backup og meta
Kategori

1

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

10 Merk Obat dan Vitamin Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 30/07/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Merk Obat dan Vitamin Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Kurang darah alias anemia merupakan salah satu keluhan umum selama kehamilan. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk minum tablet tambah darah untuk mencegah dan mengatasinya. Yuk, simak beragam rekomendasi obat penambah darah untuk ibu hamil berikut ini!

Cara kami memilih obat penambah darah untuk ibu hamil

minum tablet tambah darah

Ibu hamil rentan mengalami anemia, khususnya anemia defisiensi zat besi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kurang makan makanan kaya zat besi sebelum dan semasa hamil.

Studi dalam jurnal BMC Pregnancy and Childbirth (2015), menunjukkan volume darah tubuh ibu meningkat 10–15% pada awal kehamilan dan makin pesat setelahnya.

Kurangnya asupan zat besi bisa membuat produksi hemoglobin (Hb) terhambat. Penurunan kadar Hb inilah yang menjadi penyebab anemia pada ibu hamil.

Dalam memilih obat penambah darah untuk ibu hamil, kami telah mendaftar kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan sebagai berikut.

  • Zat besi: mineral ini membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian dan mendukung proses pembentukan hemoglobin.
  • Asam folat: juga dikenal sebagai vitamin B9, fungsinya adalah membantu pembentukan sel darah merah.
  • Vitamin C dan B12: vitamin C membantu penyerapan dan penyimpanan zat besi pada hati, sedangkan vitamin B12 membantu pembentukan sel darah merah.

Kami juga telah mengecek nomor registrasi BPOM sehingga rekomendasi obat, vitamin, dan tablet tambah darah di bawah ini ini sudah memiliki izin edar dan aman untuk ibu hamil gunakan.

Namun, pastikan Anda tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum minum tablet tambah darah di bawah ini.

10 rekomendasi obat penambah darah untuk ibu hamil

Obat penambah darah untuk mencegah dan mengatasi anemia pada ibu hamil tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini rekomendasi merek suplemen penambah darah terbaik yang telah kami rangkum.

1. Sangobion Kapsul

Banyak kalangan merekomendasikan Sangobion untuk mengatasi kurang darah atau anemia.

Sangobion Kapsul adalah suplemen zat besi yang dilengkapi mineral dan vitamin lain, seperti mangan, tembaga, asam folat, vitamin C, dan vitamin B12.

Kandungan-kandungan pada suplemen multivitamin Sangobion bisa membantu pembentukan hemoglobin (Hb) yang berperan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Dosis pemakaian: 1 kapsul sekali sehari pada waktu makan atau sesudah makan.

Nomor registrasi BPOM: DBL8815801601A1

2. Tablet Tambah Darah

Tablet Tambah Darah mengandung zat besi dan asam folat. Wanita perlu minum suplemen zat besi untuk mengatasi anemia saat menstruasi, hamil, maupun menyusui.

Asam folat dalam tablet salut gula ini juga membantu mencegah anemia megaloblastik selama masa kehamilan dan menyusui nantinya.

Sebagai obat generik, tablet penambah darah (TTD) untuk ibu hamil ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan mudah Anda temukan di apotek terdekat.

Dosis pemakaian: 1 tablet sekali sehari sebelum atau sesudah makan.

Nomor registrasi BPOM: GBL1937500716A1

3. Maltofer Tablet Kunyah

Jika mengalami kesulitan menelan obat kapsul dan tablet, Maltofer Tablet Kunyah mungkin bisa menjadi merk obat penambah darah untuk ibu hamil yang tepat untuk Anda.

Obat Maltofer bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi kekurangan zat besi saat hamil.

Dalam tiap tablet kunyah, terkandung 100 mg zat besi. Suplemen ini bisa dikunyah langsung dengan rasa dan aroma manis yang tidak memicu mual pada ibu hamil.

Dosis pemakaian: 1 tablet kunyah sekali sehari selama atau segera setelah makan.

Nomor registrasi BPOM: DBL0204128063A1

4. Vitabiotics Feroglobin Capsules

Vitabiotics Feroglobin Capsules adalah suplemen multivitamin untuk mengatasi kekurangan zat besi dan anemia saat menstruasi maupun masa kehamilan.

Kandungan dalam suplemen mineral dan vitamin penambah darah untuk ibu hamil ini termasuk zat besi, zinc, tembaga, asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12.

Suplemen dari Vitabiotics memiliki formulasi yang aman untuk lambung sehingga dapat mengurangi efek samping seperti sakit perut, mual, dan muntah.

Dosis pemakaian: 1 kapsul sekali sehari sesudah makan.

Nomor registrasi BPOM: SL091300561

5. Hufabion

Hufabion mangandung zat besi, mangan, tembaga, asam folat, vitamin C, dan vitamin B12 yang membantu mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi.

Untuk membantu penyerapan zat besi dari suplemen ini, Anda juga dianjurkan mengonsumsi buah penambah darah yang kaya vitamin C, seperti jeruk dan stroberi.

Dosis pemakaian: 1 tablet sekali sehari pada waktu makan atau sesudah makan.

Nomor registrasi BPOM: SD171351181

6. Tonikum Bayer

Tidak hanya ampuh sebagai suplemen mineral dan vitamin penambah darah untuk ibu hamil, Tonikum Bayer juga dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tonikum Bayer memiliki kandungan zat besi, kalsium, mangan, zinc, dan vitamin B kompleks.

Suplemen multivitamin cair ini mudah dikonsumsi bagi ibu hamil yang sulit minum obat tablet. Rasa tutti frutti pada suplemen ini juga mencegah mual saat Anda meminumnya.

Dosis pemakaian: 1 sendok makan (15 ml) sekali sehari.

Nomor registrasi BPOM: SD041617151

7. Hemobion

Hemobion adalah salah satu merk kapsul tambah darah untuk ibu hamil dengan kombinasi zat besi, asam folat, vitamin C, dan vitamin B12 yang dapat membantu mencegah anemia.

Selain itu, vitamin untuk ibu hamil ini juga mengandung kalsium dan vitamin D3 yang berfungsi memelihara kesehatan tulang selama masa kehamilan.

Dosis pemakaian: 1 kapsul sekali sehari sesudah makan.

Nomor registrasi BPOM: DBL8515801201A1

8. Sakatonik Activ Kaplet

Sakatonik Activ yang dahulunya disebut sebagai Sakatonik Liver adalah suplemen zat besi dan multivitamin yang mampu menjaga kesehatan tubuh ibu hamil.

Suplemen dalam bentuk kaplet yang mudah ditelan ini memiliki kandungan mineral dan vitamin penting, termasuk zat besi, mangan, zinc, asam folat, dan vitamin B kompleks.

Di samping menambah darah, Sakatonik Activ Kaplet juga membantu menambah nafsu makan dan memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan.

Dosis pemakaian: 1 kaplet sekali sehari sesudah makan.

Nomor registrasi BPOM: SD021504181

9. Indobion

Kombinasi zat besi dan asam folat pada Indobion bisa mencegah anemia saat hamil. Keduanya membantu pembentukan hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh Anda.

Saat mengonsumsi obat penambah darah untuk ibu hamil, Anda mungkin akan mendapati tinja Anda berwarna hitam. Hal ini termasuk efek samping ringan dan tidak berbahaya bagi ibu hamil.

Dosis pemakaian: 1 tablet sekali sehari sesudah makan.

Nomor registrasi BPOM: DBL1820940516A1

10. Emineton

Emineton merupakan suplemen multivitamin yang bisa ibu hamil konsumsi untuk mencegah dan mengobati anemia.

Tablet penambah darah ini memiliki kandungan gizi yang lengkap untuk ibu hamil, termasuk zat besi, tembaga, mangan, kalsium, asam folat, vitamin C, vitamin B12, dan vitamin E.

Selain untuk anemia pada ibu hamil, Emineton juga baik digunakan untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak dan mempercepat proses pemulihan setelah sakit.

Nomor registrasi BPOM: SD031505341

Demikian rekomendasi merek obat penambah darah yang aman untuk ibu hamil. Daftar produk di atas umumnya mudah Anda temukan, baik di apotek maupun e-commerce.

Selalu ikuti anjuran dokter saat meminum suplemen ini. Imbangi pula dengan gaya hidup sehat untuk ibu hamil, seperti makan sehat, cukup minum air, dan rajin bergerak.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 30/07/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan