Perut Kembung Setiap Pagi? Ini Penyebab dan Cara Menghentikannya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Perut kembung setiap pagi tentu bikin Anda tidak nyaman. Kembung sendiri sebenarnya adalah salah satu masalah pada pencernaan yang bisa terjadi pada siapa saja. Saat Anda makan, minum, atau menelan air liur, kita juga menelan sedikit udara, yang kemudian terakumulasi di usus. Saat gas menumpuk, tubuh mungkin perlu mengeluarkannya, entah dari mulut, dengan bersendawa atau buang angin. 

Penyebab perut kembung sangat beragam, bisa karena makanan yang dimakan, pola makan yang tidak teratur, atau bisa juga menjadi gejala penyakit tertentu. Namun, perut kembung setiap pagi tentu punya penyebabnya sendiri. Apa  saja, ya?

Penyebab perut kembung setiap pagi

Makan malam terlalu banyak

Makan terlalu banyak di malam hari dapat membuat perut kembung setiap pagi. Pasalnya, saat Anda makan malam terlalu banyak, pencernaan Anda jadi kesulitan untuk mencerna makanan dalam jumlah besar. Apalagi setelah itu Anda langsung tidur. Akibatnya, keesokan harinya Anda mungkin merasa begah dan kembung karena makanan yang belum dicerna dengan baik.

Makan di larut malam

Tubuh manusia memiliki jam biologisnya sendiri, yaitu saat-saat di mana setiap organ tubuh Anda menjalankan fungsinya sesuai jadwal yang sama setiap hari. Nah, sistem pencernaan manusia tidak bekerja terlalu banyak ketika Anda terlelap di malam hari. Jadi kalau Anda makan terlalu larut, makanan tersebut tidak bisa dicerna dengan baik.

Makanan Anda akan bercampur dengan gas yang bikin perut terasa kembung. Sementara itu, sistem pencernaan Anda sudah beristirahat di malam hari, tidak bisa mengeluarkan gas berlebih yang membuat perut terasa penuh. Karena itulah ketika terbangun keesokan harinya, Anda merasa kembung.

Cemas dan stres

Ketika Anda merasa sangat cemas dan stres karena berbagai sebab, maka Anda bisa merasa perut kembung. Gangguan kecemasan ini akan menyebabkan ketidakstabilan hormon dalam tubuh yang memicu reaksi antara otak dan perut. Terkadang penyebab stres bisa juga disertai dengan diare yang muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas.

Karena itu, bisa jadi stres atau kecemasan membuat perut kembung setiap pagi. Misalnya ketika bangun pagi, Anda sebenarnya dihantui kecemasan soal pekerjaan di kantor atau ketika menghadapi ujian di sekolah pada hari tersebut. Tanpa disadari, kecemasan tersebut membuat Anda kembung.

Bagaimana cara mencegah perut kembung setiap pagi?

Perut kembung bisa dihindari dengan tidak mengonsumsi makanan yang cenderung menyebabkan perut kembung, seperti yang mengandung kadar karbohidrat yang sulit dicerna. Diskusikan dengan dokter makanan yang baik untuk Anda konsumsi jika mengalami perut kembung. Penting untuk mengonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dalam kalori, vitamin, mineral, dll.

Disarankan untuk makan makanan yang mengandung karbohidrat yang lebih mudah dicerna seperti, pisang, anggur, nasi, selada, yogurt. Hati-hati pada penderita intoleransi laktosa ketika makan makanan yang mengandung laktosa, seperti susu karena dapat menyebabkan kembung.

Selain itu, pastikan Anda tidak makan terlalu larut di malam hari. Pastikan Anda sudah makan kira-kira tiga jam sebelum tidur. Anda juga sebaiknya tidak makan malam dengan porsi yang berlebihan supaya tidak kembung.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Banyak yang percaya gadis perawan memiliki ciri-ciri khusus. Tapi bagaimana dengan pandangan medis soal tes keperawanan wanita? Benarkah bisa dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Rasa kesepian banyak dialami oleh masyarakat modern. Bahkan, kondisi psikologis ini bisa dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan yang serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Ragam Makanan dengan Kandungan Bakteri yang Baik untuk Usus

Tubuh kita membutuhkan bakteri dalam usus untuk menjaga fungsinya. Cari tahu makanan yang baik untuk usus dalam artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Pencernaan 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tidak bisa kentut susah kentut

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit