backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

8 Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan yang Aman untuk Ibu Hamil

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 29/11/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    8 Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan yang Aman untuk Ibu Hamil

    Ketika imun sedang turun, seseorang akan rentan mengalami sakit tenggorokan tak terkecuali ibu hamil. Biasanya, kondisi membuat tenggorokan terasa tidak nyaman, gatal, nyeri, bahkan sakit untuk menelan. Nah, bagi ibu hamil tidak boleh minum sembarang obat untuk meredakan radang. Yuk, simak ulasan berikut untuk tahu obat sakit tenggorokan yang aman untuk ibu hamil!

    Cara memilih obat sakit tenggorokan untuk ibu hamil

    Selain melakukan pengobatan rumahan, sebagian ibu hamil mungkin menjadi obat sebagai andalan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

    Meskipun tidak ada obat yang benar-benar aman tanpa efek samping, tapi ibu hamil bisa mempertimbangkan kandungan obat dengan memeriksanya pada kemasan.

    Mengutip UT Southwestern, obat jenis semprotan atau tablet hisap yang mengandung benzokain dapat ibu hamil gunakan untuk membantu meredakan sakit pada tenggorokan. 

    Selain itu, mengisap permen juga dapat membuat air liur tetap mengalir, sehingga bisa mengurangi iritasi dan ketidaknyamanan tenggorokan. 

    Oleh karena itu, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsi obat apapun.

    Rekomendasi obat sakit tenggorokan untuk ibu hamil

    Sakit tenggorokan

    Nah, buat Anda yang masih bingung memilih obat radang tenggorokan ibu hamil yang cocok, simak rekomendasinya berikut ini.

    1. Amoxicillin 

    Amoxicillin merupakan salah satu obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga bakteri akan mati.

    Menurut Food and Drug Administration (FDA), Amoxicillin termasuk dalam kategori B, yang artinya amoxicillin aman digunakan saat hamil dan tidak menyebabkan keguguran atau cacat lahir. 

    Namun, Anda harus tetap memperhatikan asupan obat ini karena harus dikonsumsi sesuai resep dan anjuran dokter.

    Nomor registrasi BPOM: GKL9922230101A1

    2. Degirol 

    Degirol adalah obat berbentuk tablet hisap yang mengandung dequalinium klorida. 

    Obat ini aman bagi ibu hamil untuk meredakan sakit tenggorokan dan rongga mulut, seperti sariawan, radang gusi, serta radang amandel.

    Dalam 1 strip Degirol terdiri dari 10 tablet. Anda bisa mengonsumsinya tiap 3 sampai 4 jam sebanyak 1 tablet dengan cara dihisap, atau sesuai petunjuk dokter.

    Pastikan ikuti aturan pakai yang ada pada kemasan dan tidak mengonsumsi lebih dari 8 tablet sehari.

    Nomor registrasi BPOM: DBL 9104508712A1

    3. Sanjin Watermelon Frost Lozenges

    Sanjin Watermelon Frost Lozenges mengklaim efektif untuk meredakan peradangan tenggorokan dan rongga mulut berulang akibat panas dalam. 

    Obat ini berbentuk tablet isap yang mengandung mikro elemen, termasuk Zinc dan 18 jenis asam amino yang penting untuk kesehatan tubuh.

    Tablet isap ini juga tanpa efek samping pada selaput rongga mulut dan saluran pencernaan, sehingga cocok untuk mengatasi sakit tenggorokan pada ibu hamil.

    Nomor registrasi BPOM: TI 164 549 791

    4. Larutan Cap Kaki Tiga 

    Larutan Cap Kaki Tiga dapat Anda gunakan untuk meredakan panas dalam disertai dengan gejala seperti bibir pecah-pecah, sariawan, bau mulut, sakit tenggorokan, batuk, tenggorokan kering, tubuh tidak fit.

    Minuman penyegar ini mengandung gypsum fibrosum dan calcitum dengan rasa segar, sehingga dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada mulut atau tenggorokan.

    Kendati begitu, Anda tetap harus mengonsumsinya dengan bijak dan sesuai dosis yang dianjurkan. 

    Nomor registrasi BPOM: TR112627351

    5. Larutan Cap Badak 

    Hampir sama dengan produk sebelumnya, Larutan Cap Badak termasuk obat sakit tenggorokan yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Sebab, tidak mengandung kafein, soda, atau bahan kimia berbahaya.

    Dengan kandungan gypsum fibrosum, calcareous spar, dan cornu antelopis, dapat membantu mengatasi infeksi bakteri pada mulut dan tenggorokan, yang merupakan salah satu penyebab sakit tenggorokan.

    Dengan harga yang sangat terjangkau, tidak sulit bagi Anda menemukan produk ini di toko atau swalayan terdekat.

    Nomor registrasi BPOM: TR112627351

    6. Adem Sari

    Adem Sari termasuk minuman penyegar yang terbuat dari bahan-bahan herbal, seperti ekstrak jeruk nipis, pulosari, dan kayu manis untuk membantu meredakan ketidaknyamanan pada tenggorokan.

    Selain itu, kandungan vitamin C didalamnya baik untuk daya tahan tubuh dan mencegah infeksi bakteri pada mulut dan tenggorokan.

    Pastikan Anda tidak mengonsumsi Adem Sari secara berlebihan dan segera konsultasikan dengan dokter jika mengalami efek samping.

    Nomor registrasi BPOM: TR212230131

    7. Strepsils

    Anda pasti sudah familiar dengan brand yang satu ini, kan? Strepsils merupakan obat berbentuk permen yang dapat ibu hamil gunakan untuk memberikan rasa lega di tenggorokan yang sakit. 

    Permen pelega tenggorokan ini juga bermanfaat untuk meringankan rasa sakit akibat perlukaan atau lesi di mulut dan tenggorokan serta mengurangi bau mulut. 

    Dilengkapi dengan antibakteri untuk membantu membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan dan infeksi mulut.

    Nomor registrasi BPOM: QI 144 509 121

    8. Hexadol

    Apabila Anda sedang hamil dan mencari obat kumur yang aman untuk meredakan radang tenggorokan, bisa pilih Hexadol.

    Hexadol adalah jenis obat kumur mengandung hexetidine, yaitu zat antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi pada mulut dan tenggorokan. 

    Dengan rasa yang menyegarkan seperti mint dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada mulut dan tenggorokan.

    Cara menggunakan obat ini terbilang mudah, Anda cukup berkumur sebanyak 15 ml selama 30 detik pagi dan malam.

    Nomor registrasi BPOM: DTL0518819640A1

    Demikian rekomendasi obat sakit tenggorokan yang cocok untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan selama hamil, ya!

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 29/11/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan