Pernahkah Anda cek berapa kadar kolesterol dalam darah Anda? Kalau kolesterol Anda cukup tinggi, dokter atau tenaga kesehatan pasti menganjurkan Anda untuk melakukan berbagai macam perubahan gaya hidup guna mencegah penyakit jantung. Sedangkan kalau kolesterol Anda normal, dokter mungkin mengatakan tak ada yang perlu dikhawatirkan saat ini. Eits, tunggu dulu. Benarkah kolesterol normal berarti Anda terbebas dari risiko penyakit jantung? Belum tentu! Berikut ini alasannya.

Berapa kadar kolesterol yang normal?

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh. Yang pertama adalah kolesterol baik (HDL). Normalnya, orang dewasa memiliki kolesterol baik sejumlah 40 mg/dl atau lebih. Anda tak perlu khawatir kalau kadar kolesterol baik Anda lebih dari angka tersebut. Pasalnya, kolesterol baik bisa melindungi Anda dari serangan jantung dan stroke.

Berbeda dengan kolesterol baik, kolesterol jahat (LDL) yang terlalu tinggi bisa memicu penyakit jantung. Ini karena kolesterol jahat mampu menyumbat pembuluh darah. Maka, pastikan orang dewasa kadar kolesterol jahatnya tak lebih dari 100 mg/dl.

Sedangkan untuk total kolesterol pada orang dewasa, kadar normalnya adalah 200 mg/dl. Biasanya kolesterol Anda dinilai tinggi kalau sudah mencapai angka 240 mg/dl atau lebih.

Kadar kolesterol normal juga bisa kena penyakit jantung

Selama ini banyak orang mengira bahwa hanya mereka yang kadar kolesterolnya tinggi saja yang harus waspada akan risiko penyakit jantung. Padahal, hal ini tidak benar. Menurut sebuah penelitian di University of California, Los Angeles (UCLA) sebanyak 75 persen pasien yang dilarikan ke rumah sakit akibat serangan jantung memiliki kadar kolesterol normal.

Hal serupa juga disuarakan oleh dr. Deepak L. Bhatt dari Harvard Medical School. Spesialis jantung sekaligus peneliti ini mengungkapkan bahwa kira-kira 50 persen orang yang kena serangan jantung kadar kolesterolnya tidak mengkhawatirkan.

Sejumlah penelitian lain juga membuktikan kalau kadar kolesterol normal bukanlah “lampu hijau” bagi seseorang untuk menjalani gaya hidup tak sehat seperti makan sembarangan atau merokok. Meskipun setelah dicek kadar kolesterol Anda normal, tetap ada kemungkinan penyakit jantung yang mengintai.

Kenapa orang dengan kolesterol normal tetap bisa kena penyakit jantung?

Seperti dijelaskan oleh dr. Deepak L. Bath, ada banyak faktor risiko untuk penyakit jantung. Bila kadar kolesterol Anda ternyata normal, mungkin Anda punya faktor risiko lain. Misalnya faktor keturunan, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Penyebab lainnya antara lain merokok, menjadi perokok pasif, kurang berolahraga, dan sering terpapar polusi.

Maka, cek kolesterol saja tidak cukup untuk menentukan apakah Anda terbebas dari risiko penyakit jantung. Menurut dr. Deepak, bila Anda punya faktor-faktor risiko lain yang telah disebutkan di atas dan Anda pernah kena serangan jantung atau stroke, tak ada salahnya minum obat penurun kolesterol. Anda juga disarankan untuk menjalani gaya hidup dan diet sehat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca