backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Merk Kopi Hitam Terbaik untuk Diet

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 05/07/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Merk Kopi Hitam Terbaik untuk Diet

Kopi hitam kerap menjadi pilihan minuman penurun berat badan bagi orang yang sedang diet. Namun, dengan banyaknya merk kopi hitam yang dijual di pasaran, tentu Anda tetap harus cermat untuk memilih mana yang paling cocok diminum saat diet.

Lantas, bagaimana cara memilih merk kopi hitam yang cocok untuk diet? Adakah rekomendasinya? Simak ulasan berikut untuk mendapatkan jawaban.

Kopi yang baik untuk diet itu seperti apa?

Salah satu cara terbaik untuk minum kopi memang membiarkannya plain tanpa memberi tambahan gula, creamer, maupun pemanis lainnya.

Laman Mayo Clinic menyebutkan bahwa minum kopi hitam (plain) tanpa tambahan pemanis atau perasa tidak akan menambah asupan kalori dalam tubuh sehingga cocok untuk diet.

Selain memilih merk kopi hitam tanpa pemanis, Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum membelinya.

1. Pilih kopi organik

Kopi organik dikenal lebih sehat bagi tubuh karena biji kopi yang digunakan tidak dibudidayakan menggunakan pestisida, herbisida, atau bahan kimia lainnya.

Memilih merek kopi hitam dengan biji organik juga dapat menghindarkan Anda dari residu bahan kimia yang mungkin ditemui pada merk kopi non-organik.

2. Tambahkan rempah

Alih-alih memilih merek kopi hitam dengan tambahan pemanis, Anda bisa mencari merk yang menggunakan perasa tambahan berupa rempah-rempah.

Beberapa jenis rempah yang cocok untuk ditambahkan pada kopi hitam adalah kayu manis, pala, dan jahe.

3. Pilih susu nabati

Jika tidak bisa menemukan kopi hitam tanpa gula tambahan, carilah merk yang menggunakan pemanis berupa susu nabati.

Dibandingkan susu hewani seperti kambing atau sapi, pemanis yang didapat dari olahan tumbuh-tumbuhan seperti serealia dan biji-bijian akan lebih mendukung diet Anda.

Meski baik untuk program diet, Anda tidak dianjurkan minum kopi hitam secara berlebihan. Food and Drug Administration menganjurkan batas maksimal minum minuman yang mengandung kafein adalah 400 mg per hari.

10 rekomendasi merk kopi hitam untuk diet

Jika Anda sedang menjalani diet dan masih ingin minum kopi, berikut adalah beberapa pilihan merek kopi hitam yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Nescafe Classic

Dipercaya berasal dari 100% kopi murni, Nescafe Classic bisa menjadi salah satu pilihan merk kopi hitam yang bagus untuk diet.

Bubuk kopi tanpa ampas ini juga mudah larut sehingga tidak akan mengganggu saat Anda menyesapnya.

Nescafe Classic juga tersedia dalam bentuk sachet 2,5 gram yang cocok untuk sekali sajian.

Tanpa adanya tambahan gula atau krimer, Anda juga bisa menikmati aroma kopi yang kuat dan nikmat.

Nomor izin edar BPOM: MD 168708011001

2. Arutala Kopi Toraja Rantebua Robusta Coffee

Terbuat dari biji kopi yang ditanam di Rantebua, Toraja Utara, kopi hitam produksi industri rumah tangga ini cocok untuk mendampingi diet selama Anda tidak menambahkan gula atau pemanis lain saat menyeduhnya.

Arutala Kopi Toraja Rantebua juga tersedia dalam bentuk biji-bijian, cocok untuk Anda yang memiliki mesin kopi sendiri dan ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Meski memiliki rasa pahit yang cukup dominan, kopi hitam robusta ini tidak sepahit kopi arabika sehingga bisa menjadi salah satu pilihan bagi pemula.

Nomor izin UMKM: PIRT No. 5103671010408-26

3. Excelso Arabica Gold 

Diklaim sebagai salah satu kopi rendah kalori, Excelso Arabica Gold juga tersedia tanpa gula tambahan sehingga aman dikonsumsi saat diet.

Diolah dari biji kopi pilihan, merek kopi hitam satu ini memiliki aroma dan cita rasa yang cukup kuat dan kental.

Excelso Arabica Gold juga diklaim memiliki tingkat keasaman yang cukup rendah, jadi cocok untuk Anda yang baru ingin memulai minum kopi hitam supaya lambung tidak “kaget” dengan keasaman yang tinggi.

Nomor izin edar BPOM: MD 668613092005

4. Kopi Kapal Api Special

Rekomendasi merk kopi tanpa gula untuk diet selanjutnya adalah Kopi Kapal Api Spesial.

Dengan total lemak 0,5 gr per sajian, Kopi Kapal Api Special juga dikenal sebagai salah satu merk kopi rendah kalori.

Pastikan untuk menyeduh kopi dengan air panas supaya bubuknya mudah larut. Setelah mengaduk bubuk kopi, biarkan sejenak supaya ampasnya turun.

Merk kopi hitam ini sudah dipasarkan sejak tahun 1970 dan masih banyak digemari sampai sekarang.

Nomor izin edar BPOM: MD 268713064005

5. JJ Royal Kopi Tubruk

Diklaim terbuat dari 100% biji kopi berkualitas terbaik, JJ Royal Kopi Tubruk adalah salah satu kopi hitam premium yang bisa Anda coba.

Jika Anda ingin menyajikan kopi dengan es, pastikan untuk tetap menyeduhnya terlebih dahulu menggunakan sedikit air panas supaya bubuknya larut sempurna.

Meski tersedia dalam ukuran besar, kopi hitam ini telah dikemas per sajian. Dengan harga Rp90 ribu, Anda akan mendapatkan 30 saset kopi siap seduh.

Nomor izin edar BPOM: MD 868709073793

6. Kopi Luwak (Authentic)

Perpaduan antara biji kopi luwak dengan arabika akan memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada merk kopi hitam ini.

Tidak disertai dengan gula tambahan, varian Kopi Luwak ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang menjalani diet tetapi tetap ingin menyesap kopi.

Cukup dengan melarutkan satu sendok makan kopi dengan 180 ml air panas, Anda sudah bisa mencicipi kenikmatan Kopi Luwak.

Nomor izin edar BPOM: MD 668711015135

7. Kopi bubuk Gadjah

Bagi Anda pencinta kopi dengan rasa pahit yang kuat, merek Gadjah bisa menjadi solusinya. Usahakan untuk tidak menyajikan kopi hitam ini dengan gula supaya program diet Anda sukses.

Merk kopi hitam ini diklaim merupakan hasil racikan dari para ahli kopi sehingga memiliki aroma dan rasa yang khas pada setiap seduhannya.

Rasa kopinya yang cukup pekat cocok bagi Anda penikmat kopi sejati.

Nomor izin edar BPOM: MD 268711023430

8. Indocafe Fine Blend

Kopi bubuk yang diolah dari biji kopi pilihan jenis arabika dan robusta ini bisa menjadi salah satu merk kopi untuk diseduh saat diet. Pasalnya, merk kopi hitam ini juga tidak memiliki tambahan gula.

Pada setiap sajian menggunakan satu sendok teh, Anda akan mendapatkan asupan energi sebanyak 5 kkal tanpa lemak dan garam.

Indocafe Fine Blend kemasan 100 gr bisa Anda seduh untuk 50 kali sajian. Caranya, cukup dengan melarutkan satu sendok teh kopi ke dalam 150 cc air panas.

Nomor izin edar BPOM: MD 168702023010

9. Tagetto Coffee Arabica

Kembali dengan merek kopi hitam lokal, Tagetto Coffee Arabica bisa menjadi salah satu pilihan kopi saat diet.

Diproses melalui black honey process dengan medium roast level, kopi ini tidak akan terasa terlalu pahit meski tidak disajikan dengan gula.

Selain dalam bentuk bubuk, Anda juga bisa membeli Tagetto Coffee Arabica dalam bentuk biji kopi utuh, giling kasar, dan giling medium.

Nomor izin UMKM: P-IRT NO. 5103276100720-26

10. Nescafe Gold

Dibuat dengan perpaduan biji kopi arabika dan robusta pilihan, merek kopi hitam yang cocok untuk diet ini tidak meninggalkan ampas saat diseduh.

Salah satu perbedaan Nescafe Gold dengan versi classic adalah rasanya yang lebih lembut. Namun, merk satu ini memiliki aroma kopi yang lebih kuat karena diproses dengan teknologi Freeze Dried.

Nescafe Gold juga diklaim memiliki bubuk kopi yang 10 kali lebih halus dari kebanyakan merk kopi hitam. Supaya bubuknya mudah larut, pastikan untuk menyeduhnya dengan air panas.

Nomor izin edar BPOM: ML 168709045696

Nah, itulah beberapa merek kopi hitam tanpa gula untuk Anda yang sedang diet. Jika diseduh tanpa gula dan bahan pemanis tambahan, kopi hitam bisa menjadi salah satu minuman terbaik untuk menurunkan berat badan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 05/07/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan