backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

9 Rekomendasi Bantal Hamil Terbaik agar Tidur Lebih Nyenyak

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 05/07/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

9 Rekomendasi Bantal Hamil Terbaik agar Tidur Lebih Nyenyak

Bantal hamil alias maternity pillow memang dirancang khusus untuk mendukung lekuk tubuh ibu hamil saat tidur. Pasalnya, bentuk tubuh yang membesar bisa menimbulkan sejumlah keluhan saat hamil. Yuk, ketahui rekomendasi bantal hamil terbaik yang bisa Anda gunakan di bawah ini!

Cara kami memilih bantal ibu hamil yang bagus

tidur terlalu lama saat hamil

Perubahan tubuh saat kehamilan, misalnya perut yang membesar dan berat badan yang bertambah, sering menimbulkan masalah. Oleh sebab itu, ibu disarankan untuk tidur dalam posisi yang tepat.

Dilansir dari American Pregnancy Association, posisi tidur terbaik selama kehamilan yakni miring ke kiri, terutama pada trimester dua sampai trimester tiga.

Posisi ini akan membantu sirkulasi darah tetap lancar. Dengan demikian, janin dapat menerima oksigen dan zat gizi melalui plasenta secara optimal.

Nah, fungsi bantal hamil sendiri yaitu menopang posisi tidur ibu hamil. Berdasarkan fungsinya, berikut beberapa jenis bantal hamil yang bisa Anda pilih.

  • Total body pillow: menopang seluruh tubuh ibu hamil, seperti kepala, perut, punggung, hingga kaki.
  • Full length pillow: menopang bagian depan tubuh ibu hamil, seperti lengan, perut, dan kaki, dengan bentuk menyerupai guling.
  • Wedge pillow: menopang bagian tubuh tertentu, seperti perut dan punggung saja, dengan bentuk kecil menyerupai irisan segitiga.

Di samping melihat jenis dan fungsinya, kami juga memperhatikan kualitas dan isian bantal saat memilih rekomendasi merk bantal ibu hamil yang bagus.

Sarung bantal harus berbahan katun sehingga mudah menyerap keringat. Untuk isian bantal, kami memilih bahan lateks alami dan serat poliester yang bisa menopang tubuh dengan baik.

9 rekomendasi merek bantal ibu hamil terbaik

Berdasarkan pertimbangan di atas, berikut ini adalah beberapa rekomendasi merk bantal hamil terbaik yang bagus dan mudah Anda temukan di pasaran.

1. Dunlopillo Butterfly Maternity Pillow

Sesuai dengan namanya, Dunlopillo Butterfly Maternity Pillow punya bentuk menyerupai sayap kupu-kupu yang mampu menopang posisi tidur ibu hamil.

Kedua bantalan yang terdapat pada sisi kiri dan kanan dapat mengurangi tekanan para perut dan punggung ibu hamil tanpa memenuhi seluruh tempat tidur Anda.

Produk bantal dari Dunlopillo ini terbuat dari serat poliester yang halus dan lembut. Sarungnya juga terbuat dari katun hipoalergenik sehingga aman untuk digunakan ibu hamil.

2. Omiland Bantal Ibu Hamil Panda Series

Omiland Bantal Ibu Hamil Panda Series adalah bantal khusus ibu hamil yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan dukungan pada seluruh tubuh Anda.

Bantal berjenis total body pillow ini menopang keseluruhan tubuh ibu hamil supaya waktu tidur dan istirahatnya menjadi lebih nyaman dan berkualitas.

Tak hanya selama kehamilan, maternity pillow dari Omiland ini juga dapat Anda gunakan kembali sebagai bantal untuk menyusui.

3. The Luxe Maternity Pillow

The Luxe Maternity Pillow membantu ibu hamil tidur lebih nyaman selama trimester tiga menjelang persalinan. Pasalnya, bantal ini dapat mendukung ukuran perut ibu yang membesar.

Sebagai total body pillow, bantal hamil terbaik dari merek The Luxe ini didesain menyesuaikan perubahan tubuh ibu hamil selama mengandung calon bayinya.

Alhasil, bantal ini mampu menopang kepala, perut, punggung, hingga kaki untuk mengurangi keluhan, seperti nyeri punggung atau sakit pada kaki.

4. Dunlopillo Bedside Wedge Pillow

Apabila Anda mencari bantal ibu hamil yang tidak memakan banyak tempat di kasur, Dunlopillo Bedside Wedge Pillow dapat kami rekomendasikan.

Bantal kecil dengan bentuk segitiga bisa Anda gunakan untuk menopang bagian tubuh tertentu, misalnya hanya pada bagian perut atau punggung yang kerap terasa nyeri.

Dunlopillo Bedside Wedge Pillow juga dilengkapi dengan sebuah guling kecil yang dapat Anda gunakan sebagai kelonan atau penopang antara kedua kaki.

5. By Chibee Bantal Ibu Hamil Premium Series

By Chibee Bantal Ibu Hamil Premium Series dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan dan dukungan pada seluruh tubuh ibu hamil saat tidur.

Hal ini membantu mengurangi pegal dan sakit punggung saat hamil. Isian bantal yang memakai bahan dakron atau kapas silikon ini juga membuatnya terasa lembut saat digunakan.

Bantal hamil dari By Chibee ini juga dilengkapi sarung bantal berbahan katun yang bisa dilepas-pasang sehingga Anda dapat membersihkannya dengan mudah.

6. Nia Maternity Pillow

Nia Maternity Pillow merupakan merk bantal hamil terbaik dengan harga yang relatif terjangkau.

Maternity pillow ini dirancang menyesuaikan bentuk lekuk tubuh ibu hamil. Berkat hal ini, bantal hamil dari Nia juga membantu Anda merasa lebih segar saat bangun pada pagi hari.

Bantal ini dilengkapi bahan hipoalergenik yang tidak rentan memicu alergi pada kulit. Dengan begitu, Nia Maternity Pillow aman dipakai oleh ibu hamil dengan kulit sensitif sekali pun.

7. Dooglee Wedge Pillow

Rekomendasi bantal hamil lainnya yakni Dooglee Wedge Pillow. Bantal ergonomis ini dibekali dengan bahan lateks yang mampu menopang perut ibu hamil saat tidur miring.

Sementara itu, sarung bantal ini menggunakan 65% katun dan 35% serat bambu kualitas tinggi yang bersifat lembut, dingin, serta memiliki daya serap tinggi.

Dooglee Wedge Pillow juga bisa dipakai ketika menyusui bayi Anda. Dengan sudut kemiringan 15 derajat, bantal ini bisa mencegah terjadinya muntah saat bayi minum ASI.

8. Red Castle Big Flopsy Maternity Pillow

Red Castle Big Flopsy Maternity Pillow cocok bagi Anda yang mencari bantal hamil dengan kualitas terbaik. 

Bantal hamil dengan jenis full length pillow ini memiliki panjang 170 cm. Anda bisa memakainya untuk berbaring ke samping atau menempatkannya di antara kedua kaki.

Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Bantal dari Red Castle ini diisi dengan mutiara mikro (micro beads) yang ringan, tidak beracun, dan tidak berbau.

Sarung bantal dari katun premium pun bisa memberikan kelembutan alami saat Anda gunakan.

9. Theraline Maternity & Nursing Pillow

Sebagai full length pillow, Theraline Maternity & Nursing Pillow berbentuk unik mirip angka “7″.

Bentuk bantal hamil yang unik ini disesuaikan dengan lekuk tubuh ibu hamil. Hal ini membantu mengurangi nyeri punggung dan sakit kaki saat hamil.

Sesuai namanya, bantal dari merk Theraline ini sekaligus bisa Anda gunakan sebagai bantal menyusui yang nyaman untuk ibu menyusui dan bayinya.

Itulah dia sejumlah rekomendasi merek bantal hamil terbaik yang mudah ditemukan di pasaran. Anda pun tinggal memilih produk mana yang kiranya sesuai dengan kebutuhan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 05/07/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan