home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Bahan Alami Andalan yang Bisa Atasi Kulit Perih Akibat Sunburn

5 Bahan Alami Andalan yang Bisa Atasi Kulit Perih Akibat Sunburn

Terlalu lama terkena sinar matahari, bisa menyebabkan kulit terbakar (sunburn). Kondisi ini membuat kulit jadi kemerahan dan terasa sakit. Bahkan, jika sudah parah, kulit bisa saja bengkak dan melepuh. Bukan cuma bikin Anda tidak nyaman beraktivitas, kondisi ini juga mengganggu penampilan Anda. Jangan khawatir, begini cara mengatasi kulit terbakar matahari dengan bahan alami.

Andalkan 5 bahan alami sebagai cara mengatasi kulit terbakar matahari

Setelah terbakar, butuh beberapa hari bagi kulit untuk pulih. Kulit yang terbakar akan mulai mengelupas dalam beberapa hari disusul rasa gatal. Kemudian, sel-sel kulit yang rusak akibat sinar matahari akan digantikan dengan sel kulit baru yang sehat.

Supaya proses penyembuhannya lebih cepat, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami berikut pada kulit Anda, di antaranya:

1. Oatmeal koloid

mandi oatmeal

Oatmeal tidak hanya enak dimakan, tapi olesan campuran oatmeal ini dapat jadi cara mengatasi kulit terbakar matahari. Salah satu jenisnya, yaitu oatmeal koloid dapat menenangkan kulit dari rasa perih dan gatal dan mengurangi peradangan.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur oat dengan air dingin. Kemudian, rendam tubuh Anda dalam campuran oat tersebut selama 15 hingga 20 menit. Lalu, bersihkan sisa oatmeal yang menempel di kulit dan keringkan tubuh dengan handuk.

2. Soda kue

natrium bikarbonat

Sama seperti oatmeal, soda kue juga dapat menenangkan kulit yang meradang, gatal, dan terbakar. Anda bisa menggunakan bahan ini dengan oat secara bersamaan, supaya efeknya lebih maksimal.

Caranya, campurkan 1 cangkir kecil soda kue, 1 cangkir susu evaporasi, 2 sampai 4 cangkir oat koloid tumbuk halus dan air dingin. Aduk hingga rata dan rendam tubuh Anda selama 20 menit.

3. lidah buaya

manfaat lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal manfaatnya untuk kesehatan kulit, salah satunya mengatasi kulit terbakar matahari. Tanaman ini mengandung glikoprotein yang bisa mempercepat penyembuhan kulit dari peradangan.

Namun, kali ini coba gunakan daging buah lidah buaya yang masih segar, bukan gel lidah buaya kemasan. Cara mengatasi kulit terbakar matahari yang satu ini dirasa lebih ampuh dan aman, karena lidah buaya segar tidak mengandung alkohol dan pewangi tambahan.

Sebelum digunakan, cuci lidah buaya hingga bersih. Potong menjadi beberapa bagian dan langsung tempelkan pada kulit yang terbakar. Sensasi dingin dari lidah buaya akan meringankan rasa perih di kulit.

4. Cuka apel dan cuka putih

khasiat cuka apel

Sari cuka apel dan cuka putih mengandung asam asetat, salah satu komponen aspirin yang dapat meringankan rasa sakit akibat tersengat sinar matahari.

Caranya, campurkan 1 cangkir kecil cuka apel dengan air dingin atau 1 cangkir cuka putih dengan air hangat. Kemudian, rendam handuk ke dalamnya dan oleskan pada bagian kulit yang terbakar. Bisa juga digunakan untuk berendam selama 20 menit.

5. Yogurt dan timun

Kandungan antioksidan pada timun, bisa memberikan sensasi dingin dan meredakan rasa perih. Maka itu, menggunakan potongan timun adalah cara mengatasi kulit terbakar matahari yang cukup mudah. Anda hanya perlu menyimpan beberapa potong mentimun di kulkas, kemudian tumbuk hingga halus. Selanjutnya, oleskan tumbukan timun tersebut pada kulit yang terbakar.

Sama seperti timun, yogurt plain yang disimpan dikulkas juga memberikan sensasi dingin pada kulit. Tidak perlu ditambahkan apa pun, langsung oleskan yogurt pada kulit yang terbakar supaya rasa panas terbakar menghilang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

17 Home Remedies for Sunburn That Will Heal Your Skin Fast. https://www.prevention.com/beauty/a20513758/natural-sunburn-cures/. Accessed on February 11th, 2019.

Home Remedies for Sunburn: 11 Treatments to Feel Better Fast. https://www.rd.com/health/beauty/home-remedies-for-sunburn/. Accessed on February 11th, 2019.

Sunburn. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/sunburn#1. Accessed on February 11th, 2019.

30 Sunburn Natural and Home Remedies for Severe Sunburns. https://www.medicinenet.com/natural_home_remedies_for_sunburn_treatment/article.htm#over_the_counter_otc_medicine_for_sunburn_pain_relief. Accessed on February 11th, 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 14/02/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x