Anak Terlambat Bicara, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/05/2020
Bagikan sekarang

Anak terlambat bicara tentu dapat memicu kekhawatiran orangtua. Sebenarnya, jika kemampuan si kecil berbeda dari teman-temannya tapi masih sesuai grafik pertumbuhan balita yang normal, Anda tidak perlu khawatir. Perkembangan setiap anak tidak bisa disamakan karena memiliki rentang jarak yang berbeda dan ini adalah hal normal.

Namun, bagaimana bila perkembangan bahasa balita Anda memang tidak sesuai grafik pertumbuhan atau ada kemungkinan balita telat bicara? Berikut penjelasan seputar penyebab, ciri, dan cara melatih balita telat bicara.

Apa penyebab anak terlambat bicara?

masalah perkembangan bayi

Anak terlambat bicara adalah masalah yang cukup umum dalam tahap perkembangan balita. Sebenarnya, ada perbedaan antara keterlambatan bicara dan bahasa.

Melansir dari WebMD, balita telat bicara berarti anak mengalami kesulitan ketika mengucapkan kata-kata yang benar dan sebagian dari balita gugup saat berbicara. Sementara itu, keterlambatan perkembangan kemampuan bahasa, mengacu pada keterlambatan pemahaman makna bunyi dan gerak tubuh. Anak cenderung mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri dan memahami orang lain.

Berikut beberapa penyebab anak terlambat bicara:

  • Anak memiliki masalah dengan lidah atau langit-langit mulut 

Melansir dari Very Well Family, banyak anak keterlambatan bicara (balita telat bicara) karena masalah dengan oral mereka. Dalam kasus ini, anak mungkin kesulitan mengontrol otot dan bagian tubuhnya ketika bicara. Bibir, lidah, atau rahangnya tidak bergerak untuk mengeluarkan kata tertentu. Masalah anak terlambat bicara bisa dibarengi dengan kesulitan motorik oral lain, seperti saat makan atau mengunyah.

  • Gangguan pendengaran dan infeksi telinga

Masalah pendengaran erat hubungannya dengan balita telat bicara (anak terlambat bicara). Itulah sebabnya ketika anak divonis mengalami keterlambatan bicara, ia harus diuji oleh audiolog. Ketika anak mengalami masalah pendengaran, ia kesulitan memahami pembicaraan di sekitarnya dan suara dirinya sendiri. Inilah yang membuat anak sulit memahami dan menguasai kata-kata dan menirukannya dengan lancar.

Selain itu, anak terlambat bicara juga dapat disebabkan karena infeksi telinga pada anak. Infeksi telinga yang kronik dan perandangan di bagian telinga tengah paling umum menjadi penyebab. Oleh karena itu, jangan anggap sepele infeksi telinga yang terjadi pada balita, karena dapat menyebabkan balita telat bicara. 

  • Kondisi mulut yang kurang sempurna

Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan anak terlambat bicara, seperti langit-langit mulut sumbing dan kondisi frenulum yang pendek. Frenulum adalah lipatan yang menahan lidah dengan mulut bawah. Bila menemukan hal ini, dokter anak biasanya akan merujuk pada dokter gigi untuk terapi lebih jauh.

  • Memiliki masalah perkembangan

MCS Mott Children Hospital menyebutkan, anak yang memiliki masalah perkembangan seperti cerebral palsy, cedera otak traumatis, dan kondisi otot yang kurang sempurna bisa memengaruhi kemampuan bicara anak dan membuat anak terlambat bicara. Selain itu, autisme juga berpengaruh pada komunikasi dan biasanya, anak terlambat bicara sebagai tanda awal autisme.

Usia berapa anak dikatakan terlambat bicara?

terapi mental kejiwaan untuk anak

Anda mungkin bingung mendeteksi anak terlambat bicara atau tidak. Melansir dari Healthline, bila bayi tidak mengeluarkan suara, bergumam, atau berceloteh di usia 2 bulan, itu adalah tanda awal dari anak terlambat bicara. Tanda anak terlambat bicara berdasarkan usia berikutnya, yaitu:

Usia 18 bulan tidak bisa mengucapkan kata sederhana 

Ketika usia 18 bulan, biasanya bayi sudah bisa mengucapkan kata sederhana, seperti “mama”, “papa”, “udah”, “dadah” bila anak Anda belum mampu mengucapkannya di usia tersebut, itu tanda berikutnya anak terlambat bicara.

Usia 2 tahun kata yang diucapkan kurang dari 25 kata 

Anak usia 2 tahun biasanya sudah bisa menyebutkan sekitar 50 kata. Di fase ini, si kecil mulai mencoba menggabungkan dua kata, misalnya mama makan, mau duduk, atau kucing besar. Bila anak Anda belum sampai pada tahap ini, perlu diwaspadai karena tanda balita telat bicara.

Usia 2 tahun 6 bulan tidak menggabungkan kata

Grafik Denver II menunjukkan bahwa anak di usia ini seharusnya sudah bisa menggabungkan dua kata atau lebih menjadi satu kalimat. Jadi, ia tidak lagi bicara hanya dengan satu kata. Bila anak Anda mengalami hal tersebut, itu adalah tanda anak terlambat bicara.

Usia 3 tahun, kata yang diucapkan kurang dari 200 kata

Di usia 3 tahun,umumnya anak sudah bisa mengucapkan 1000 kata, menyebut namanya sendiri dan bertanya. Bila anak Anda tidak bisa menyebut nama teman atau dirinya sendiri, itu tanda anak terlambat bicara.

Usia di atas 4 tahun tidak bisa mengulang kata yang sebelumnya ia ucapkan

Grafik Denver II menunjukkan bahwa anak usia 4 tahun ke atas sudah mampu mengenal lawan kata dan mengulang kata yang sebelumnya ia ucapkan. Selain itu, anak di usia ini sudah mampu menghitung balok yang sedang dimainkan. Bila anak Anda tidak mengalami hal-hal tersebut, itu adalah tanda anak terlambat bicara.

Meningkatkan kemampuan bahasa pada balita yang telat bicara

Anak terlambat bicara masih bisa diatasi, tergantung dengan tingkat kesulitannya. Anda bisa melatihnya setiap hari di rumah sampai menjalani terapi wicara. Berikut beberapa cara melatih kemampuan bahasa balita:

Sering bercerita dan bertanya pada anak

anak menerima kekalahan

Cara melatih anak terlambat bicara agar lebih aktif bicara adalah dengan sering bercerita. Ajak ia bicara tentang apapun yang Anda alami hari itu atau membacakan buku cerita anak yang disukainya. Setelah membacakan buku, tanya anak tentang perasaannya setelah membaca buku itu atau pendapat tentang tokoh yang ada di cerita. 

Sering bertanya juga bisa menjadi cara efektif untuk memancing anak lebih banyak bicara. Ketika berjalan di sekitar rumah, tunjuk atau peragakan suara benda yang ada di sana.

Saat bertanya, tidak perlu terburu-buru menunggu jawaban si kecil. Biarkan ia berpikir dan memilih kata yang tepat. Bila ia terlihat ragu-ragu atau salah ucap, ungkapkan jawaban yang benar tanpa menggurui. Ini salah satu cara menghindari kondisi anak terlambat bicara.

Kurangi frekuensi menatap layar

mengurangi waktu anak menonton tv

Komunikasi yang efektif untuk anak adalah dua arah dan gadget tidak memfasilitasi hal tersebut. The American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan anak memakai gadget pada usia 2 tahun ke atas, hanya 2 jam sehari. Hal ini karena gadget bukan permainan interaktif yang membuat anak aktif bicara.

Parents menjelaskan bahwa gawai juga tidak responsif terhadap perkembangan bicara anak dan bisa sebabkan anak terlambat bicara.

Terapi untuk infeksi pendengaran

infeksi telinga pada anak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa anak terlambat bicara bisa dipengaruhi oleh infeksi pendengaran. Parents menjelaskan bahwa anak-anak yang mengalami infeksi pendengaran, umumnya berada di sekolah atau tempat penitipan yang pola pengasuhannya kurang baik. 

Ketika anak mengalami infeksi pendengaran, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi. Pastikan dosis yang diberikan sesuai usia anak dan kondisinya. Dalam rentang waktu pengobatan, dokter akan meminta untuk berkonsultasi secara rutin untuk memastikan infeksi sudah sembuh dan kondisi anak terlambat bicara bisa dihindari.

Berkonsultasi dengan dokter

dampak gizi buruk pada anak

Ketika Anda mendeteksi anak terlambat bicara, segera berkonsultasi dengan dokter. Umumnya, dokter akan melakukan tes pendengaran terlebih dahulu. Bila anak Anda membutuhkan bantuan ahli, maka dokter akan merujuk ke terapis wicara.

Mereka akan mempelajari bagaimana anak mengekspresikan dirinya. Termasuk beberapa hal lain, seperti apa yang ia pahami, yang bisa dikatakan, dan cara anak dalam menyampaikan pemikirannya, misalnya dengan gerakan mengangguk. 

Bila memang anak terlambat bicara karena bibir sumbing, sangat mungkin perlu melakukan terapi wicara. Terapis akan mendampingi anak Anda untuk melatih cara mengucapkan kata-kata, suara, dan memperkuat otot wajah juga mulutnya. 

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Merangsang Kemampuan Anak Supaya Bisa Cepat Bicara

Cara mudah untuk melatih anak yang terlambat bicara adalah Anda harus aktif mengajak si kecil berinteraksi dan berbicara kapan pun dan di mana pun.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

7 Penyebab Anak Anda Belum Juga Bisa Bicara

Kelainan perkembangan bicara adalah masalah umum sebagai penyebab anak terlambat bicara. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Direkomendasikan untuk Anda

anak terlambat bicara

3 Dampak Dalam Jangka Panjang Bila Si Kecil Terlambat Bicara

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27/10/2018
gejala alzheimer

Sudah Mulai Bicara Terbata-bata? Bisa Jadi Ini Gejala Alzheimer!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 05/02/2018
belum bisa bicara gejala autisme

Apakah Terlambat Bicara Merupakan Gejala Autisme Pada Anak?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 20/10/2017
pengaruh gadget

Terbukti, Balita yang Sering Pakai Gadget Berisiko Terlambat Bicara

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 26/09/2017