Nama Generik: Hyoscine Butylbromide Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa obat Hyoscine Butylbromide?

Hyoscine butylbromide umumnya digunakan untuk mengobati dan mengurangi kram dan sakit perut, seperti di lambung, usus, dan sakit pada kandung kemih. Obat ini juga dapat digunakan untuk meringankan gejala dari Irritable Bowel Syndrom (IBS). Hyoscine butylbromide bisa didapatkan lewat resep dokter. Anda juga dapat membelinya di apotek, tanpa resep bila Anda memiliki gejala-gejala yang telah didiagnosa oleh dokter.

Bagaimana aturan pakai Hyoscine Butylbromide?

Anda dapat mengonsumsi hyoscine butylbromide sesuai dengan arahan dari dokter Anda, atau Anda bisa mendapatkan informasi mengenai cara penggunaan obat tersebut pada bagian leaflet (selebaran), seperti di bawah ini :

  • Minum obat bersama dengan segelas air, dengan atau tanpa makanan.
  • Minum obat seluruhnya. Jangan dipatahkan, dihancurkan, atau dikunyah.

Bagaimana cara menyimpan Hyoscine Butylbromide?

Hyoscine butylbromide sebaiknya disimpan di tempat dengan suhu ruangan yang jauh dari cahaya langsung dan kelembaban. Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada obat, Anda jangan menyimpan hyoscine butylbromide di kamar mandi atau freezer. Mungkin ada merek lain dari hyoscine butylbromide yang memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.  Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk Anda, atau tanyakan kepada apoteker Anda. Jauhkan obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang hyoscine butylbromide ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan, kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Hyoscine Butylbromide untuk orang dewasa?

Rekomendasi hyoscine butylbromide dosis untuk orang dewasa dan anak di atas 12 tahun

  • Minum dua tablet 4 kali sehari atau sesuaikan dengan arahan dokter Anda.
  • Untuk orang dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS), dokter mungkin memberikan Anda dosis awal yang lebih rendah dari satu tablet 3 kali sehari. Dosis dapat ditingkatkan untuk efek yang lebih cepat.

Bagaimana dosis Hyoscine Butylbromide untuk anak?

Belum ada ketentuan dosis hyoscine butylbromide untuk anak-anak. Hyoscine butylbromide bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis dan sediaan apakah Hyoscine Butylbromide tersedia?

Hyoscine butylbromide tersedia dalam dosis sebagai berikut : tablet 10 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Hyoscine Butylbromide?

Hentikan pengobatan Anda dan langsung ke dokter, bila tubuh Anda menunjukkan adanya efek samping serius, seperti berikut ini :

Tidak biasa (terjadi pada 1 dari 100 atau 1 dari 1000 orang)

  • Detak jantung yang tidak normal (lebih cepat dari keadaan normal)
  • Mulut kering
  • Lecet kecil pada tangan dan kaki
  • Reaksi kulit alergi seperti ruam, gatal, kemerahan pada kulit

Langka (terjadi pada 1 dari 1000 dan 1 dari 10000 orang)

  • Kesulitan buang air kecil (retensi urin)
  • Kesulitan bernapas, merasa ingin pingsan, atau pusing (shock)
  • Mata merah disertai dengan rasa nyeri dan kehilangan penglihatan

Frekuensi yang tidak diketahui : Reaksi hipersensitivitas, seperti penyempitan saluran udara (bronkospasme), pembengkakan bibir, tenggorokan dan lidah (angioedema), ruam, atau reaksi anafilaksis.

Tidak semua orang mengalami efek samping seperti di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Hyoscine Butylbromide?

Sebelum menggunakan hyoscine butylbromide, beritahukan pada dokter jika Anda memiliki :

  • Alergi pada hyoscine butylbromide, atau pada obat yang mengandung dosis Hyoscine Butylbromide . Informasi ini secara rinci bisa dilihat pada leaflet (selebaran).
  • Alergi dengan obat-obatan yang lain, makanan, pewarna, pengawet, atau hewan.

Anak-Anak

Hyoscine butylbromide seharusnya tidak digunakan pada anak-anak yang usianya masih dibawah 6 tahun tanpa petunjuk dari dokter.

Lansia

Kondisi kesehatan lainnya, myasthenia gravis, denyut jantung cepat, masalah jantung lainnya, kelenjar tiroid, masalah prostat, sembelit, dan demam.

Apakah Hyoscine Butylbromide aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan hyoscine butylbromide pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan hyoscine butylbromide. Hyoscine butylbromide termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)   

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C= Mungkin berisiko
  • D= Ada bukti positif dari risiko
  • X= Kontraindikasi
  • N= Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Hyoscine Butylbromide?

Hyoscine butylbromide mungkin dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya yang sedang Anda konsumsi, sehingga dapat mengubah kinerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Untuk menghindari terjadinya interaksi pada obat, simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/ nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Untuk keamanan Anda, jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Amantadine
  • Antihistamine, misalnya promethazine, brompheniramine, chlorphenamine,diphenhydramine, triprolidine.
  • Antimuscarinic untuk pengobatan gejala parkinson, misalnya procyclidine,orphenadrine, trihexiphenidyl.
  • Antimuscarinic untuk pengobatan urinary incontinence, misalnya oxybutynin, trospium, tolterodine.
  • Antipsychotics, misalnya chlorpromazine, clozapine, thioridazine.
  • Antisickness medicines, misalnya meclozine, cyclizine, hyoscine hydrobromide.
  • Codeine.
  • Disopyramide.
  • Nefopam.
  • Antispasmodics lainnya, misalnya atropine, propantheline, dicycloverine.
  • Tricyclic antidepressants, misalnya amitriptyline, clomipramine

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Hyoscine Butylbromide?

Hyoscine butylbromide mungkin dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya yang sedang Anda konsumsi, sehingga dapat mengubah kinerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda mengenai makanan dan alkohol yang berpotensi dapat berinteraksi sebelum menggunakan hyoscine butylbromide.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Hyoscine Butylbromide?

Hyoscine butylbromide mungkin dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah kinerja obat. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda agar mereka tahu semua kondisi kesehatan yang Anda miliki, khususnya:

  • Usus yang tidak normal atau usus yang melebar (megacolon)
  • Myasthenia gravis , di mana ada kelemahan otot yang abnormal
  • Kondisi mata yang mengalami glaukoma sudut
  • Masalah keturunan langka seperti intoleransi fruktosa, malabsorpsi glukosa-galaktosa atau insufisiensi sukrase-isomaltase (tablet buscopan mengandung sukrosa)

Beri tahu dokter Anda mengenai riwayat kesehatan Anda, seperti masalah mata (misalnya glaukoma), penyakit jantung, pembesaran prostat (laki-laki), alergi, penyakit pada perut atau usus . Kondisi ini dapat mempengaruhi efek obat.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/ 119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis hyoscine butylbromide, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 14, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 14, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan