Sulfur obat apa?

Oleh

Nama Generik: Sulfur Merek: Acne Feldin.

Penggunaan

Untuk apa Sulfur?

Sulfur topikal adalah obat dengan fungsi untuk mengobati jerawat. Sulfur topikal menyebabkan kulit kering dan mengelupas, memudahkan untuk membersihkan minyak dan kotoran berlebih penyebab umum jerawat. Sulfur topikal juga dapat digunakan untuk keperluan lain selain yang tertulis pada panduan obat.

Dosis sulfur dan efek samping sulfur akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Sulfur?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker, atau baca aturan pakai yang tertera pada label produk, sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Berikut cara pemakaian sulfur topikal:

  • Cuci tangan sebelum dan sesudah mengaplikasikan obat ini
  • Bilas area yang bermasalah dengan air bersih dan keringkan
  • Kocok lotion sebelum digunakan
  • Aplikasikan obat ini pada bagian yang bermasalah
  • Hindari bagian bagian mata, hidung bagian dalam dan mulut, bibir, dan area kulit yang pecah-pecah untuk menghindari iritasi berlebih. Cuci segera dengan air bersih jika area tersebut terkena kontak dengan sulfur topikal
  • Jangan tutup area yang bermasalah setelah mengaplikasikan sulfur topikal, kecuali jika disarankan oleh dokter Anda. Menutup luka yang sudah dilapisi sulfur topikal dapat terserap banyak pada tubuh Anda dan dapat membahayakan

Sulfur topikal biasanya diaplikasikan satu hingga tiga kali sehari.

Akan memakan waktu beberapa minggu atau lebih untuk melihat hasil dari obat ini. Jangan berhenti menggunakan sulfur topikal jika Anda tidak segera melihat hasilnya.

Kurangi penggunaan sulfur topikal jika Anda mengalami rasa terbakar berlebih, kering, atau iritasi.

Bagaimana cara penyimpanan Sulfur?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Sulfur untuk orang dewasa?

Sulfur dalam bentuk krim dan batang: gunakan pada kulit seperlunya.

Sulfur dalam bentuk lotion: gunakan pada kulit dua atau tiga kali sehari.

Bagaimana dosis Sulfur untuk anak-anak?

Sulfur dalam bentuk krim dan batang: gunakan pada kulit seperlunya.

Sulfur dalam bentuk lotion: gunakan pada kulit dua atau tiga kali sehari.

Dalam dosis apakah Sulfur tersedia?

  • Cream
  • Lotion
  • Sabun
  • Shampoo
  • Cairan
  • Solusi
  • Gel/jelly

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Sulfur?

Kemungkinan terjadinya efek samping yang serius sangat kecil. Hentikan penggunaan sulfur topikal dan segera cari perhatian medis jika Anda mengalami reaksi alergi (sesak napas; tenggorokan terasa tercekik; bengkak pada bibir, wajah, atau lidah; gatal-gatal).

Anda mungkin akan mengalami perasaan terbakar, tersengat, gatal, kemerahan, kering, mengelupas, atau iritasi pada kulit Anda selama menggunakan sulfur topikal. Jika efek samping ini dirasa semakin berlebih, kurangi penggunaan sulfur topikal.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah kepada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Sulfur?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Walau tidak ada informasi khusus yang membandingkan antara penggunaan sulfur pada anak-anak dengan kelompok usia lain, obat ini diharapkan tidak menimbulkan efek samping yang berbeda antara anak-anak dan orang dewasa.

Lansia

Banyak obat yang belum pernah diteliti secara spesifik pada orang lanjut usia. Oleh karena itu, tidak diketahui apakah ini bekerja sama persis seperti pada kelompok dewasa muda atau menyebabkan efek samping berbeda pada lanjut usia. Walaupun tidak ada informasi khusus yang membandingkan penggunaan sulfur pada lanjut usia dengan kelompok usia lain, obat ini diharapkan tidak menyebabkan efek samping yang berbeda pada orang lanjut usia.

Apakah Sulfur aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Sulfur?

Walaupun beberapa obat tidak boleh digunakan secara bersamaan, pada kasus lain dua obat berbeda mungkin dapat digunakan secara bersamaan bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis, atau tindakan pencegahan lain mungkin diperlukan. Beritahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat resep lain atau obat nonresep lainnya.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Sulfur?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Sulfur?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca