backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

9 Foundation yang Aman untuk Ibu Hamil, Mulai dari 40 Ribuan

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 30/09/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

9 Foundation yang Aman untuk Ibu Hamil, Mulai dari 40 Ribuan

Jika selama ini pertimbangan Anda dalam memilih foundation adalah shade warna, lain halnya dengan ibu hamil. Ibu hamil harus memastikan bahwa foundation yang ia gunakan aman untuk dirinya dan janin.

Produk makeup untuk ibu hamil harus bebas dari bahan yang membahayakan kehamilan. Kulit ibu hamil juga cenderung sensitif, jadi Anda harus menghindari bahan-bahan yang mudah mengiritasi kulit.

Masih bingung memilih merk foundation untuk digunakan selama kehamilan? Simak informasi berikut!

Cara memilih foundation yang aman untuk ibu hamil

Warna foundation

Sebelum membeli foundation, pastikan Anda sudah membaca komposisi bahan pada kemasan. Pasalnya, beberapa merk bahkan telah menuliskan apakah produk mereka aman untuk ibu hamil atau tidak.

Mengutip dari laman March of Dimes, berikut adalah beberapa bahan kosmetik yang sebaiknya dihindari selama kehamilan.

  • Endocrine-Disrupting Chemicals (EDCs): meningkatkan risiko kelahiran prematur, penyakit bawaan janin, bayi lahir berat rendah, hingga mengganggu pembentukan organ janin. Beberapa contoh EDCs adalah ftalat, paraben, dan triklosan.
  • Hidrokuinon: meningkatkan risiko kanker, kerusakan DNA, dan gangguan endokrin.
  • Retinol: mengganggu perkembangan janin hingga meningkatkan risiko cacat lahir.

Selain memastikan bahwa berbagai bahan di atas tidak ada pada foundation yang Anda beli, pilih juga makeup dengan tekstur ringan dan mengandung pelembap.

9 rekomendasi foundation yang aman untuk ibu hamil

Jika Anda ingin memakai foundation sebagai salah satu makeup saat hamil, coba pertimbangkan beberapa merk berikut!

1. Somethinc Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation

Dengan jaminan lulus tes dermatologi, Somethinc Badass Breathable Full Coverage 12 HR Serum Foundation terbukti tidak hanya meratakan warna kulit, tetapi juga merawatnya.

Foundation lokal ini juga telah diformulasikan supaya waterproof sehingga mampu bertahan tanpa luntur hingga 12 jam.

Somethinc juga sudah memperkaya produk foundation-nya dengan live filter effect sehingga membuat wajah terlihat mulus dan bebas pori-pori.

Foundation dari Somethinc ini tersedia dalam 12 shades yang bisa Anda sesuaikan dengan warna kulit dan kebutuhan.

Nomor izin edar BPOM: NA18210300490

2. Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation

Foundation lokal lainnya yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan saat hamil adalah Dear Me Beauty Air Poreless Fluid Foundation.

Foundation ini diklaim telah terbebas dari paraben, silikon, alkohol, dan sulfat sehingga aman untuk ibu hamil.

Produk ini juga mengandung bahan skincare yang aman untuk bumil, seperti allantoin, caffeine, dan betaine sehingga tidak hanya mempercantik, tetapi juga merawat kulit.

Meski memberikan coverage medium to full, Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation tetap terasa ringan sehingga nyaman digunakan ibu hamil.

Nomor izin edar BPOM: NA18200300727

3. Wardah Everyday Luminous Liquid Foundation

Diformulasikan dengan UV protection, Wardah Everyday Luminous Liquid Foundation akan melindungi kulit ibu hamil dari paparan sinar matahari berlebih.

Meski memiliki tekstur ringan, produk ini diklaim mampu menyamarkan noda hitam dengan baik.

Wardah Everyday Luminous Liquid Foundation memberikan hasil akhir matte dan soft focus sehingga tidak membuat wajah terlihat mengilap dan berpori.

Foundation dengan empat pilihan warna ini juga diklaim cocok untuk semua jenis kulit, lo! Tertarik mencobanya?

Nomor izin edar BPOM: NA18140301483

4. The Body Shop Fresh Nude Foundation

Dengan kandungan vitamin E dan organic aloe vera, The Body Shop Fresh Nude Foundation tidak hanya meratakan warna kulit, tetapi juga melembapkannya hingga selama 24 jam.

Foundation ini memiliki medium coverage sehingga aman untuk ibu hamil yang tidak menyukai kosmetik dengan tampilan bold.

Kelebihan lain dari produk ini adalah kemasannya yang terbuat dari 100% bahan daur ulang sehingga baik untuk lingkungan.

The Body Shop Fresh Nude Foundation juga diklaim aman untuk pemilik kulit sensitif, seperti ibu hamil.

Nomor izin edar BPOM: NC52230300001

5. Mineral Botanica Dura-Wear Loose Foundation

Dengan harga yang cukup terjangkau, Mineral Botanica Dura-Wear loose Foundation telah diperkaya dengan adansonia extract sehingga mampu melembapkan dan mencerahkan kulit.

Foundation tabur ini juga cenderung terasa lebih ringan dibandingkan versi cairnya. Teksturnya pun cukup lembut sehingga nyaman digunakan.

Mineral Botanica Dura-Wear Loose Foundation diklaim mampu menutupi pori dengan sempurna dan dapat mempertahankan tampilan riasan selama seharian.

Nomor izin edar BPOM: NA18200400081

6. BLP Face Base Foundation

Memiliki tekstur seringan air, BLP Face Base Foundation diklaim tetap bisa memberikan medium coverage dengan satu pump saja.

Foundation lokal ini dinilai menjadi salah satu yang aman untuk ibu hamil karena terbebas dari pewangi dan sudah lulus uji dermatologi.

BLP Face Base Foundation juga telah dilengkapi dengan ekstrak chamomile dan allantoin sehingga dapat membantu menenangkan sekaligus melindungi kulit dari berbagai kerusakan.

Ditambah lagi, produk ini juga sudah diperkaya dengan UV protection untuk mencegah paparan sinar matahari berlebih.

Nomor izin edar BPOM: NA18200300568

7. Lumecolors HD Full Coverage Ultra Lightweight Foundation

Rekomendasi merk foundation yang aman untuk ibu hamil selanjutnya adalah Lumecolors HD Full Coverage Ultra Lightweight Foundation.

Seperti namanya, produk ini diklaim tetap terasa ringan di kulit meskipun memberikan coverage yang menyeluruh.

Selain menyamarkan noda hitam, foundation dari Lumecolors ini juga mampu meredakan kemerahan dan noda bekas jerawat hingga 90 persen.

Lumecolors HD Full Coverage Ultra Lightweight Foundation juga telah diperkaya dengan vitamin E, moisturizer, SPF-15, dan antioksidan sehingga mampu memberi perlindungan maksimal dari polusi serta efek buruk sinar matahari.

Nomor izin edar BPOM: NA11200300091

8. ESQA Flawless Powder Foundation

ESQA Flawless Powder Foundation merupakan salah satu merk kosmetik yang aman untuk ibu hamil karena diformulasikan tanpa paraben, ftalat, triklosan, sodium lauryl sulfate, hingga gluten.

Memiliki hasil akhir velvet matte, foundation ini tidak akan membuat kulit wajah terlihat berminyak, tetapi juga tidak terasa kering.

Hadir dalam bentuk powder, foundation dari ESQA ini telah dilengkapi aplikator dua sisi. Gunakan sisi micro fiber untuk medium coverage dan sisi yang lebih halus untuk full coverage.

Nomor izin edar BPOM: NA11201200703

9. Dazzle Me Day by Day Foundation

Bagi ibu hamil yang memiliki kulit berminyak, foundation dari Dazzle Me bisa menjadi pilihan tepat karena telah diformulasikan dengan mineral oil-free.

Foundation dengan empat pilihan shade ini juga dilengkapi dengan ekstrak bunga french immortelle yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan centella asiatica untuk melembapkan sekaligus menenangkan kulit.

Day by Day Foundation juga telah diformulasikan menggunakan mineral serta chemical sunscreen untuk menangkal sinar matahari berlebih.

Selain itu, produk kosmetik ramah bumil yang satu ini juga diklaim transfer, smudge, sekaligus mask proof sehingga mampu bertahan hingga 24 jam.

Nomor izin edar BPOM: NA11220300227

Itulah beberapa rekomendasi foundation lokal maupun luar yang aman untuk ibu hamil versi kami. Supaya lebih aman, jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter kandungan terkait pilihan produk makeup Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 30/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan