home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Cantengan yang Sudah Sembuh Bisa Kambuh Lagi?

Kenapa Cantengan yang Sudah Sembuh Bisa Kambuh Lagi?

Cantengan atau ingrown nails alias kuku tumbuh ke dalam, adalah salah satu masalah kuku yang sering dikeluhkan banyak orang. Cantengan terjadi ketika kuku kaki atau tangan memiliki ujung yang tajam dan tumbuh ke dalam daging jari tangan atau kaki. Cantengan lebih sering terjadi pada kuku kaki. Meskipun cantengan bisa disembuhkan, beberapa orang mengalami cantengan yang berulang kali seperti langganan. Lantas, apa yang menyebabkan cantengan bisa kambuh lagi?

Cantengan bisa kambuh lagi

Cantengan yang muncul kembali sering menyakitkan dan menganggu aktivitas sehari-hari Anda. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kuku jari tumbuh ke dalam. Dengan menghilangkan kemungkinan penyebab dan mendapatkan perawatan yang tepat, Anda dapat mencegah cantengan kambuh.

Umumnya, cantengan bisa kambuh karena tidak mendapatkan perawatan medis yang tepat. Misalnya Anda mencoba-coba sendiri mengobati cantengan di rumah. Mungkin ini akan sembuh sementara, tapi berisiko muncul lagi.

Selain itu, cantengan bisa kambuh jika Anda tidak menjaga kebersihan kuku dan tidak memotong kuku dengan benar. Jaga kaki Anda tetap bersih dan kering. Juga, jangan memotong kuku kaki kependekan.

Cantengan bisa kambuh kembali juga karena melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu munculnya cantengan, seperti menggunakan sepatu yang tidak pas (kesempitan). Cedera seperti kaki terbentur kaki meja atau terjepit pintu, juga bisa menyebabkan cantengan kambuh. Ukuran dan bentuk kuku jari kaki Anda juga dapat menyebabkan kuku yang tumbuh ke dalam untuk yang kesekian kalinya.

Apa yang harus dilakukan jika cantengan kambuh?

Jika Anda menyadari cantengan muncul kembali, segera obati untuk mencegah infeksi dan kerusakan yang lebih parah. Perawatan di rumah termasuk merendam kaki dalam air hangat dua hingga tiga kali sehari selama 20 menit dan memakai sandal atau sepatu yang terbuka di bagian depan sampai kuku kaki lebih baik.

Pastikan juga kaki tetap kering saat tidak sedang berendam. Selain itu, jika cantengan ini muncul karena sepatu yang kesempitan, Anda harus ganti sepatu yang lebih pas dan nyaman untuk kaki. Anda juga sebaiknya menggunakan sandal yang terbuka di bagian depan selama cantengan Anda kambuh.

Jika dalam 2-3 hari perawatan di rumah tidak bisa mengobati cantengan Anda, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Dokter akan mengevaluasi dan mengobati jari kuku yang masuk ke dalam dan juga akan merekomendasikan cara-cara yang tepat untuk mencegah cantengan kambuh lagi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why Does My Ingrown Toenail Keep Coming Back? https://www.triadfoot.com/2012/06/05/why-does-my-ingrown-toenail-keep-coming-back/ diakses 13 November 2018.

Ingrown Toenail https://kidshealth.org/en/teens/ingrown.html diakses 13 November 2018.

How You Can Prevent and Treat Painful Ingrown Toenails https://health.clevelandclinic.org/how-you-can-prevent-and-treat-painful-ingrown-toenails/ diakses 13 November 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 26/11/2018
x