backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Manfaat Pisang Cavendish untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 26/01/2024

    7 Manfaat Pisang Cavendish untuk Kesehatan Tubuh

    Terdapat berbagai jenis varietas pisang, mulai dari pisang Ambon, raja, tanduk, pisang hijau dan kuning. Salah satu pisang yang umum dikonsumsi yaitu pisang Cavendish. Berikut berbagai manfaatnya untuk kesehatan.

    Apa itu pisang Cavendish?

    Apa itu pisang Cavendish? Pisang Cavendish atau Musa akuminata merupakan buah yang ditemukan oleh Duke William George Spencer Cavendish pada tahun 1834. 

    Pisang ini berasal dari Amerika dan tumbuh paling baik di daerah tropis dan daerah lembap. Itulah sebabnya pisang ini tumbuh subur di daerah Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Malaysia, Filipina, Thailand, hingga Vietnam. 

    Jenis pisang ini juga memiliki daya tahan yang baik terhadap transportasi dan penyimpanan. Hal ini membuat pisang ini sering dijual dan dikonsumsi di berbagai belahan dunia.

    Jenis pisang ini berwarna kuning saat matang, berukuran sedang hingga besar, teksturnya lembut, daging buahnya putih, dan rasanya manis. Inilah alasan yang membuat banyak orang menyukainya.

    Apakah pisang ambon dan pisang Cavendish itu sama?

    • Pisang Ambon dan Pisang Cavendish adalah dua varietas pisang yang berbeda, baik dari segi penampilan, rasa, maupun karakteristik pertumbuhannya.
    • Pisang Ambon umumnya lebih kecil dan berwarna hijau saat matang. Sementara itu, pisang Cavendish berukuran lebih besar dengan kulit berwarna kuning.

    Daftar manfaat pisang Cavendish

    Pisang berwarna kuning juga memiliki kandungan zat gizi, seperti kalium, magnesium, karbohidrat, dan sebagainya.

    Berkat kandungannya pisang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti berikut ini.

    1. Membantu menurunkan berat badan

    Manfaat pisang Cavendish yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena pisang ini rendah kalori, kaya serat, dan tinggi pati resisten.

    Pati resisten tidak dicerna sepenuhnya oleh tubuh sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang dan mengurangi penyerapan kalori makanan.

    Kandungan seratnya juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga menghindari makan berlebihan. Anda dapat memasukkan menu pisang ini sebagai menu sarapan atau camilan sore ketika diet.

    2. Menjaga kesehatan pencernaan

    Manfaat pisang Cavendish selanjutnya yaitu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Khasiat ini berkat kandungan pati resisten di dalamnya.

    Pati resisten berperan sebagai prebiotik yang menyediakan makanan untuk bakteri baik di usus. Ini membantu pertumbuhan dan aktivitas bakteri sehat sehingga menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

    Kandungan lainnya yaitu pektin juga bermanfaat mencegah sembelit dengan cara melunakkan feses.

    3. Menjaga kesehatan jantung

    Mineral kalium dalam Cavendish banana juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

    Kalium dapat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengendalikan tekanan darah. Pasalnya, tekanan darah yang normal dapat mendukung kesehatan jantung.

    Salah satu penelitian dalam jurnal JCI insight menguji efek kalium pada risiko penyakit jantung. Hasil penelitian yang dilakukan pada tikus ini menunjukkan penurunan risiko penyakit jantung sebanyak 27% pada tikus yang diberi kalium.

    4. Sumber antioksidan

    Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, tak terkecuali pisang Cavendish.

    Pisang mengandung berbagai jenis kandungan yang bersifat antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan amina. Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan oksidatif akibat paparan radikal bebas.

    Selain itu, kekurangan sumber antioksidan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan degenerasi makula.

    5. Menjaga kesehatan ginjal

    Kalori pisang untuk diet

    Pisang Cavendish juga baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal ini berkat kandungan kalium yang membantu melarutkan garam-garam berlebih yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

    Namun, bagi penderita penyakit ginjal yang sudah parah sebaiknya batasi asupan kalium.

    Pada penderita penyakit ginjal, tubuh mengalami kesulitan mengeluarkan kelebihan kalium dari darah dan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan serius.

    6. Meningkatkan sensitivitas insulin

    Resistensi insulin merupakan kondisi di mana sel-sel tubuh merespons insulin dengan kurang efektif daripada biasanya. Kondisi ini merupakan salah satu faktor penyebab diabetes tipe 2.

    Nah, pisang Cavendish yang belum terlalu matang mengandung pati resisten yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

    Hal ini membuat tubuh lebih responsif terhadap insulin, yaitu hormon pengatur kadar gula darah. Alhasil, kadar gula darah jadi lebih terkendali.

    7. Mendukung pemulihan setelah olahraga

    Salah satu makanan yang direkomendasikan setelah berolahraga yaitu pisang Cavendish. Hal ini karena kandungan kalium dan magnesium dalam pisang dapat bertindak sebagai elektrolit. 

    Fungsi elektrolit yaitu menjaga keseimbangan air, mengatur kontraksi otot, dan fungsi saraf. Nah,mengganti elektrolit yang hilang selama olahraga dengan konsumsi pisang dapat mengurangi kram dan nyeri otot setelah olahraga.

    Selain bermanfaat untuk kesehatan, keuntungan pisang Cavendish lainnya yaitu mudah ditemukan, mudah dicampur dengan makanan lain, dan mudah dibawa sebagai bekal atau camilan ke mana pun.

    Anda dapat menjadikan pisang sebagai menu makanan sehat, misalnya overnight oat, panekuk pisang, bolu pisang, smoothies pisang, pisang bakar, dan sebagainya.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 26/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan