backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Bolehkah Makan Buah Naga untuk Masalah Asam Lambung?

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

    Bolehkah Makan Buah Naga untuk Masalah Asam Lambung?

    Ketika asam lambung sedang kambuh, sebaiknya Anda mengonsumsi asupan yang tidak memicu peningkatan produksi asam lambung, seperti sayuran dan buah rendah asam. Lantas, apakah boleh makan buah naga saat mengalami maag atau gangguan asam lambung?

    Apakah buah naga aman untuk asam lambung?

    Buah naga aman dikonsumsi untuk lambung, tapi jumlahnya tidak boleh berlebihan dan harus dikonsumsi setelah makan.

    Meskipun belum ada penelitian yang menyebutkan secara spesifik bahwa buah naga dapat meredakan gejala asam lambung, buah berwarna merah ini tinggi akan serat.

    Serat dapat membantu memperbaiki masalah pencernaan dan mengurangi gejala asam lambung. 

    Salah satu penelitian dalam jurnal World Journal of Gastroenterology menjelaskan makanan berserat dapat mengurangi asam lambung, dan menurunkan potensi kerusakan lambung.

    Namun, buah dengan rasa manis ini sebenarnya mengandung sedikit asam. Jadi, sebaiknya konsumsi buah naga setelah makan sebagai makanan penutup. 

    Makanan asam tidak disarankan dikonsumsi orang dengan masalah asam lambung ketika perut kosong. Pasalnya, makanan asam bisa membuat asam lambung naik dan melukai dinding lambung.

    Selain karena kandungan serat, air, dan antioksidannya, berikut ini manfaat buah naga untuk lambung.

    1. Bersifat alkali

    Manfaat buah naga untuk ibu hamil

    Meskipun buah berwarna merah ini memiliki rasa yang agak manis, setelah dicerna, buah ini menghasilkan residu alkali dalam tubuh. 

    Residu alkali ini dapat membantu menetralkan kelebihan asam lambung yang dapat menyebabkan gejala seperti sensasi terbakar di dada (heartburn), mulas, mual, dan diare.

    2. Rendah kalori

    Manfaat buah naga untuk lambung lainnya yaitu karena buah merah ini rendah kalori.

    Makanan rendah kalori cenderung lebih mudah dicerna oleh tubuh, mengurangi tekanan pada sistem pencernaan, dan mengurangi refluks asam. 

    Buah merah yang rendah kalori ini juga tidak merangsang produksi asam lambung yang berlebihan sehingga tidak akan memperburuk gejalanya.

    3. Mengandung air tinggi

    Kandungan air yang tinggi dalam buah naga dapat membantu mendinginkan perut dan mengurangi sensasi terbakar (heartburn) yang sering terkait dengan masalah pada lambung.

    Selain itu, mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti buah naga dapat membantu menyeimbangkan pH lambung dan mengurangi gejala asam lambung.

    4. Memiliki sifat antiradang

    Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan pada dinding lambung.

    Nah, buah naga memiliki senyawa yang bersifat antiradang sehingga membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala asam lambung.

    Sifat antiradang pada buah merah ini juga melindungi lapisan mukosa lambung dari kerusakan akibat asam pada lambung berlebihan.

    Ini membantu mencegah terjadinya tukak lambung atau luka pada dinding lambung.

    Apakah buah naga bagus untuk penderita asam lambung?

    Buah naga aman untuk lambung asal jumlahnya tidak berlebihan dan tidak dikonsumsi dalam kondisi perut kosong. Hal ini penting agar tidak memicu asam lambung naik dan memperparah gejalanya.

    Tips konsumsi buah naga agar aman untuk lambung

    Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ketika hendak mengonsumsi buah naga agar aman bagi lambung.

    • Pilih buah matang dan segar.Buah naga yang matang cenderung lebih manis dan kurang asam, yang bisa lebih baik untuk lambung.
    • Hindari mengonsumsi buah naga dalam jumlah besar sekaligus. Sebaliknya, makanlah dalam porsi kecil untuk mengurangi risiko peningkatan asam pada lambung. 
    • Jangan konsumsi sebelum tidur. Usahakan untuk tidak mengonsumsi buah naga atau makanan apa pun dalam dua hingga tiga jam sebelum tidur. Menghindari makan sebelum tidur dapat membantu mencegah refluks asam lambung saat Anda berbaring.
    • Perhatikan gejala yang muncul. Jika Anda merasa bahwa buah naga memperburuk gejala asam lambung, hentikan konsumsinya.

    Nah, sekarang Anda sudah mengetahui manfaat dan aturan makan buah naga untuk kesehatan lambung.

    Apabila Anda memiliki gangguan asam lambung dan masih khawatir mengonsumsi buah ini, Anda dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan