manfaat mentimun untuk atasi mata panda, tapi tahukah Anda bahwa sayuran ini juga membantu memutihkan ketiak? Caranya mudah, yakni cukup potong sebuah mentimun dan oleskan pada ketiak Anda.

    Diamkan ketiak Anda selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Seperti kentang, mentimun memiliki keasaman yang sesuai untuk mencerahkan ketiak. Jadi, tidak heran bila banyak orang memutihkan ketiak dengan cara memanfaatkan bahan alami ini.

    5. Membuat masker baking soda

    Baking soda bekerja sebagai bahan pemutih ketiak untuk perawatan sederhana di rumah. Bahkan, tidak jarang orang-orang menggunakan baking soda untuk mencerahkan lutut yang menghitam.

    Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk menghasilkan masker kental, lalu oleskan pada ketiak. Selain itu, Anda pun bisa mengencerkan baking soda, lalu mengoleskannya pada ketiak selama beberapa menit sebelum dibilas.

    6. Eksfoliasi dengan kulit jeruk

    makan kulit jeruk

    Seperti halnya lemon, jeruk mengandung bahan pemutih dan eksfoliator alami yang membantu mencerahkan kulit kusam. Jika Anda ingin memutihkan ketiak dengan cara menggunakan bahan ini, cukup siapkan kulit jeruk yang sudah dijemur hingga kering.

    Blender kulit jeruk hingga menghasilkan bubuk yang halus, lalu campurkan dengan air mawar hingga membentuk pasta. Putihkan ketiak Anda dengan mengoleskannya pasta tersebut secara langsung. Lalu, bilas ketiak Anda dengan air hangat dan keringkan.

    7. Mengoleskan minyak zaitun

    Vitamin E dalam minyak zaitun cocok untuk memutihkan kulit kusam. Oleskan minyak pada kulit ketiak dan pijat merata selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan setiap hari untuk kulit ketiak yang tampak lebih halus dan cerah.

    Selain itu, Anda pun bisa mencampur minyak zaitun dengan gula pasir. Minyak zaitun murni (extra virgin olive oil) akan berfungsi sebagai eksfoliator alami yang membantu proses pemutihan kulit ketiak.

    Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kulit ketiak hitam. Namun, ada pula banyak cara untuk memutihkan kulit ketiak, salah satunya dengan menggunakan bahan alami.

    Bahan-bahan ini mungkin tidak memberikan hasil yang cepat, tetapi Anda bisa melihat perubahan pada ketiak bila menggunakannya secara rutin. Akan tetapi, segera hentikan penggunaan bahan bila terjadi reaksi iritasi seperti bengkak dan kemerahan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    8 Shocking Things It Can Mean If You Have Dark Armpits | The Department of Dermatology. (2019). Retrieved 21 June 2021, from https://smhs.gwu.edu/dermatology/news/8-shocking-things-it-can-mean-if-you-have-dark-armpits

    Acanthosis nigricans – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 21 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acanthosis-nigricans/diagnosis-treatment/drc-20368987

    5 Of The Easiest Ways To Lighten Dark Underarms | BlackDoctor.org – Where Wellness & Culture Connect. (2014). Retrieved 21 June 2021, from https://blackdoctor.org/how-to-lighten-dark-underarms/

    Acanthosis Nigricans (for Teens) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 21 June 2021, from https://kidshealth.org/en/teens/acanthosis.html

    How to Lighten Underarms. (2021). Retrieved 21 June 2021, from https://www.healthline.com/health/underarm-lightening#causes

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui Jun 21, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro