backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

9 Merk Lipstik yang Aman untuk Ibu Hamil, Mulai 40 Ribuan!

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 29/09/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

9 Merk Lipstik yang Aman untuk Ibu Hamil, Mulai 40 Ribuan!

Selama kehamilan, Anda memang harus lebih berhati-hati saat memilih produk makeup, tidak terkecuali lipstik. Selain mencari warna yang cocok supaya wajah tidak terlihat pucat, ibu hamil juga harus memilih merk lipstik yang aman.

Masih bingung memilih merk lipstik yang tidak hanya bagus, tetapi juga aman digunakan selama kehamilan? Simak informasi berikut untuk mengetahui rekomendasinya

Cara memilih lipstik yang aman untuk ibu hamil

Sebagian besar makeup yang digunakan langsung pada kulit dan bibir dapat meresap ke dalam tubuh. Zat yang meresap ini dikhawatirkan dapat terbawa ke dalam plasenta dan membahayakan janin.

Untuk meminimalkan risikonya, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda lakukan saat memilih produk kecantikan saat hamil.

1. Baca informasi pada kemasan

Bahan utama pembuatan lipstik

Sebelum membeli lipstik, pastikan Anda sudah membaca keterangan produk pada kemasan, terutama bagian komposisi dan peringatan.

Tidak jarang, beberapa merk sudah menuliskan apakah produk mereka aman digunakan atau harus dihindari ibu hamil.

2. Kenali bahan yang harus dihindari

Laman International Forum for Wellbeing in Pregnancy menyebutkan bahwa timbal merupakan salah satu jenis logam berat yang mungkin terdapat dalam produk lipstik dan perlu dihindari selama kehamilan.

Triklosan, phthalate, paraben, dan endocrine disruptive chemicals (EDCs) merupakan bahan kimia lain yang sebaiknya dihindari ibu hamil.

3. Pilih produk tanpa bahan tambahan

Beberapa produk lipstik mengandung zat pewangi, perasa, atau bahan tambahan lainnya. Anda sebaiknya menghindari lipstik seperti ini, terutama saat hamil.

Sebaliknya, cari tahu apa saja bahan pembuat lipstik alami atau organik yang lebih aman untuk digunakan selama kehamilan.

Setelah menemukan lipstik dengan standar seperti di atas, Anda bisa menyesuaikannya dengan warna kulit, ketahanan, atau hasil akhirnya, sesuai selera.

9 rekomendasi merk lipstik yang aman untuk ibu hamil

Berikut adalah beberapa merk lipstik yang bisa Anda pertimbangkan selama kehamilan.

1. Revlon Super Lustrous Lipstik

Diformulasikan dengan Silk Enriched Moisturizer, Revlon Super Lustrous Lipstik dapat menjadikan bibir lembut sekaligus lebih lembap.

Revlon bisa menjadi salah satu lipstik yang aman digunakan karena terbebas dari alergen, pengawet, dan paraben yang berbahaya bagi bumil.

Revlon Super Lustrous Lipstik juga dibuat dengan pigmen microfine sehingga memberikan hasil akhir yang intens, tetapi tetap terasa ringan.

Nomor izin edar BPOM: NA18211300313

2. Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick

Dengan klaim alkohol dan cruelty-free, Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick dinilai cukup aman bagi ibu hamil yang tetap ingin mempercantik tampilan bibirnya.

Hasil akhir powdery matte akan membuat produk ini terasa nyaman dan ringan. Meski begitu, pigmentasi warna lipstik ini dinilai cukup baik.

Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick juga mengusung tema halal green beauty sehingga sudah pasti mendapat izin edar MUI.

Nomor izin edar BPOM: NA18201302022

3. The Body Shop Color Crush Lipstick

Lipstik dari The Body Shop ini telah diperkaya dengan Community Trade marula oil, beeswax, dan cherry seed oil.

Dengan begitu, bibir akan terasa lembap serta terhindar dari sensasi kering dan tidak nyaman.

Meski memiliki pigmen yang membuat warnanya keluar cukup intens, The Body Shop Color Crush Lipstick tetap memberi hasil akhir natural.

Bukan hanya aman untuk bumil, lipstik ini juga telah dibuat dengan prinsip cruelty-free dan giving back to nature sehingga ramah lingkungan.

Nomor izin edar BPOM: NC24221300045

4. Mineral Botanica The Grail Vivid Matte Lipstick

Rekomendasi lipstik yang aman untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah Mineral Botanica The Grail Vivid Matte Lipstick.

Hadir dalam bentuk standar bullet lipstik, produk ini akan mudah digunakan untuk menjaga kelembapan bibir ibu hamil.

Dengan satin finish, Mineral Botanica The Grail Vivid Matte Lipstick akan memberikan hasil matte, tetapi tidak kering.

Varian lipstik dari Mineral Botanica ini terdiri dalam 15 pilihan warna, dengan salah satunya adalah hitam. Apakah Anda berani mencobanya?

Nomor izin edar BPOM: NA18211300432

5. Luxcrime Ultra Creamy Lip Velvet

Dibuat dengan Cotton-Fitting Technology, Luxcrime Ultra Creamy Lip Velvet akan terasa sangat lembut saat dioleskan pada bibir.

Merk lipstik lokal ini juga telah diperkaya dengan vitamin E, minyak jojoba, dan squalane untuk menjaga bibir tetap lembap dan kenyal.

Bagi Anda yang memiliki bibir mudah pecah-pecah, lipstik dari Luxcrime ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Pasalnya, squalane mudah meresap ke dalam bibir Anda dan langsung mengunci kelembapannya.

Luxcrime telah mengklaim bahwa produk-produknya tidak termasuk animal tested (tidak diuji pada hewan) dan terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Nomor izin edar BPOM: NA18221300114

6.Wardah Intense Matte Lipstick

Tersedia dalam 12 pilihan warna, Wardah Intense Matte Lipstick juga bisa menjadi salah satu pilihan merk lipstik yang aman untuk ibu hamil.

Merk lokal ini telah diformulasikan dengan High Color Fixtation Technology yang membuat kelembapan alami bibir bertahan lebih lama.

Teksturnya yang creamy membuat Wardah Intense Matte Lipstick terasa nyaman digunakan untuk sehari-hari. Terlebih, produk ini juga telah diklaim highly-pigmented.

Nomor izin edar BPOM: NA18201301286

7. SASC Ultimatte Lip Liquid

Ultimate Lip Liquid dari SASC (Socially Aware Secy Cosmetics) bisa menjadi pilihan lipstik yang aman karena diklaim telah bebas dari bahan kosmetik yang harus dihindari bumil. 

Produk lipstik ini justru diperkaya dengan vitamin E, pelembap, dan antioksidan sehingga tidak hanya melembapkan, tetapi juga menutrisi bibir.

Meski memiliki tekstur creamy, Ultimate Lip Liquid dari SASC juga diklaim tetap terasa ringan pada bibir.

Nomor izin edar BPOM: NA18231302007

8. Emina Creamatte

Selain membuat bibir jadi merah alami, Emina Creamatte memang diformulasikan untuk melembapkan bibir karena telah diperkaya dengan vitamin E.

Walaupun memiliki tekstur yang creamy, lip cream ini pun diklaim tidak mudah membuat bibir kering.

Tersedia dalam 15 pilihan warna, Emina Creamatte memberikan hasil akhir MLBB atau My Lips But Better, cocok bagi Anda yang tidak terlalu menyukai warna mencolok.

Emina Creamatte juga mengandung ekstrak macadamia yang akan menjaga kelembapan bibir Anda sepanjang hari.

Nomor izin edar BPOM: NA18201300068

9. Dear Me Beauty Perfect Matte Lip Coat

Tidak mau kalah, Dear Me Beauty selaku merk lokal rupanya juga telah dibuat dengan prinsip cruelty-free dan penggunaan bahan alami.

Itulah alasan mengapa Perfect Matte Lip Coat diklaim bisa menjadi salah satu rekomendasi lipstik aman untuk ibu hamil.

Dear Me Beauty Perfect Matte Lip Coat juga telah diperkaya dengan argania spinosa kernel oil yang akan melembapkan bibir dan mencegahnya dari kekeringan.

Cukup dengan dua pulasan saja, produk ini akan memberikan warna yang mencolok pada bibir. Teksturnya yang ringan akan membuatnya tetap nyaman meski dipakai seharian.

Nomor izin edar BPOM: NA18201300312

Itulah beberapa merk lipstik yang aman untuk ibu hamil versi kami. Meski sudah memilih merk lipstik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda, usahakan untuk tetap membicarakannya kembali dengan dokter kandungan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 29/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan