Definisi

Apa itu operasi baypass jantung (coronary artery bypass graft)?

Penyakit arteri koroner merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pada di arteri koroner (pembuluh darah yang memasok oksigen ke otot jantung). Penyakit ini mengurangi pasokan darah ke otot jantung, menyebabkan terjadi angina dan serangan jantung.

Kapan saya perlu menjalani operasi baypass jantung (coronary artery bypass graft)?

Coronary artery bypass graft (CABG) adalah prosedur bedah medis  yang dilakukan untuk mengobati penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner dapat menyebabkan angina, nyeri dada yang terjadi ketika pasokan darah kaya oksigen ke jantung menjadi terbatas. Dalam beberapa kasus, angina dapat diobati dengan obat-obatan, namun CABG diperlukan untuk mengobati angina yang parah untuk meningkatkan pasokan darah ke jantung.

 

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani operasi baypass jantung (coronary artery bypass graft)?

Setelah CABG dilakukan, kebanyakan orang merasakan beberapa gejala berkurang, misal sesak napas dan nyeri dada. Risiko serangan jantung juga berkurang. Namun, Anda harus ingat bahwa CABG bukanlah obat untuk penyakit jantung koroner. Jika Anda tidak mengubah pola hidup, seperti mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur, arteri yang dicangkok akan menjadi keras dan menyempit kembali.

Kadang-kadang CABG perlu dilakukan kembali atau Anda mungkin memerlukan prosedur medis  lain untuk melebarkan arteri Anda dengan menggunakan balon kecil dan sebuah tabung yang disebut stent (coronary angioplasty).

Apakah ada alternatif untuk operasi baypass jantung (coronary artery bypass graft)?

Sebagian orang mungkin memerlukan percutaneous coronary intervention (PCI) untuk memperluas arterinya menggunakan balon kecil yang bisa mengembang di dalam. Beberapa obat juga dapat dikonsumsi untuk meringankan gejala penyakit arteri koroner.

 

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum operasi baypass jantung (coronary artery bypass graft)?

Sebelum pergi menuju rumah sakit untuk melakukan CABG, alangkah baiknya Anda melakukan beberapa persiapan.

Berikut hal yang sebaiknya Anda lakukan:

  • letakkan remote TV, radio, telepon, obat-obatan, tissue, buku telepon, dan kacamata di atas meja yang mudah Anda jangkau nantinya setelah operasi
  • sediakan makanan yang mudah untuk disiapkan (misal makanan beku, kaleng, dan makanan baku seperti beras atau pasta) atau siapkan makanan Anda sendiri yang cukup dibekukan atau dihangatkan selama masa pemulihan. Atau, mudahnya mintalah bantuan seseorang untuk memasak sampai kondisi Anda pulih
  • sebelum menuju rumah sakit, Anda harus mandi yang bersih, keramas, dan memotong kuku (jangan lupa bersihkan segala jenis kuteks yang Anda pakai). Pakailah pakaian yang bersih untuk mencegah menempelnya bakteri, yang mungkin dapat meningkatkan risiko komplikasi

Saat sampai di rumah sakit, Anda harus berdiskusi dengan dokter tentang pengobatan terakhir yang Anda jalani, alergi, atau kondisi kesehatan lain. Sebelum melakukan operasi, Anda akan bertemu dengan dokter anestesi dan merencanakan anestesi bersama. Ikuti aturan yang diberikan untuk berpuasa sebelum operasi.

Bagaimana proses operasi baypass jantung (coronary artery bypass graft)?

Operasi ini dilakukan di bawah anestesi umum dan biasanya memakan waktu sekitar tiga jam.

Dokter bedah akan membedah bagian depan dada Anda melalui tulang dada. Anda akan dihubungkan dengan mesin jantung-paru, yang membuat jantung Anda diam sejenak sementara operasi bypass ini dilakukan.

Dokter bedah akan mengambil pembuluh darah yang panjang dari bagian lain dalam tubuh Anda, untuk mengatasi penyumbatan dan memasok darah ke jantung Anda.

Apa yang harus saya lakukan setelah operasi baypass jantung (coronary artery bypass graft)?

Setelah operasi Anda akan dipindahkan ke cardiac intensive-care unit (unit perawatan jantung intensif) atau high-dependency unit selama beberapa hari, dan kemudian dipindahkan ke bangsal. Anda dapat pulang ke rumah setelah 7 sampai 10 hari. Dokter Anda akan memberi tahu kapan Anda dapat kembali melakukan ativitas normal. Olahraga teratur akan membantu Anda untuk kembali melakukan aktivitas normal secepat mungkin. Sebelum Anda mulai berolahraga, mintalah saran tim kesehatan atau dokter.  Kebanyakan orang mampu pulih sempurna, angina mereda, tetapi kadang-kadang beberapa gejala dapat muncul kembali.

Komplikasi

Komplikasi apa yang dapat terjadi?

Sama halnya dengan operasi yang lain, CABG juga memiliki risiko komplikasi.

Komplikasi yang mungkin terjadi karena prosedur operasi meliputi: nyeri, perdarahan, pengerutan, dan pembekuan darah. Risiko yang jarang terjadi dan dapat diobati adalah detak jantung tidak teratur atau infeksi luka, tetapi kadang risiko komplikasi yang serius seperti stroke atau serangan jantung juga dapat terjadi.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca