Mengenal Hiperemesis Gravidarum, Muntah Parah Saat Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team

Mual dan muntah saat sedang hamil umum terjadi. Sekitar 7 dari 10 wanita hamil mengalami mual dan/atau muntah-muntah, dan tidak cuma terjadi pagi hari. Bagi banyak wanita, kondisi ini membaik atau benar-benar hilang pada sekitar minggu ke-14, meskipun pada beberapa wanita bisa lebih lama. Namun, beberapa wanita hamil mengalami mual dan muntah-muntah berlebih. Mereka bisa muntah berkali-kali dalam sehari dan tidak bisa makan atau minum, yang bisa memberikan dampak negatif dalam keseharian mereka.

Kondisi ini juga dikenal sebagai hiperemesis gravidarum (HG) dan sering kali memerlukan penanganan medis. Jumlah pasti wanita yang menderita HG tidak diketahui, seperti beberapa kasus yang tidak dilaporkan, tapi diperkirakan sekitar 1 dari 100.

Jika Anda sering muntah dan tidak bisa makan makanan Anda, beri tahu bidan atau dokter Anda, atau hubungi rumah sakit secepatnya. Ada risiko Anda mengalami dehidrasi, dan bidan atau dokter Anda akan memastikan bahwa Anda diberikan penanganan yang tepat.

Gejala hiperemesis gravidarum

Kondisi HG jauh lebih buruk dibandingkan mual dan muntah pada saat hamil atau “morning sickness” biasa. Tanda-tanda dan gejala HG yaitu:

  • Mual dan muntah yang berkepanjangan – beberapa wanita muntah sampai 50 kali sehari.
  • Dehidrasi – tidak memiliki cukup cairan pada tubuh, karena Anda tidak bisa minum. Jika Anda minum kurang dari 500 ml sehari, Anda perlu mencari bantuan.
  • Ketosis – kondisi serius yang berdampak pada penumpukan asam kimia dalam darah dan urin; keton diproduksi saat tubuh memecah lemak, bukan glukosa, untuk tenaga.
  • Kehilangan berat badan.
  • Tekanan darah rendah (hipotensi) saat berdiri.

Tidak seperti mual dan muntah saat hamil pada umumnya, HG mungkin tidak akan membaik setelah 14 minggu dan mungkin belum akan hilang sepenuhnya setelah bayi lahir, meskipun beberapa gejala mungkin akan membaik sekitar 20 minggu. Temui bidan atau dokter Anda jika Anda mengalami mual dan muntah parah, idealnya sebelum Anda menderita dehidrasi dan kehilangan berat badan.

Ada beberapa kondisi lainnya yang menyebabkan mual dan muntah, seperti radang usus buntu, yang perlu ditangani lebih dulu oleh dokter Anda.

Apa penyebab hiperemesis gravidarum?

Penyebab HG tidak diketahui, begitupun dengan kenapa beberapa wanita bisa mengalaminya dan lainnya tidak. Beberapa ahli percaya hal ini terkait dengan perubahan hormon tubuh yang terjadi selama kehamilan.

Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa HG menurun pada keluarga, jadi bila Anda memiliki ibu atau saudara kandung perempuan yang mengalami HG saat kehamilan, Anda mungkin juga akan mengalaminya.

Jika Anda pernah memiliki HG pada kehamilan sebelumnya, Anda lebih rawan mengalaminya lagi pada kehamilan selanjutnya, daripada wanita yang tidak pernah mengalami sebelumnya. Jadi akan lebih baik bila Anda mempersiapkan diri Anda lebih siap lagi.

Mengatasi hiperemesis gravidarum

Ada beberapa obat yang bisa digunakan saat hamil, termasuk di 12 minggu pertama, untuk meringankan gejala HG. Obat ini yaitu seperti obat-obatan anti mual (anti-emetic), vitamin (B6 dan B12), steroid, atau kombinasi obat-obatan tersebut.

Jika mual dan muntah Anda tidak bisa dikendalikan, Anda perlu dirawat di rumah sakit agar dokter dapat melihat kondisi Anda dan memberi penanganan yang tepat, bagi Anda dan bayi Anda.

Pengobatan bisa termasuk cairan intravena, yaitu pemberian cairan yang diberikan langsung ke dalam pembuluh darah lewat infus. Jika Anda mengalami muntah parah, obat anti-mual juga mungkin akan diberikan melalui pembuluh darah atau otot.

Apakah hiperemesis gravidarum membahayakan bayi?

HG memiliki gejala yang tidak mengenakkan, tapi berita baiknya kemungkinan besar tidak akan membahayakan bayi Anda, jika ditangani dengan efektif. Namun, jika HG menyebabkan kehilangan berat badan, risiko kelahiran bayi untuk lahir dengan ukuran yang lebih kecil (berat badan lahir rendah) akan meningkat. Itulah mengapa dehidrasi penting untuk diawasi.

Pregnancy Sickness Support berhubungan dengan banyak wanita yang memiliki HG, dan mereka melaporkan adanya gejala berikut sebagai tambahan pada gejala utama yang disebutkan di atas, yaitu:

  • Peningkatan drastis indra penciuman
  • Produksi air liur berlebih atau ptyalism
  • Sakit kepala dan sembelit yang disebabkan dehidrasi
  • Rasa sakit dan tekanan akibat waktu yang lama di tempat tidur
  • Inkontinesia urin (mengompol), disebabkan kombinasi muntah dan hormon kehamilan relaxin

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda tidak sendiri. Banyak wanita yang berhasil melewati kondisi ini sampai HG berhenti atau bayinya lahir.

Apa pengaruh hiperemesis gravidarum terhadap kondisi saya?

Rasa mual dan muntah akibat HG dapat memberi pengaruh besar pada hidup Anda, di mana Anda seherusnya bisa menikmati kehamilan dan menantikan kelahiran bayi Anda. Hal ini dapat mempengaruhi Anda secara emosional dan fisik. Gejala-gejala tersebut tidak hanya membuat Anda menderita, tapi juga dapat menyebabkan komplikasi seperti depresi atau luka pada esofagus.

Rasa mual yang parah dapat sangat melelahkan dan menghambat aktivitas sehari-hari Anda, seperti bekerja atau bahkan bangun dari tempat tidur. Anda juga dapat merasakan:

  • Gelisah saat pergi keluar atau jauh dari rumah, jika ingin muntah
  • Terkucilkan, karena Anda tidak tahu siapa-siapa yang mengerti bagaimana rasanya memiliki HG
  • Bingung, kenapa hal ini dapat terjadi pada Anda
  • Tidak yakin apakah Anda dapat bertahan dengan kehamilan jika terus-terusan merasa mual

Apabila Anda merasakan salah satu dari hal tersebut, jangan pendam sendiri. Bicarakanlah pada dokter atau bidan Anda. Anda juga bisa membicarakannya pada pasangan, keluarga atau teman Anda.

Ingatlah bahwa HG adalah kondisi yang lebih buruk dibandingkan mual saat kehamilan biasanya, bukanlah akibat dari yang Anda lakukan atau tidak lakukan, dan Anda memerlukan penanganan dan dukungan yang tepat.

Apakah saya akan mengalaminya lagi di kehamilan selanjutnya?

Jika sebelumnya Anda pernah mengalami HG, Anda mungkin akan mengalaminya lagi pada kehamilan selanjutnya. Jika Anda memutuskan untuk hamil lagi, Anda dapat melakukan persiapan sebelumnya, seperti menitipkan anak pada penitipan anak agar Anda dapat beristirahat. Ingatlah apa saja yang membantu Anda pada kehamilan sebelumnya, seperti beberapa minuman tertentu, dan lakukan lagi pada kehamilan berikutnya.

Konsultasikan dengan dokter Anda tentang menggunakan pengobatan lebih awal.

BACA JUGA:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca