backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik dan Berkualitas

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 04/09/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik dan Berkualitas

Bersepeda mulai digemari oleh banyak orang. Selain menyenangkan, bersepeda bermanfaat untuk kesehatan. Jika hobi bersepeda menerjang medan yang terjal, misalnya di area pegunungan, pilihlah jenis sepeda gunung. Jika bingung menentukan produk yang tepat, simak rekomendasi sepeda gunung terbaik berikut ini!

Cara kami memilih sepeda gunung terbaik

Sepeda gunung alias mountain bike (MTB) memiliki beberapa perbedaan dengan sepeda biasa, mulai dari bahan, desain, dan tujuan penggunaannya.

Desain sepeda gunung memiliki rangka yang lebih kokoh dan tahan banting untuk menghadapi medan berat dan berbatu.

MTB juga memiliki ban yang lebih tebal dan bergerigi. Ini berfungsi memberikan cengkeraman yang kuat dan stabil pada medan berbatu, berpasir, atau licin.

Sistem suspensi MTB juga berbeda dengan jenis biasa. Mountain bike dilengkapi dengan sistem suspensi depan dan belakang (full suspension), atau suspensi depan saja (hardtail), untuk mengurangi goncangan dari medan berbatu.

Sistem pengereman MTB juga biasanya lebih kuat dan tahan lama demi mengatasi medan yang tidak rata dan menantang.

Berdasarkan kriteria di atas, kami telah memilih merek sepeda gunung terbaik yang cocok untuk pemula maupun profesional.

Rekomendasi sepeda gunung terbaik

manfaat bersepeda

Mountain bike dirancang khusus untuk menghadapi medan berat seperti jalur bertanah, jalan setapak, dan medan berbatu. Berikut ini beberapa rekomendasi sepeda gunung yang bagus.

1. Sepeda Gunung Bike N Bike Rush 26 Inch

Bike N Bike Rush 26 Inch merupakan salah satu merek sepeda gunung yang banyak digemari orang.

Tipe 26 inci menunjukkan ukuran roda yang biasanya cocok untuk mengayuh di medan sempit, menanjak, dan berbatu.

Roda 26 inci memberikan pergerakan yang baik, serta kestabilan di medan yang tidak rata. Anda pun lebih mudah menjaga keseimbangan saat mengayuh.

2. Sepeda gunung MTB 26 /27,5 Atlantis 730 21 Speed

MTB 26 /27,5 Atlantis 730 21Speed merupakan rekomendasi sepeda gunung yang bisa Anda beli secara online maupun offline.

Harga dari produk ini juga cukup terjangkau, cocok bagi Anda yang pemula dan baru memulai hobi bersepeda. Menurut Better Health, rutin bersepeda termasuk olahraga kardio meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Bersepeda adalah latihan kardiovaskular yang baik untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Nah, bersepeda dengan MTB Atlantis membantu Anda mendapatkan manfaat ini.

3. Sepeda Gunung MTB 26 Inch Evergreen 570 21 Speed 

Jika Anda ingin bersepeda untuk melatih otot perut, paha, betis, dan kaki, produk dari Evergreen ini bisa menjadi pilihan. MTB Evergreen 26 Inch dengan double disc brake merupakan salah satu jenis sepeda gunung yang bagus dari segi ketahanan.

Bahan sepeda ini terbuat dari baja yang kuat. Selain itu, pemindah gigi depan memiliki 3 speedSedangkan, pemindah gigi belakang terdapat 7 speed.

Fitur tersebut membuat pengendara lebih baik dalam mengatur kecepatan saat menghadapi berbagai medan terjal, berbatu, dan menanjak.

4. Sepeda MTB United Detroit 1.1 27.5

Spesifikasi produk ini terbuat dari baja dan memiliki Speed Niseko yaitu sistem pemindah gigi dan sistem pengereman disc brake.

Produk ini juga memiliki keunggulan  menggunakan frame yang terbuat dari material baja ringan yang sudah disematkan teknologi internal cable route (jalur kabel masuk ke dalam rangka), sehingga lebih rapi.

Selain itu, terdapat teknologi fork Breach T100mm lockout, dengan travel 100mm, yang membuat posisi stang lebih tinggi. Ketika berkendara, postur tubuh pun dapat lebih tegak.

5. Sepeda MTB Polygon Xtrada 6 1 x 11 Speed

Salah satu merek mountain bike yang terkenal yaitu MTB  Polygon Xtrada. 

Sepeda ini memiliki rangka (frame) yang didesain khusus untuk menghadapi medan berat dan berbatu, dengan fitur-fitur yang kokoh dan tahan banting.

Rangka ini mungkin terbuat dari berbagai jenis material berkualitas, seperti aluminium alloy atau baja ringan.

Transmisi 1×11 Speed artinya produk ini memiliki satu buah chainring di depan dan 11 buah gigi di belakang. Ini memberikan rentang gigi yang cukup luas untuk mengayuh sepeda saat menanjak atau menuruni bukit.

6. MTB Wimcycle Storm 27.5″ Aegyo Korean Series

Wimcycle merupakan merek sepeda yang cukup dikenal. Merek ini pun selalu mengikuti perkembangan pasar dan membuat produk sepeda gunung sendiri.

Series MTB Wimcycle Storm 27.5″ Aegyo Korean Series dirancang dengan rangka terbuat dari baja yang kokoh dan nyaman. MTB ini hadir dengan roda berukuran 27,5″ dan tersedia dalam 2 pilihan warna menarik, Dolphin Grey & Sky Blue.

Tidak hanya aman untuk bersepeda di medan yang menantang, Storm Aegyo Series nyaman untuk bersepeda sehari-hari.

7. MTB 26 Pacific Invert 2.0 21 Speed

MTB 26 PAcific Invert dengan 21 Speed merupakan salah satu jenis mountain bike terbaik.

Sepeda ini memiliki rangka berbahan baja dengan suspension Fork 26″, Travel 110mm Lock Out, rem cakram, shifter shimano EF500 3×7 Speed, dan stang Hi-Ten Steel 31.8 x 720mm.

Dengan spesifikasi tersebut, bersepeda di area pegunungan pun menjadi lebih menyenangkan, aman, dan nyaman.

Hobi bersepeda gunung juga memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Selama bersepeda Anda dituntut untuk berpikir memilih tantangan yang mampu Anda hadapi.

Pasalnya, medan bersepeda gunung sangat bervariasi, seperti tanjakan, belokan, jalan becek, dan jembatan kayu.

8. MTB 24″ – 26″ – 27,5 ” Velion – Salvo Operan 3×7 Speed

MTB Velion – Salvo menjadi merek mountain bike memiliki dua pilihan roda, yaitu 24 inci (60,96 cm) atau 26 inci (66,04 cm).

Anda dapat memilih ukuran roda sesuai dengan tinggi badan, medan yang akan ditempuh, dan kenyamanan Anda saat mengendarainya.

Sepeda ini juga memiliki tiga rana (gigi) di bagian depan dan tujuh rana di bagian belakang. Total ada 21 pilihan gigi yang berbeda.

Mountain bike ini mungkin dilengkapi dengan suspensi depan (fork) untuk membantu mengurangi guncangan saat berkendara di medan yang kasar.

9. Sepeda Gunung Phoenix 24 & 26 Inch NP-2705 – 2706

MTB – Phoenix 24 & 26 Inch NP-2705 – 2706 merupakan salah satu merek sepeda gunung terbaik.

Dengan bahan rangka terbuat dari alumunium dan baja, sepeda ini cocok digunakan di area berbatu. Produk ini juga memiliki beberapa pilihan gigi agar sesuai dengan medan yang berbeda.

Fitur tersebut membantu pengendara mengayuh lebih stabil, termasuk ketika meningkatkan kecepatan, sehingga tidak mudah jatuh dari sepeda.

10. Sepeda Gunung 26 Inch TREX XT 789 SHIMANO

Merek sepeda gunung ini terbuat dari alumunium dan baja yang kuat untuk berkendara dengan mengarungi medan berbatu dan terjal.

Sistem operan atau gigi pada MBT TREX sudah menggunakan Shimano XT dengan jumlah gigi yang berbeda di bagian depan dan belakangnya.

Sistem tersebut memudahkan Anda mengendalikan pergerakan, mengatur kecepatan, dan melatih keseimbangan saat bersepeda.

Itulah beberapa merk sepeda gunung yang bagus untuk bersepeda dengan aman di area pegunungan atau perbukitan. Pilihlah jenis sepeda yang sesuai dengan kesulitan medan, kenyamanan, dan kemampuan bersepeda Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 04/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan