backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Atasi Mata Lelah dan Kering

Ditinjau secara medis oleh Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm · Farmasi · None


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 09/10/2023

10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Atasi Mata Lelah dan Kering

Selain mengonsumsi makanan untuk mata kering dan lelah, obat tetes mata juga bisa Anda pakai guna mengatasi keluhan tersebut. Namun bila Anda bingung memilih obat mata yang tepat karena terlalu banyak merek yang beredar di pasaran, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda jadikan pertimbangan. 

Cara kami memilih obat tetes mata untuk mata lelah

Mata lelah atau kering adalah kondisi ketika air mata tidak bekerja dengan baik untuk melumasi mata.

Kondisi ini sebenarnya dapat disebabkan oleh penggunaan mata dalam jangka waktu lama tanpa adanya istirahat. 

Biasanya menatap layar komputer terlalu lama, berada di ruangan ber-AC, hingga terlalu lama mengendarai motor dapat meningkatkan risiko mata menjadi kering. 

Meski kondisi ini tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya setelah istirahat, mata kering dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. 

Oleh karena itu, guna mengurangi keluhan yang terjadi, Anda dapat menggunakan obat tetes mata, khususnya untuk mata kering. 

Dikutip dari Korean Journal of Family Medicine, kandungan sodium hyaluronate dan carboxymethyl cellulose dapat meredakan gejala mata kering. 

Selain dua zat aktif tersebut, obat tetes mata dengan kandungan hydroxypropyl methylcellulose, benzalkonium chloride, dan sodium hyaluronate juga diketahui dapat digunakan untuk mengatasi mata kering dan lelah. 

Berdasarkan pertimbangan di atas, kami memberikan sejumlah rekomendasi merek obat tetes mata yang dapat digunakan untuk meringankan keluhan mata kering dan lelah yang timbul. 

Tahukah Anda?

Sebenarnya ada beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya mata kering, di antaranya sebagai berikut.
  • Konsumsi makanan bergizi, seperti asam lemak omega-3.
  • Batasi penggunaan komputer atau gadget.
  • Hindari mengucek mata, terutama dengan tangan yang kotor.
  • Kurangi paparan asap, angin, dan AC.

10 rekomendasi merek obat tetes mata untuk mata lelah 

cara pakai obat tetes mata

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk tetes mata untuk mata lelah dan kering yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membelinya. 

1. Cendo Eyefresh Minidose 

Cendo Eyefresh Minidose menjadi salah satu merek obat tetes mata untuk mata kering dan lelah.

Obat ini bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung pada permukaan mata (air mata), sehingga mata dapat kembali terlumasi dengan baik. 

Tidak hanya untuk mengatasi mata lelah, obat tetes ini juga dikatakan dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat iritasi mata ringan, seperti terkena debu. 

Memiliki kemasan yang kecil berbentuk tube, obat tetes ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk dibawa ke mana saja.

Tidak hanya itu, obat ini juga lebih efisien digunakan karena tidak dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan obat ini maksimal adalah 3 x 24 jam setelah kemasan dibuka. 

Nomor registrasi BPOM: DTL0203808846A1

2. Insto Dry Eyes 

Bila Anda mencari rekomendasi obat tetes untuk mengatasi mata lelah akibat terlalu lama menatap layar gadget, Insto Dry Eyes mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Pasalnya, obat tetes mata ini mengandung zat aktif hydroxypropyl methylcellulose dan benzalkonium chloride yang diketahui dapat memberikan efek pelumas, seperti air mata

Berkat kandungan yang memberikan efek pelumas tersebut, obat tetes ini dapat mengatasi gejala mata kering hingga meringankan iritasi mata akibat kekurangan produksi air mata.  

Nomor registrasi BPOM: DTL1438202146A1 

3. Braito Tetes Mata Steril 

Braito Tetes Mata Steril mungkin dapat menjadi rekomendasi obat tetes mata terbaik lainnya untuk atasi mata lelah. 

Kandungan tetrahydrozoline di dalam obat ini disebut dapat membantu mengatasi iritasi mata ringan akibat polusi, terlalu banyak membaca, hingga terlalu lama menatap TV maupun layar gadget. 

Obat ini juga bisa melembapkan mata serta melindunginya dari debu dan kotoran yang dapat meningkatkan risiko iritasi lanjutan pada mata. 

Nomor registrasi BPOM: DTL9413009346A1

4. Rohto Cool Eye Drop 

Bila Anda membutuhkan rekomendasi obat tetes mata kering akibat penggunaan lensa kontak, Rohto Cool Eye Drop dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Sebab, kandungan naphazoline HCl dalam obat ini diklaim dapat meredakan iritasi ringan akibat pemakaian lensa kontak. 

Tidak hanya itu, obat tetes ini juga dapat digunakan untuk mengatasi mata merah akibat debu ataupun sengatan sinar matahari. 

Nomor registrasi BPOM: DTL1140000346A1 

5. Insto Cool 

Rekomendasi tetes mata untuk mata lelah yang selanjutnya datang dari Insto. Formula di dalam tetes mata ini disebut dapat digunakan untuk mengatasi mata lelah karena penggunaan komputer terlalu lama. 

Kandungan mentol di dalamnya juga dapat memberikan efek lembap dan sejuk pada mata. Hal ini tentunya dapat membuat mata kembali segar dan fokus untuk beraktivitas. 

Memiliki kemasan yang kecil, yaitu hanya 7,5 ml, tetes mata ini mudah untuk dibawa ke mana saja karena menghemat tempat penyimpanan. 

Nomor registrasi BPOM: DTL2038202646A1

6. Hylo Comod Lubricating Eye Drops 

Bila Anda pengguna lensa kontak dan sedang mencari rekomendasi obat tetes mata yang dapat langsung digunakan, Hylo Comod Lubricating Eye Drops mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Tetes mata ini dapat mengatasi mata kering akibat penggunaan lensa kontak dan dapat langsung diteteskan pada mata yang sedang menggunakan lensa kontak. 

Hadir dengan kandungan sodium hyaluronate, buffer sitrat, sorbitol, dan air, tetes mata ini dapat memberikan kelembapan pada mata dan diklaim bisa meredakan mata yang perih atau memerah akibat penggunaan lensa kontak terlalu lama.

Nomor izin edar Kemenkes: AKL 21204716715

7. Cendo Asthenof Minidose 

Cendo Asthenof Minidose juga dapat menjadi tetes mata yang dapat digunakan pada Anda yang menggunakan lensa kontak. 

Pasalnya, Cendo Asthenof mengandung oxymetazoline HCl yang diformulasikan untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada mata, seperti akibat iritasi ringan maupun mata kering. 

Nomor registrasi BPOM: DTL7803812846A1

8. Sanbe Tears 

Produk obat tetes mata Sanbe Tears juga cocok digunakan untuk mengatasi keluhan pada mata Anda, seperti mata lelah dan iritasi ringan. 

Pasalnya, kandungan di dalam Sanbe Tears ini dapat membasahi mata, sehingga mata terasa lebih lembap dan segar kembali. 

Nomor registrasi BPOM: DTL9922230946A1 

9. Systane Ultra Lubricant Eye Drops 

Systane Ultra Lubricant Eye Drops adalah obat tetes mata yang diformulasikan khusus untuk mengatasi mata kering. 

Pasalnya, obat ini dapat membuat mata terhidrasi kembali dan terjaga kelembapannya mulai dari kedipan pertama setelah menggunakan obat ini. 

Systane Ultra Lubricant Eye Drops juga dapat digunakan langsung bila Anda menggunakan lensa kontak. Alhasil, mata pun akan terasa nyaman kembali saat menggunakan kontak lensa. 

Nomor izin edar Kemenkes: AKL 21204125746 

10. Navitae Tetes Mata 

Tidak jauh berbeda dengan Systane Ultra Lubricant Eye Drops, merek obat Navitae ini juga dapat menjadi pilihan tetes mata bagi Anda yang mengalami mata kering akibat penggunaan lensa kontak. 

Hal ini karena Navitae Tetes mata mengandung sodium hyaluronate yang diklaim efektif untuk melembapkan mata. 

Tidak hanya itu, kandungan vitamin A dan vitamin E di dalamnya juga dapat meningkatkan kenyamanan mata, sehingga mengurangi gejala mata kering dan mempercepat proses penyembuhan. 

Nomor registrasi BPOM: AKL 21204813544  

Itulah beberapa merek obat tetes mata yang dapat mengatasi keluhan sesuai kebutuhan mata Anda. Sebaiknya hindari penggunaan tetes mata dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, bila tidak kunjung membaik atau keluhan semakin memburuk, segera periksakan diri ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Agar lebih mudah, Anda bisa booking dokter spesialis mata terlebih dahulu melalui platform Hello Sehat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm

Farmasi · None


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 09/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan